Tanya Jawab Pilihan

 

Ingatlah Kedamaian Bawaan Anda
dan Kenalilah Kehendak Tuhan

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Durban, Afrika Selatan,
26 November 1999 (Asal dalam bahasa Inggris) DVD #668

T: Bagaimana seseorang dapat menemukan kedamaian dalam kepedihan, ketidakadilan, dan penganiayaan?

G: Kedamaian adalah hakikat diri kita. Tetapi, karena kita telah melupakan kenyataan ini, maka kita merasa bahwa kita tidak memiliki kedamaian. Tidak masalah berapa banyak harta yang kita miliki dan tidak masalah dalam situasi apa kita berada, kita harus senantiasa mengingat kedamaian bawaan ini lagi, dan itu saja adanya.

Itulah mengapa dalam menghadapi kematian dan penderitaan, Yesus tidak takut dan tidak melarikan diri. Dia berkata, “Bapa, betapa Kau memuliakan Aku!”

Itulah kedamaian yang harus kita ingat. Saat kita ingat kedamaian ini, kita akan tahu bahwa segalanya terjadi atas kehendak-Nya, dan kita akan melihat dengan jelas berbagai hal ini terjadi dan manfaat apa yang mereka berikan. Bukan seperti kelihatannya. Korban tidaklah selalu korban. Kadang kala ada berbagai keadaan di mana makhluk teragung dalam batin kita menciptakan berbagai hal demi kemajuan diri kita sendiri. Sesungguhnya tidak ada korban.

Bila kita naik ke Surga dan melihat urutan kerja alam semesta, maka kita tidak akan pernah lagi menyalahkan Tuhan; kita tidak akan pernah lagi tidak bersyukur dalam setiap situasi di kehidupan kita. Dalam Kitab Suci disebutkan bahwa bahkan saat sehelai rambut Anda jatuh, itu pun kehendak-Nya. Maka, ingatlah hal ini.