Dunia Satwa

Endal

Oleh Saudari-inisiat Sheila Cooedin, Vancouver, Kanada
(Asal dalam bahasa Inggris)

 

Kasih seekor anjing tanpa batasan, dan,
dalam kasus Endal,
pertolongannya untuk sahabat manusianya
juga tanpa batasan.

 

Allen G. Parton mengalami kecelakaan lalu lintas yang serius pada tahun 1991. Hal itu membuatnya kehilangan banyak hal: kehilangan ingatan, kehilangan kemampuan untuk berjalan, kesulitan dalam membaca dan menulis, dan kehilangan kemampuan untuk berbicara. Dia merasa putus asa dan tertekan. Pada tahun 1998 seekor anjing bernama Endal, yang khusus dilatih untuk menolong orang cacat, muncul dalam kehidupannya. Anjing ini memberikan banyak cinta kasih kepadanya dan membuatnya merasa sangat bahagia. Parton memberikan komentar mengenai Endal: “Dia tidak memandang kecacatan; kasihnya tanpa pamrih dan jika Anda dapat menangkap kekuatan penyembuhannya, maka Anda dapat menyembuhkan dunia ini dari segala kejahatan.”

Endal menolong Parton dalam berbagai hal. Dalam keadaan darurat, dia tahu apa yang harus dilakukan, seperti menempatkan Parton dalam posisi yang baik (pemulihan) jika terjatuh dari kursi roda dan meminta bantuan. Jika Parton lupa akan sesuatu, dia hanya perlu memberikan isyarat gerak (misalnya, menyentuh kepalanya jika dia menginginkan topinya), dan Endal akan mengambilnya.

Akan tetapi, yang paling menakjubkan mengenai Endal adalah dia dapat melakukan berbagai hal meskipun dia tidak mendapat latihan untuk melakukannya. Dia dapat menggunakan mesin bank untuk mengambil uang; dia dapat memesan minuman di kedai dan membawa dompet Parton untuk membayar; dia membayar tiket di bus, dan kemudian mengambil tiketnya dari mesin; dia berbelanja di toserba bersama Parton, mengambil barang-barang dari rak, menaruhnya di keranjang, dan kemudian mengeluarkannya sewaktu pembayaran, dan melakukan pembayaran. Kemampuan Endal lainnya adalah membantu Parton untuk melepaskan pakaian, mengoperasikan lampu lalu lintas, membuka mesin cuci dan mengosongkannya, memberikan hasil cucian kepada Parton untuk digantung.

Semua ini kedengarannya sungguh menakjubkan. Silakan berkunjung ke http://www.milleniumdog.freeserve.co.uk/page10.html untuk melihat foto-fotonya. Stasiun TV berulang kali memfilmkan dirinya. Endal telah mendapatkan banyak penghargaan. Parton berkata bahwa dia ingin membagikan kisah kehidupannya bersama Endal agar orang-orang menyadari betapa menakjubkannya para anjing dan mulai memperlakukan mereka selayaknya.

Referensi: http://dogsinthenews.com/issues/0211/articles/021114a.htm