Laporan menurut kriteria dan penilaian Guru


♥♥♥♥♥


Finlandia

Pendekatan Progresif Finlandia
Membuatnya Tampak Berbeda di Dunia

 

Oleh Saudara-inisiat Hannu Hovilainen, Finlandia

Publikasi tahunan Laporan Persaingan Dunia (Global Competitiveness Report) digunakan oleh pemimpin-pemimpin dunia sebagai panduan kebijakan politik dan panduan keputusan investasi. Tahun ini, Finlandia menduduki peringkat pertama selama dua tahun berturut-turut. Direktur Program Persaingan Global menyebutkan bahwa Finlandia patut dijadikan contoh dalam penyediaan dana untuk merawat orang-orang jompo di masa mendatang dan dukungan layanan sosial. Sebagai contoh, hampir semua komunitas lokal Finlandia mempunyai strategi untuk merawat orang jompo. Selain itu, petugas yang bekerja dengan orang-orang jompo ini sangat terpelajar.

PISA internasional adalah sebuah penelitian 3 tahun terhadap pengetahuan dan keterampilan anak-anak berusia 15 tahun di negara industri. Sebagai contoh, 50 persen siswa Finlandia adalah pembaca yang baik, dan 32 persen menurut Organisasi Kerja Sama dan Pengembangan Ekonomi (OECD/ Organization for Economic Co-Operation and Development). Secara khusus, data-data PISA menunjukkan pemakaian waktu untuk membaca dan minat untuk membaca menjadi  faktor paling utama untuk menjelaskan kemampuan baca siswa-siswa Finlandia. Hal ini, seperti yang dikatakan oleh tim PISA Finlandia, merupakan indikasi bahwa sekolah-sekolah menengah di Finlandia sudah berhasil mengangkat minat baca para siswa dan dengan demikian dapat menyeimbangkan pengaruh perbedaan latar belakang sosial dan ekonomi.

Jumlah wanita di Finlandia yang berpartisipasi dalam pengambilan keputusan terus meningkat. Saat ini, Presiden Finlandia adalah seorang wanita, dan 38 persen anggota parlemen (DPR) adalah wanita. Terhitung 44 persen wanita menjabat sebagai menteri dalam pemerintahan saat ini. Dalam pemilihan anggota dewan lokal tahun 2004, 34 persennya adalah wanita, 2 persen lebih besar dibanding periode sebelumnya.

Presiden Finlandia, Tarja Halonen, adalah kepala negara wanita pertama di Finlandia dan baru saja terpilih kembali untuk masa jabatan 6 tahun. Jadi, dia juga presiden wanita pertama yang terpilih kembali. Presiden Halonen juga menjabat posisi terhormat di Pusat Oslo bagi Perdamaian dan Hak Asasi Manusia (The Oslo Center for Peace and Human Rights). Dia juga menduduki jabatan di beberapa organisasi PBB, dan pada tahun 2002 mendapatkan penghargaan dari Organisasi Amnesti Internasional (Amnesty International) karena berhasil menegakkan hak asasi.

Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah Finlandia telah menambah hak-hak orang tua untuk tinggal di rumah dari sebagian waktu kerjanya sampai anaknya berusia delapan tahun. Pemerintah juga telah menambah uang perawatan rumah bagi orang tua, termasuk bagi mereka yang bekerja paruh waktu untuk tahun ini.

Beritahu teman tentang artikel ini