Guru Bercerita


Minumlah Sedikit Teh 

 

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Florida, Amerika Serikat,
14 Februari 1999 (Asal dalam bahasa Inggris) Kaset video #633b

Pernah ada seorang guru Cina, dan kapan saja seseorang datang mengunjunginya, ia akan mengundang mereka untuk minum teh. Jadi, bila seseorang ikut serta, guru tersebut akan berkata, “Sudah pernahkah Anda ke center kami sebelumnya?” Dan ketika orang tersebut berkata, “Belum,” guru tersebut akan berkata, “OK, minumlah sedikit teh.”

Kemudian ada seorang biarawan datang. Maka guru tersebut berkata, “Apakah Anda sudah pernah ke sini sebelumnya?” Dan ketika biarawan tersebut berkata, “Oh, ya. Saya sudah pernah ke sini beberapa kali,” guru tersebut juga berkata, “OK, minumlah sedikit teh.”

Tetapi kepala dari kuil itu merasa aneh tentang hal ini. Maka ia datang menghadap sang guru dan bertanya kepadanya, “Guru, mengapa Anda berkata ‘Pergilah minum teh’ kepada setiap orang? Anda memberitahu seseorang yang sudah pernah ke sini sebelumnya untuk pergi minum teh dan Anda juga memberitahu seseorang yang belum pernah ke sini sebelumnya untuk pergi minum teh juga. Mengapa demikian?”

Maka, guru tersebut berkata kepada kepala biarawan itu, “Bapak kepala, pergilah minum teh.”

Kemudian kepala biarawan bertanya, “Apa yang salah dengan Anda, Guru?”

Dan guru tersebut menjawab, “Apa yang salah dengan-mu!”

Sama halnya, kadang-kadang kalian bertanya kepada saya begitu banyak pertanyaan yang bukan-bukan sehingga saya juga memberi jawaban yang bukan-bukan  untuk kalian. Jadi, untuk menyesuaikan standar kalian, saya harus menciptakan sesuatu atau berkata apa saja. Karena jika saya terus berkata “Pergilah minum teh!” sepanjang waktu, kalian akan bertanya-tanya mengapa dan berpikir bahwa ada sesuatu yang salah dengan saya. Atau, kalian akan berpikir bahwa berkata “Pergilah minum teh!” adalah jawaban terbaik yang dapat kalian berikan kepada siapa pun.

Sungguh, hal ini berarti bahwa kalian bisa santai. Kalian sudah menjadi Buddha. Seluruh alam semesta tahu, tetapi bila kalian tidak mengetahuinya, itu juga OK. Tidak masalah. Cepat atau lambat kalian akan mengetahuinya.