Perkembangan Positif di Planet Bumi

 

Berita Positif untuk Dunia yang Lebih Baik

Oleh Tim Hiburan, Los Angeles,
California, Amerika Serikat (Asal dalam bahasa Inggris)

 

Skotlandia Menjadi Lebih Hijau

Skotlandia, seperti sebagian besar negara lain di dunia, telah menghadapi dilema yang berkelanjutan dalam hal persediaan energi untuk memenuhi kebutuhan konsumen tanpa merusak sumber daya di bumi. Akhir-akhir ini, orang-orang telah memberikan respons terhadap gerakan ‘eco-home (rumah berwawasan lingkungan)’. Mereka memutuskan untuk 'menjadi hijau’ dan mereka dapat menghemat ratusan poundsterling setiap tahun. Terlebih lagi, sejumlah penemu yang berwawasan lingkungan memfokuskan pada hal-hal seperti turbin angin kecil, sumber tenaga matahari, dan sumber tenaga mikro berkelanjutan lainnya. Badan perwakilan kota Edinburgh juga mempertimbangkannya. Pada bulan Desember Tahun Emas 3 (2005), badan perwakilan memperkenalkan kebijakan baru yang bertujuan untuk mendorong pengembang untuk menggunakan elemen ramah lingkungan dalam desain mereka. Mereka juga memperkenalkan suatu sumber energi yang dapat diperbarui di kantor pusat mereka yang baru.

 

Penyanyi Morrissey Berbicara Atas Nama Binatang


Dalam rangka protes terhadap perburuan anjing laut di Kanada, penyanyi Morrissey menolak untuk mengadakan tur di negara tersebut dan memberi contoh yang mengagumkan dalam memperjuangkan nasib makhluk yang kurang beruntung ini. Penyanyi tersebut mengatakan, “Ini adalah protes kecil untuk melawan pembunuhan yang mengerikan.” Lebih jauh, Morressey mengatakan bahwa praktik perburuan anjing laut yang menggunakan kulit anjing laut tersebut untuk industri pakaian adalah “barbar dan kejam” dan alasan diperbolehkannya perburuan terhadap anjing laut demi menciptakan peluang kerja bukanlah “alasan yang baik”.

 

Sebuah Bandara Membuat Keputusan yang Bijaksana

Di Inggris, masyarakat memprotes pengiriman ribuan anak sapi melalui pelabuhan Dover yang membuat mereka mengalami situasi mengerikan saat pengiriman; serta situasi yang buruk di peternakan sapi. Akan tetapi, Bandara Internasional Robin Hood ♥♥♥♥♥, dekat Doncaster, Inggris, memiliki akal sehat dan berkata ‘Tidak’ terhadap pengiriman anak sapi ini dengan cara menolak menerbangkan anak sapi ini. Dengan contoh yang mulia ini, mudah-mudahan bandara yang lain juga menyadari bahwa mereka juga dapat membuat perbedaan demi kehidupan teman-binatang kita dengan membuat keputusan yang bijak dan penuh kasih.

Iran dan Irak Menjadi Teman

Setelah bertahun-tahun bermusuhan, pemerintah Iran dan Irak akhirnya menerima perbedaan mereka. Setelah pertemuan yang baru diadakan dengan pimpinan tertinggi Iran, Perdana Menteri Irak Maliki menyebut Republik Islam Iran sebagai ‘teman dan saudara baik’. Ini sungguh merupakan berita yang baik bagi kedua belah pihak karena tidak akan ada lagi pertumpahan darah yang disebabkan oleh permusuhan di antara kedua negara tersebut. Mudah-mudahan gerakan ini menandai awalnya perdamaian yang akan meliputi kedua negara sehingga penduduk mereka akan berubah menjadi makmur dalam persahabatan dan keharmonisan.

 

Kampanye Presiden Brasil untuk Mengakhiri Kelaparan


Ketika Luiz Inacio Lula da Silva ♥♥♥♥♥♥ menjadi Presiden Brasil pada tahun 2003, Meniadakan Kelaparan (Zero Hunger) adalah program pertama yang mendapat perhatian. Caranya adalah dengan memberikan uang tunai kepada para ibu dengan skala bergulir. Tujuan dari program ini adalah untuk menghilangkan kelaparan pada akhir bulan Desember Tahun Emas 3 (2006). Pada bulan Juni tahun ini, pemerintah mengatakan bahwa ini sudah melampaui target, dengan mencapai 11,1 juta keluarga. Pendukung program ini mengatakan bahwa ini akan memberikan model yang dapat digunakan oleh banyak negara lainnya.

Elemen kunci dari Meniadakan Kelaparan adalah dengan memberikan bantuan langsung sebanyak 50 sampai 95 real (23-44 dolar AS) per bulan kepada para ibu, tergantung pada jumlah anak yang mereka miliki yang masih sekolah. Brasil juga menerima bantuan dari para selebriti: Bono dari U2 mendonasikan salah satu gitarnya untuk kampanye ini selama ia berada di Brasil pada bulan Februari lalu. Terima kasih, Brasil, atas contoh welas asih dan kedermawanan yang mengindikasikan bahwa ada cukup sumber yang tersedia untuk memberi makan semuanya.

 

Pelopor Pertanian yang Berkesinambungan

Profesor Sir Gordon Conway ♥♥♥♥♥ menyelenggarakan pendidikan tingkat Master dalam bidang teknologi lingkungan di Imperial College. Ia memelopori pertanian yang berkesinambungan serta kontrol terhadap hama yang ramah lingkungan di Asia, dan sebagai Presiden dari Yayasan Rockefeller, ia mengeluarkan dana kemanusiaan yang besar untuk memberantas kemiskinan. Ia juga memulai suatu program yang sangat penting untuk memberi makan dunia melalui bioteknologi. Conway sekarang adalah kepala penasihat bidang sains dari Departemen Pengembangan Internasional, yang mengkampanyekan hak bagi negara yang miskin untuk mendapatkan akses terhadap penemuan mereka yang terbaik. Terima kasih, Sir Gordon, atas semua kerja baik Anda dalam usaha untuk memperbaiki kehidupan orang lain di seluruh dunia.

 

Semakin Banyak Negara yang Bergabung dalam Melarang Merokok

Negara dari Australia sampai Kuba sedang menerapkan aturan larangan merokok. Australia telah melarang merokok di bandara, kantor pemerintahan, klinik kesehatan, dan tempat kerja. Pusat perbelanjaan dan restoran di sebagian besar negara bagian dan teritori juga telah menjadi area bebas rokok. Kuba ♥♥♥♥♥ telah melarang penduduknya untuk merokok di kendaraan umum, toko, dan beberapa tempat tertutup. Eropa juga bertindak dengan bijaksana. Di Irlandia, semua pub, restoran, dan tempat kerja yang tertutup adalah daerah yang bebas rokok. Belanda juga telah melarang penduduknya untuk merokok di beberapa tempat umum seperti: stasiun kereta api, kereta api, WC umum, dan perkantoran. Spanyol tidak lagi mengizinkan perokok untuk merokok di kantor, toko, sekolah, rumah sakit, pusat kebudayaan, dan kendaraan umum. Semua ini adalah untuk dunia sehat yang bebas asap rokok untuk semua.

 

Gerakan Uni Eropa Untuk Melarang Perdagangan Anjing Laut ♥♥♥♥♥♥♥

Baru–baru ini, Parlemen Eropa mengeluarkan Deklarasi yang ditandatangani oleh 425 penyusun undang-undang Uni Eropa yang menyatakan bahwa Uni Eropa harus melarang perdagangan terhadap dua jenis anjing laut, yaitu ‘harp’ dan ‘hooded’. Jutaan anjing laut lenyap dari wilayah Kutub Utara dan Atlantik Kanada setiap tahunnya yang disebabkan oleh manusia yang ingin menjual bulunya kepada industri pakaian di Eropa. Negara Belgia, Italia, dan Belanda telah melaksanakan atau sedang dalam proses untuk melaksanakan pelarangan terhadap produk yang terbuat dari anjing laut yang dijual di negara mereka. Larangan terhadap perdagangan anjing laut dalam segala umur akan mengakhiri perburuan anjing laut di Kanada, dan ini sungguh merupakan suatu langkah menuju arah yang positif.

 

Kemajuan Sejati dalam Bidang Sains

Hak Binatang dalam eksperimen sains telah menjadi topik utama diskusi di seluruh Eropa. Undang–undang binatang Uni Eropa (UE) yang baru mengharuskan setiap negara untuk mencari alternatif saat melakukan percobaan terhadap binatang dengan berdasarkan pada prinsip ‘3R’: Penggantian (Replacement), Pengurangan (Reduction), dan Penghalusan (Refinement) dalam memperlakukan binatang dalam percobaan.

Kongres Amerika Serikat baru-baru ini telah mencanangkan inisiatif yang sama. Di tahun 2005, Legislatif New Jersey mengadakan pemungutan suara tanpa mencantumkan nama tentang penggunaan binatang percobaan. Pada saat ini, model komputer dan video tersedia untuk menggantikan pembedahan organ dalam berbagai kelas sains, dan pada tahun 2005, sekolah-sekolah di Toronto mengumumkan tentang kebijakan pembedahan organ yang menetapkan bahwa semua siswa harus diberikan informasi bahwa mereka punya hak untuk tidak melakukan pembedahan organ, dan informasi tentang adanya pilihan lain.

 

Undang-Undang Bijaksana dari Roma

Pada bulan Oktober 2005, Kota Roma, Italia, memberlakukan aturan tentang binatang peliharaan yang paling bijaksana yang pernah diterapkan di negara mana pun di dunia. Kota tersebut sekarang mewajibkan pemilik binatang peliharaan untuk mengajak jalan anjing mereka sekali dalam sehari, jika tidak, maka mereka diancam denda sebesar 625 dolar AS. Hal ini akan menghilangkan praktik yang tak berperasaan. Roma juga melarang pembangunan 800 konstruksi yang menjadi koloni kucing liar. Selain itu, semua tempat penampungan hewan di Roma tidak mengizinkan pembunuhan. Penasihat kota ♥♥♥♥♥ yang mensponsori aturan ini mengatakan, “Sangat baik melakukan sesuatu yang dapat kita lakukan demi binatang, demi sedikit cinta kasih, untuk mengisi keberadaan kita dengan memperhatikan mereka. Peradaban kota juga dapat diukur dengan hal ini.”

 

Clinton, Mantan Presiden Amerika Serikat, Menganjurkan Kepada Para Orang Kaya untuk Memerhatikan Masalah Global

 

Mantan presiden Amerika Serikat, Bill Clinton, baru-baru ini menganjurkan beberapa orang terkaya dan berpengaruh di dunia untuk berpartisipasi dalam pertarungan mulia untuk hal-hal yang baik. Ia berharap dapat mengumpulkan lebih dari 2,5 miliar dolar AS dengan ide inovatif untuk mengakhiri peperangan, menangani masalah kesehatan, kemiskinan, dan perubahan iklim. Dihadiri oleh para miliarder seperti Bill Gates, Warren Buffet, dan Richard Branson; Sekretaris Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa, Kofi Annan, dan 50 kepala negara atau mantan kepala negara; Clinton dan Ibu Negara Amerika Serikat Laura Bush membuka Inisiatif Global Clinton (Clinton Global Initiative -CGI ) ke-2 Tahun 2006. Sebuah diskusi antara Presiden Pakistan Pervez Musharraf, Presiden Kolombia Alvaro Uribe, Presiden Liberia Ellen Johnson-Sirleaf, dan Kepala Kebijaksanaan Luar Negeri UE Javier Solana juga diselenggarakan. Salah satu proyek perbaikan global yang direncanakan adalah penyediaan air minum bersih kepada 10 juta penduduk Afrika Sub-Sahara dalam 4 tahun mendatang.

 

Bintang Film Hollywood Angelina Jolie dan Brad Pitt Menyumbangkan Uang untuk Kegiatan Sosial

 

Bintang Film Angelina Jolie dan Brad Pitt, melalui Yayasan Jolie/Pitt, memberikan hadiah sebesar 1 juta dolar AS kepada dua organisasi mulia: Global Action for Children (Aksi Global untuk Anak-anak) dan MSF -Medecins sans Frontieres (Dokter Tanpa Batas Wilayah). Jolie berkata, "Di belahan yang paling sulit di dunia – tempat yang ditinggalkan dunia – MSF selalu ada di sana."

Jennifer Delaney, direktur Global Action for Children sangat berterima kasih kepada Jolie, yang juga merupakan duta untuk pengungsi PBB. Ia berkata bahwa Angelina Jolie dan Brad Pitt tidak hanya peduli, tetapi mereka melakukan pekerjaan yang positif untuk membantu yatim piatu dan juga mereka yang memiliki orang tua yang sakit.

 

Dame Anita Roddick Menyumbangkan Kekayaannya untuk Kebaikan

 
♥♥♥♥♥♥  

Dame Anita Roddick, pendiri The Body Shop, perusahaan kosmetik yang mendedikasikan dirinya untuk memproduksi dan menjual produk kecantikan dan merupakan salah satu wanita bisnis terkenal Inggris, telah memutuskan untuk meninggalkan dunia bisnis dan memberikan sebagian besar dari uangnya, sekitar 130 juta pound kepada masyarakat. Ia juga telah memberikan jumlah yang banyak kepada Amnesty International dan Greenpeace.

"Saya tidak ingin meninggal kaya. Uang tak berarti apa-apa bagi saya. Hal yang terburuk adalah keserakahan - penumpukan uang," katanya.

Satu hal yang menyenangkan adalah ia berdagang langsung dengan negara berkembang. Sejumlah 15.000 ribu keluarga di beberapa tempat seperti Peru dan Brasil didukung oleh The Body Shop. Ia berharap bahwa ia dapat meyakinkan perusahaan kosmetik besar lainnya untuk melakukan hal yang sama.

 

Koalisi Baru Pemerintahan Merintis Jalan Menuju Perdamaian di Timur Tengah

Suatu perkembangan yang positif terjadi dalam era konflik yang lama antara Israel dan Palestina. Koalisi baru pemerintahan kedua negara dibentuk, yaitu antara grup Islam Hamas dan Partai Fatah dari Presiden Mahmoud Abbas. Hamas telah menyetujui untuk mengawali lagi perundingan perdamaian dengan Israel, untuk menangani segala hal berkenaan dengan Israel. Berita yang menyebutkan bahwa Hamas siap untuk bernegosiasi untuk mendirikan Negara Palestina merdeka yang rukun dengan Israel disambut dengan hangat di Israel dan Eropa. Menteri Luar Negeri Spanyol dan Staf Uni Eropa di Brussel mengekspresikan kegembiraan mereka berkenaan dengan perkembangan positif ini.

 

Seorang Vegetarian yang Pandai Memenangkan Tes IQ Nasional


Tim dengan anggota yang berjumlah 40 vegetarian memenangkan kontes tes IQ nasional yang populer yang ditayangkan di BBC Inggris. Peserta dalam kontes yang mendapat peringkat IQ tertinggi juga seorang vegetarian.

Pemenang diputuskan oleh penonton (lebih dari 80.000) yang menilai tujuh tim yang berkompetisi yang terdiri dari agen perumahan, siswa sekolah dasar umum, siswa sekolah milik pemerintah, pemain sepak bola, dan selebriti. Peserta yang memperoleh nilai tertinggi adalah Marie Bidmead, 68 tahun, merupakan seorang ibu dari lima orang anak. Ia mengatakan bahwa lomba tersebut sungguh menyenangkan, dengan tim vegetarian yang sangat kooperatif dan penuh kegembiraan, terlepas dari apakah mereka menang atau tidak.

 Festival Tanpa Pengorbanan


Kambing untuk dikorbankan pada Festival Dashain

Menurut terbitan surat kabar edisi 24 September 2006, Himalayan Times, grup yang mendedikasikan dirinya untuk peningkatan spiritual telah menyampaikan pandangan yang penuh kasih berkenaan dengan Festival Dashain yang akan datang. Kebiasaan masa lalu telah menentukan bahwa pada hari ke-80 sejak perayaan ini, orang-orang akan mengorbankan binatang untuk dipersembahkan di Pura Dewi Durga. Akan tetapi, Jaya Prakash dari Nepal Anubrata Samiti, suatu kelompok yang menekankan kebangkitan spiritual menyatakan bahwa manusia harus berhenti membunuh binatang. Mengenai perayaan ini, Swami Satyabrata yang mempromosikan vegetarian dan spiritual juga mengatakan bahwa: "Dalam cinta tidak ada tempat bagi kebencian, dalam perdamaian tidak ada tempat bagi kekerasan…" Banyak orang yang berharap bahwa ini merupakan langkah menuju arah yang positif. Binatang tentu saja akan berterima kasih kepada kita!

 

Beralih ke Perdamaian

Cité Soleil, Haiti, telah dianggap sebagai kota yang paling penuh kekerasan di belahan bumi barat. Akan tetapi, hal ini berubah dengan cepat. Suatu tindakan telah dilakukan untuk mengganti senjata dan gangster dengan buku dan sekolah. Presiden René Prévalyang terpilih ♥♥♥♥♥♥ pada bulan Februari 2006 telah mengantar kota itu kepada perdamaian di antara kelompok yang saling bertentangan yang telah lama menguasai kota. Pekerja kemanusiaan mampu memasuki wilayah itu tanpa merasa takut dan dapat membantu anak-anak di sana yang dibantu oleh UNICEF. Setiap anak di kota itu harus dibawa ke sekolah untuk mendapatkan pendidikan, dan juga diberikan air, makanan serta barang-barang lain yang sejenisnya. Sesuai dengan artinya Cité Soleil (Kota Matahari), cahaya memancar dan menghilangkan bayangan dari segala sesuatu yang bukan kedamaian dan kasih.

 

Gandhi dalam Layar Lebar

 
Film “Lage Raho Munnabhai”

Film terbaru yang baru saja dikeluarkan di India memperkenalkan idealisme Mahatma Gandhi kepada generasi baru. Judul film itu adalah “Lage Raho Munnabhai” dan menjadi film yang sangat populer, terutama di kalangan anak muda India. Film ini dengan jelas menceritakan tentang idealisme vegetarian, pengobatan alami, dan melakukan semua pekerjaan dengan suci.

Menariknya, Pemerintahan Maharastra, Delhi, dan Chhattisgarh memutuskan untuk tidak mengenakan pajak untuk film ini. Dengan demikian, ada banyak orang yang dapat menonton film ini agar mereka dapat belajar tentang idealisme yang mulia dari Mahatma Agung. Ketika ada pengumuman tentang film tanpa pajak di Mumbai, staf pemerintahan secara resmi memberi komentar, "Generasi muda sekarang telah terinspirasi oleh ajaran Gandhi oleh karena film ini."

Di Varanasi, film ini telah memberikan dampak terhadap kegiatan politik. Ketika para aktivis Shiv Sena ingin protes kepada petugas polisi karena kurangnya peranan polisi dalam menghentikan kegiatan yang merusak di kota tersebut, mereka tidak menggunakan cara yang biasa, sebagai gantinya mereka memberikan bunga kepada petugas polisi! Polisi pun merasa sangat gembira dan menjalin hubungan yang kondusif untuk bekerja sama dalam memecahkan berbagai masalah. Jadi, wujud cinta kasih dapat terus dilakukan.