Dunia Cerita

Hati yang Terbuka Dapat Membimbing Pencari kepada Kebenaran

Oleh seorang inisiat dari Cina Daratan
(Asal dalam bahasa Cina)

Datangnya Era Keemasan telah membawa angin segar dan pembaharuan di dunia ini. Fakta ini terbukti saat saya bertemu dengan seorang pencari kebenaran dan inisiat yang tulus dari Cina.

Calon inisiat ini, usianya sekitar lima puluhan, telah berlatih berbagai metode spiritual seumur hidupnya dalam mencari Kebenaran dan arti kehidupan. Dengan tulus hati dan kepercayaan penuh  wanita ini selalu menaati setiap instruksi yang diberikan oleh guru-gurunya.

Beberapa tahun yang lalu, saudari ini dikirim ke tahanan kerja paksa karena berlatih metode yang memiliki murid sangat banyak dan berpengaruh di Cina. Kapan pun saat pembicaraan kami menyinggung tentang hal yang sensitif, saya sangat tersentuh karena saudari kita ini dengan riang gembira melihat setiap pengalaman yang telah ditempuh sebagai suatu batu loncatan dalam latihan spiritual. Bahkan dia berterima kasih kepada pemerintah karena telah memberinya kesempatan untuk sadar pada saat ia dipenjara. Sewaktu kerja paksa saudari ini melihat film tentang kehidupan sehari-hari narapidana yang baik. Dia menyadari bahwa dalam berlatih spiritual, praktisi sebaiknya tidak bertindak ekstrem dalam semua bidang. Dalam kesendirian, saudari ini merenungkan metode yang dilatihnya pada saat itu lalu meragukan nilainya, karena ajaran itu menekankan nilai eksklusif dan melarang praktisi untuk mencari tahu tentang teknik lain, terutama Metode Quan Yin. Tiba-tiba ia tercerahkan dan berpikir, “Metode Quan Yin pasti memiliki kekuatan dan kebijaksanaan Ilahi.” Waktu keluar dari tahanan kerja paksa, dia memulai mencari informasi mengenai Metode Quan Yin.

Hambatan seperti dikirim ke tahanan kerja paksa dapat menggoyang iman seseorang dan menghilangkan niat mereka untuk mencari Kebenaran. Akan tetapi dalam kasus saudari kita ini, ia bahkan mendapatkan jalan baru dan hati yang lebih berbuka. Banyak praktisi dari metode yang ia latih sebelumnya menekan, dan bahkan mengancamnya, tapi saudari kita tetap maju.

Pada suatu hari ia mendapatkan buku contoh Guru dan merasa bagaikan mendapatkan harta yang paling berharga di tangannya. Semua kata-kata Guru bergema di dalam hatinya, dan kerinduan serta kebulatan tekadnya telah membimbingnya menuju ke atas. Ia dengan sungguh-sungguh mempelajari ajaran Guru yang baru ditemukannya. Ia juga sangat mengagumi pandangan Guru yang luas mengenai agama dan sekte.  Ini adalah alasan pertama mengapa dia dapat menerima Guru, dan setelah membaca buku Guru, ia mulai merindukan Guru, dan sering menitikkan air mata.

Suatu hari rekan inisiat dan saya mengundang saudari ini untuk mendaki gunung bersama, lalu ia dengan gembira juga mengundang beberapa calon inisiat lainnya. Saat kami meditasi bersama di atas gunung, tiba-tiba hujan turun membasahi semua orang. Tetapi dua orang calon inisiat tetap dalam posisi samadhi. Karena enggan mengganggu mereka, kami semua menunggu sampai mereka bangun sendiri dari keadaan yang damai. Setelah bangun, lalu keduanya mengungkapkan pengalaman yang sama, bahwa mereka telah melihat matahari dan cahaya yang indah di dalam. Metode yang mereka latih sebelumnya hanya memberikan manfaat untuk tubuh saja, tanpa memberikan memberikan hasil spiritual yang indah, jadi penglihatan batin ini telah membuatnya rindu untuk menerima inisiasi secepat mungkin.

Saudari kita ini telah mendapatkan pengalaman batin yang indah dan cahaya batinnya bertambah terang. Dia merasakan cahaya bagaikan kilat di mata kebijaksanaannya bahkan pada saat ia sedang tidak meditasi. Pernah dia berdoa kepada Guru untuk memberinya inisiasi, dan tiba-tiba ia mendengar jawabannya dengan jelas, “Anda sangat terburu-buru!”. Dia sangat gembira bagaikan lahir kembali saat menemukan seorang Guru yang Maha Kuasa dan seorang Ibu yang paling pengasih di dunia ini. Dengan demikian, ia terus maju untuk mendapatkan inisiasi.

Siapa pun yang memiliki hati terbuka dan keinginan yang teguh seperti saudari ini, tidak akan mudah melewatkan kesempatan untuk mendapatkan pencerahan. Jika kita siap, maka sang Guru akan muncul dan menggandeng tangan kita menuju Rumah!


Dunia Cerita:
Pelajaran dari Jiwa yang Murni dan Penuh Kepercayaan
Hati yang Terbuka Dapat Membimbing Pencari kepada Kebenaran