HHanya Cinta Kasih Tuhan yang Dapat
Menghentikan Perang

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Republik Cekoslowakia,
28 Mei 1999 (asal dalam bahasa Inggris) Kaset Video No. 654

T: Dapatkah Anda menjelaskan dari sudut pandang spiritual tentang pengaruh perang?

G: Apa yang dapat saya katakan? Apa yang dapat saya katakan tentang kedunguan umat manusia yang mendorong orang-orang saling membunuh satu dengan lainnya dengan darah dingin? Apa yang dapat saya katakan kepada mereka yang mengalami penderitaan yang luar biasa akibat perang, kehilangan orangtua mereka, kehilangan anak-anak mereka, kehilangan segala hasil upaya mereka? Saya hanya dapat berdoa agar kesedihan mereka berkurang, agar Tuhan memberkahi mereka di dalam batin sehingga mereka mengetahui bahwa hidup adalah abadi, dan Tuhan senantiasa mengasihi mereka. Tidak peduli apakah mereka buruk atau baik, dan tidak peduli seberapa banyak mereka kehilangan di dunia ini, Surga tetap milik mereka.

Saya hanya dapat berkata bahwa jika kita, yang mempunyai aspirasi spiritual, berusaha sebaik-baiknya untuk meningkatkan kesadaran kita ke tingkat pemahaman yang lebih tinggi, maka dunia akan menjadi tempat yang lebih baik. Hal ini hanya bisa terjadi jika kita memahami bahwa kita sesungguhnya adalah Tuhan, bahwa kita dapat menghormati Tuhan yang duduk di hadapan kita atau di samping kita. Hanya cinta kasih Tuhan yang dapat menghapus semua kebencian dan perbedaan di antara kita, dan kemudian perang akan berhenti.

Sejak jaman dulu kita telah berperang satu sama lain, menghancurkan kekayaan dan kesuburan planet ini. Kita bahkan telah menghancurkan ajaran-ajaran dari para Guru spiritual; kita merusak tubuh dan cara hidup mereka. Dan apa yang kita dapatkan dari perang? Kita tidak mendapatkan apapun dari perang. Saya merasa iba kepada mereka yang menyebabkan perang, dan saya merasa iba bagi para korban perang. Tetapi saya terlebih merasa iba kepada mereka yang menyebabkan perang karena mereka begitu jauh dari Tuhan; mereka begitu putus asa sehingga mereka merasa bahwa mereka harus menggunakan cara kekerasan.

Mereka merasa sangat kekurangan cinta kasih dalam diri mereka sehingga mereka melakukan tindakan kekerasan karena mereka merasa begitu putus asa. Mereka begitu terbenam dalam ilusi kehidupan. Bagi mereka yang tidak dapat membedakan lagi mana yang benar dan mana yang salah, kita hanya dapat merasa iba. Dan kita dapat berdoa agar Tuhan memberkati mereka dengan lebih banyak kebijaksanaan dan cinta kasih, agar mereka bangkit menuju cara hidup yang lebih baik. Kita dapat menolong untuk membuat perang menjadi lebih singkat dan meredakan konflik atau bahkan menghentikannya jika kita semua memusatkan energi dan pikiran positif kita secara bersama, dan bermeditasi setiap hari untuk semakin memperbaiki planet ini. Para korban perang, meskipun mereka sangat menderita dalam kehidupan fisik ini, dalam kehidupan berikutnya mereka akan disambut baik oleh Tuhan.

Karena itu saya di sini untuk mencoba mengingatkan kalian bahwa kalian memiliki kekuatan dalam diri kalian untuk memberkahi dunia, untuk menghentikan perang, untuk mengurangi penderitaan. Terserah kepada kalian untuk menggunakannya. Semakin orang-orang terbangkitkan, semakin sedikit masalah di dunia ini. Dunia kita akan semakin baik. Semakin banyak praktisi rohani dan mereka yang vegetarian. Dalam beberapa ratus tahun mendatang, kita akan melihat planet ini hampir seperti Surga. Jika kita hidup sampai pada saat itu!

Halaman: 1, 2, 3, 4, 5