Wejangan Guru

Tanpa-Keakuan dan Sifat Lugu
Menjadikan Segalanya Menakjubkan

 

 

 

 

 

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai , Florida, AS,
6 Juni 2001 (Asal dalam bahasa Inggris)
Kaset Video # 714

Kalian haruslah tulus, lalu segalanya akan menjadi baik. Jangan mengharapkan sesuatu! Kalian harus melakukan semua ini hanya karena kalian suka melakukannya untuk orang lain, dengan begitu hasilnya akan menakjubkan. Semuanya adalah seperti ini, tetapi orang-orang tetap belum mengetahuinya; atau paling tidak, banyak yang belum mengetahui. Sebenarnya, egolah yang menghalangi jalan.

Jika kalian melakukan segalanya seperti ini, tanpa ego, tanpa keterikatan, melakukannya dengan tanpa pamrih, dan untuk kepentingan orang lain; bukan untuk diri kalian sendiri, dan bahkan tidak mengharapkan Guru akan datang, tidak mengharapkan untuk mendapatkan jasa atau berkah dari Tuhan – sama sekali tidak mengharapkan apa pun - maka itu sangat menakjubkan. Akan terasa sangat menyenangkan saat bergabung dan menolong atau berinteraksi dengan orang-orang yang demikian. Saya sangat menyukainya.

Saya berharap kita semua dapat menjadi demikian. Sama juga halnya, saat orang yang lain menanyakan hal yang sama. Kadang kala saya merasa sangat terganggu oleh satu orang dan bukan pada orang yang lainnya, meskipun mereka menanyakan pertanyaan yang sama. Itu terjadi karena tanpa keakuan, keluguan yang membuat segalanya menjadi baik. Meskipun mungkin dengan pertanyaan yang sama, adanya motif atau kemurnian batinlah yang berbeda; yang membuat orang merasa enak atau tidak. Sama halnya dengan tindakan kita, apakah tindakan tersebut membuat orang merasa positif atau tidak untuk bergabung, membantu atau bahkan menonton. Kita semua tahu tentang hal itu, tetapi tidak semua dari kita mempraktekkannya.

Itulah masalahnya: Ego, yang selalu ingin melakukan sesuatu untuk mendapatkan keuntungan, kemasyhuran, kemujuran, untuk mendapatkan apa pun, bahkan untuk mendapatkan berkah dari Surga! Itu juga bukanlah cara yang benar untuk melakukan sesuatu. Kita harus melakukan sesuatu karena kita suka melakukannya, untuk berbagi kebaikan dengan orang dan membuat orang lain bahagia seperti halnya kita. Jika mendapatkan manfaat dari sesuatu, kita ingin memberikannya pada orang lain, dan seharusnya hanya itulah motif yang kita miliki.

Tetapi sayangnya, beberapa dari kita tidak mempelajari hal ini, bahkan mereka yang telah berlatih dalam waktu yang lama. Sebaliknya, beberapa orang yang baru saja berlatih, tetapi mereka cepat. Mungkin karena mereka telah berlatih dalam banyak kehidupan lampau sebelumnya, mereka sangat alami, murni dan tanpa-keakuan.