Dunia Satwa

 

Sunny Sayang
di Rumah Kesayangan

 

Diceritakan oleh Saudari-inisiat Xin-de Xu
Dicatat oleh Grup Berita Taipei
(Asal dalam bahasa China)
 

Saudari Xu dan anggota keluarganya adalah penyayang anjing. Sering kali mereka membawa pulang anak-anak anjing yang terlantar untuk dibesarkan hingga berusia tiga atau empat bulan, kemudian mencoba menemukan pemelihara anjing yang baik yang akan memperlakukan mereka dengan baik.

Sekarang Saudari Xu mempunyai tiga ekor anjing di rumahnya, di antara mereka ada seekor anjing hitam yang diberi nama “Sunny”. Dia berusia dua setengah tahun, dengan sejumlah bulu putih pada empat cakarnya dan sekitar mulutnya. Hal ini dianggap tabu bagi sebagian orang Formosa karena mereka berpikir anjing dengan cakar putih akan membawa nasib buruk. Karena kesulitan mendapat orang yang akan mengadopsinya, maka Saudari Xu berkewajiban merawatnya. Sunny merupakan anjing jenis pemburu. Meskipun telah bervegetarian sejak kecil, ia tetap pemberang dan agresif. Sering kali ketika melihat Saudari Xu, ia menghempaskan badannya yang berbobot 15 kg ke Saudari Xu dan membuatnya jatuh ke lantai. Terjangannya yang sembrono telah mengakibatkan dua gigi Saudari Xu patah.

Tahun lalu, putri Saudari Xu pergi menuntut ilmu di Korea, dan Saudari Xu juga berencana pergi bersamanya untuk bertamasya mengelilingi Korea selama dua minggu. Untuk itu, mereka harus mengirim Sunny tinggal di rumah seorang teman selama kepergian mereka. Saudari Xu berharap agar Sunny berkelakuan baik di keluarga temannya, dengan begitu mungkin mereka akan menerimanya. Sebelum berangkat, Saudari Xu berkata kepada Sunny, “Putriku akan pergi ke Korea sekarang! Selama tinggal di rumah orang, kamu harus menjaga tingkah lakumu. Kamu bebas memakan apa pun yang kamu suka; saya tidak memaksamu untuk tetap berdiet vegetarian. Namun, jika kamu ingin kembali dan menjadi anjingku, kamu harus bervegetarian seumur hidup. Selain itu, kamu harus menerima diriku apa adanya. Saya suka kebersihan. Jika kamu ingin tinggal bersama saya, kamu harus berkelakuan baik dan memperbaiki sifat pemberangmu. Pikirkan itu baik-baik dalam masa ini.”

Kira-kira sepuluh hari kemudian, Saudari Xu kembali ke Formosa. Di bandara dia menerima telepon dari putranya yang memberi tahu bahwa selama kepergiannya, Sunny mengacuhkan semua orang sama sekali. Dia tidak keluar dari rumah dan tidak mengizinkan siapa pun menyentuhnya. Ada anjing lain di rumah yang diberi makan daging. Meskipun mereka menyediakan makanan vegetarian secara khusus kepada Sunny, akan tetapi jika anjing lain telah menyentuh makanan atau piringnya, atau kadang-kadang karena rasa ingin tahu menyentuh makanannya; maka dia menolak untuk memakannya. Karena semua anjing berbagi tempat minum yang sama, Sunny berhenti minum air sama sekali. Mendengar ini, Saudari Xu terkesima dan merasa kasihan pada Sunny. Untuk memperlihatkan keinginannya tinggal bersama Saudari Xu dan berdiet vegetarian seumur hidup, Sunny lebih memilih menahan lapar dan haus!

Dari bandara, Saudari Xu langsung pergi menjemput Sunny untuk pulang. Pada saat dia melihat Sunny, air matanya mengalir. Sunny hanya meminum beberapa tetes air selama lebih dari sepuluh hari, Sunny menjadi kurus dan bulu-bulunya rontok dari seluruh tubuhnya. Duduk di depan kursi mobil, ia tidak bertingkah laku seperti biasanya, ia malah hanya menatap ke depan seolah-olah sedang memikirkan sesuatu.

Menjelang Natal dan Tahun Baru, Center Taipei mengadakan kegiatan bertema ”Selamatkan Nyawa Teman Hewan Kita – Tanpa Daging di Meja Makan pada Malam Tahun Baru!” Saudari Xu memberitahu Sunny bahwa jika ia membawakan pertunjukan yang hebat dalam kegiatan ini, maka dia akan membelikannya sebuah rumah anjing yang indah sebagai hadiah Natal dan Tahun Baru. Saudari Xu berencana memberikan Sunny sebuah rumah anjing bertingkat dua dengan ventilasi yang baik, cahaya yang cukup, dan sebuah tangga untuk naik dan turun….

Penampilan Sunny di acara kampanye sungguh hebat sehingga Saudari Xu memenuhi janjinya. Dia meminta seorang saudara-inisiat yang bekerja di bidang perkayuan untuk membuatkan sebuah rumah anjing impiannya. Setelah mendengarkan keinginannya, saudara tukang kayu tersenyum dan mengatakan bahwa itu tidak mungkin. Kemudian, ketika Center Hsihu memamerkan rumah-rumah anjing penuh kasih yang dirancang oleh Guru dan dibuat oleh siswa-siswa penetap, Saudari Xu terperanjat! Salah satu rumah anjing tersebut sangat mirip dengan yang dibayangkannya, bahkan lebih bagus! Rancangan tersebut memerhatikan setiap sisi dengan sempurna: sebuah pintu keluar masuk yang lapang agar anjing dapat berjalan dengan bebas dan menikmati cahaya matahari; sebuah pintu kecil yang penuh perhatian; atap yang transparan agar cahaya bisa masuk tetapi mencegah masuknya angin; sebuah tangga kecil agar anjing dapat naik dan turun; warna dan wangi kayu yang asli yang disukai anjing maupun manusia. Tiap bagian merupakan perwujudan berkah dan kasih Guru yang mendalam. Sungguh suatu rancangan yang luar biasa! Saudari Xu segera memutuskan untuk membelinya, dan dia pasti menjadi orang pertama yang memesan rumah anjing tersebut jika tersedia untuk dijual, karena dia sangat menginginkan agar Sunny tinggal di dalam rumah anjing yang luar biasa sempurna dan penuh dengan kasih Guru.

Tidak lama kemudian, rumah anjing tersebut selesai dibangun. Saudari Xu membawanya pulang dan memasangnya. Melihat rumah barunya, Sunny luar biasa gembira, seperti tidak mempercayai matanya. Bagaikan seorang wanita anggun, ia berjalan dengan gaya yang sangat agung selangkah demi selangkah menaiki tangga. Ketika berada di lantai kedua, dia dengan tenang bersandar di ambang pintu seolah-olah berada dalam samadhi. Saudari Xu tidak akan pernah melupakan ekpresi kegembiraan di wajahnya.

Saudari Xu menamakan rumah anjing baru itu “Rumah Kesayangan”. Sejak pindah ke Rumah Kesayangan, Saudari Xu menemukan perubahan dalam diri Sunny. Sebelumnya ia memiliki sifat buruk dan tidak sabaran, selalu berlari kesana kemari secara sembrono dan menabrak binatang lain yang ditemuinya. Sekarang tingkah lakunya anggun dan berkelakuan manis. Bahkan tetangga terkejut melihat perubahan yang begitu nyata dalam dirinya, ia telah menjadi “anjing yang lain”.

Menurut Saudari Xu, Sunny tidak hanya berubah sifatnya, tetapi juga menakjubkan dalam penampilan luarnya. Bulu-bulu putih di badannya berangsur-angsur berubah menjadi warna coklat yang indah, bulu matanya tumbuh lebih panjang dan bentuk badannya juga terlihat lebih indah. Ia sekarang tampak berbeda dari anjing lain yang sejenis. Semua perubahan luar biasa ini terjadi setelah ia pindah ke rumah anjing ini.

Setelah seri rumah-rumah anjing yang manis, Guru selanjutnya merancang seri Pakaian Surgawi ‘Happy Doggie’ dan matras tidur untuk anjing, dan Sunny cukup beruntung karena dapat menjadi salah satu dari grup model yang pertama. Pertama kali Saudari Xu membawa Sunny mencoba Pakaian Surgawi di S.M.Celestial Co.,Ltd., pakaian tersebut tampak sedikit ketat dan tidak begitu pas. Setelah pulang ke rumah, Sunny tidak mau makan selama sepuluh hari dan hanya minum air. Ketika dia mencoba pakaian-pakaian tersebut untuk kedua kalinya, setiap set seolah-olah dibuat secara khusus untuknya, sangat pas dan kelihatan indah. Setelah mengenakan Pakaian Surgawi ‘Happy Doggie’, Sunny tampak anggun dan berkelas. Selama sesi pengambilan foto, ia bekerja sama sangat baik dengan juru foto serta menampilkan pose yang sesuai dengan instruksi juru foto. Sekarang setiap orang mengagumi kelakuannya yang anggun.

Salah satu ciri-ciri Sunny yang sangat unik adalah bilamana seseorang menelepon Saudari Xu yang membicarakan sesuatu yang tidak berhubungan dengan Guru atau latihan rohani, maka Sunny akan mengigit dan menarik pakaian Saudari Xu untuk mengingatkannya berhenti bergosip dan lebih baik pergi meditasi. Setiap pagi, Sunny selalu tepat waktu membangunkan Saudari Xu untuk bermeditasi. Pada siang hari, ketika waktu untuk meditasi kelompok, Sunny akan mendesak Saudari Xu untuk berangkat lebih awal agar tidak terlambat. Ketika Saudari Xu pulang dari meditasi kelompok, Sunny akan mengeluarkan makanan berkah di antara banyak barang-barang lainnya dan melahapnya. Selain itu, dia mampu membedakan dengan tepat botol yang berisi air Sungai Surgawi yang dibawa pulang dari Center Hsihu kemudian menghabiskan seluruh isi botol tanpa berhenti. Bersama teman-teman sepelatihan ia akan membiarkan mereka menyentuh atau menepuknya, tetapi ketika non-inisiat mencoba mendekatinya, maka ia akan mengonggongi mereka dengan keras.

Selama memelihara Sunny, Saudari Xu menjadi sadar bahwa Tuhan memberkahi makhluk hidup dengan kasih-Nya melalui berbagai cara. Dia berterima kasih kepada Tuhan karena telah mengirimkan Sunny untuk menemaninya melewati hari-hari yang indah. Melalui banyak cerita luar biasa tentang Sunny, kita memahami bahwa binatang sungguh merupakan teman terbaik manusia, dan kita tidak boleh memandang rendah kecerdasan dan kesadaran rohani mereka. Semoga di masa mendatang, semua sahabat setia manusia ini benar-benar dilindungi dan menjadi kesayangan dalam rumah mereka, serta bersama-sama menikmati kasih dan berkah Guru.