Lintasan Peristiwa

Formosa

Pameran Buku dan Festival Teh yang Indah
Mengilhami Banyak Orang
pada Gaya Hidup Cinta Kasih

Oleh Grup Berita Taipei (Asal dalam bahasa China)

[Taipei] Pada bulan Juli dan Agustus Tahun Emas 3 (2006), Center Taipei dari Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai diundang untuk berpartisipasi dalam sebuah rangkaian pameran buku yang diselenggarakan oleh perpustakaan umum di pinggiran Kota Taipei. Center kami telah menerima penghargaan atas usaha-usahanya untuk mempromosikan pengembangan yang seimbang dari tubuh, pikiran, dan rohani, serta gaya hidup vegetarian yang sehat.

Kami diundang kembali oleh Chen Yi-zeng, direktur Perpustakaan Shidding, untuk berpartisipasi di pameran buku yang lain dari tanggal 9 sampai 17 September. Di samping memamerkan lukisan, lampu, buku, serta majalah Guru; juga diselenggarakan sebuah seminar tentang gaya hidup vegetarian yang sehat. Pada kesempatan itu, juga disediakan makanan vegetarian yang berenergi, serta pelajaran meditasi cuma-cuma. Pada dua hari terakhir pameran, kami juga berpartisipasi dalam Pekan Raya Teh yang Indah yang diadakan setiap tahun atas undangan wali kota.

 

Pameran Buku

Di pagi hari tanggal 9 September, pameran buku dibuka di Pusat Kebudayaan Danlan oleh Chen Yi-zeng, direktur Perpustakaan Shiding. Di antara para tamu yang terhormat adalah Wali Kota Ye Rong-hua dari Kota Shiding, Direktur He Wen-qing dari Perpustakaan Daerah Taipei, Direktur Gao Su-zhen dari Pusat Kebudayaan Danlan, para anggota dewan lokal, serta beberapa perwakilan dari Center Taipei. Wali Kota Ye berterima kasih kepada Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai karena telah memberi dukungan dan membuat acara ini penuh dengan suasana rohani yang membuat perubahan luar biasa. Banyak tamu tertarik pada gerai pameran kami, dan mereka sangat tersentuh oleh lagu Guru yang puitis dari DVD yang ditampilkan di area pameran. Sebuah tim besar inisiat menerima tanggapan positif yang melimpah ketika menyebarkan kipas, map dokumen, dan alas makan serbaguna ‘Cara Hidup Alternatif’ di jalan sekitar yang terkenal akan pelestarian sejarah kebudayaannya. Nona Yang, seorang guru di pusat penitipan anak setempat, meminta 50 alas makan untuk murid-muridnya dengan harapan dapat menggunakan alat itu untuk mengajarkan anak-anak agar mengasihi dan melindungi binatang, serta untuk mengembangkan konsep yang benar tentang pola makan yang sehat.

Chen Jian-zhong, Ph.D., pembicara utama di seminar kesehatan, berbicara tentang pencegahan penyakit kanker. Sebuah video dari Lembaga Penelitian Binatang Taiwan dipertunjukkan, mengungkapkan Kebenaran yang tragis di balik pengembangbiakan hewan ternak yang tidak wajar dan menunjukkan adegan penjagalan hewan ternak yang memilukan hati. Hadirin memberi tanggapan positif tentang pola makan vegetarian dan latihan rohani. Banyak penduduk setempat dan turis belajar meditasi Metode Kemudahan.

Seorang pria, Bapak Yen, dari Kaohsiung, mengetahui bahwa diskusi ini menguntungkan dan membangkitkan semangat, maka dia dengan segera mengundang seorang teman untuk menghadiri seminar itu. Karena sangat terkesan dengan video yang diputar, dia kemudian menganjurkan agar video itu sebaiknya diputar lebih sering agar masyarakat mengubah pola makan daging mereka setelah melihat adegan kejam dan tidak manusiawi saat penjagalan. Dia telah menjadi seorang vegetarian selama hampir lebih dari tiga puluh tahun dan dia berkata bahwa dia sedang mencari buku-buku tentang meditasi. Beberapa inisiat menanggapinya dengan memberikannya buku contoh Guru, beberapa majalah Berita, dan rangkaian buku Kunci Pencerahan Seketika. Teman laki-laki yang diundang itu berkata bahwa orangtuanya adalah vegetarian. Dia memutuskan untuk berhenti memakan daging setelah melihat video dan mendengarkan ceramah di seminar itu.

Makanan vegetarian yang dipersiapkan dengan sangat indah oleh rekan-rekan inisiat disajikan setelah seminar. Makanan yang beraneka ragam serta memiliki penampilan yang menarik selera telah memikat banyak pengunjung. Setiap orang, termasuk wali kota, direktur, dan pegawai pusat kebudayaan turut memuji makanan lezat yang mereka rasakan. Seorang perempuan yang bekerja di gerai pelayanan pameran datang dengan ibunya untuk mencicipi kotak makanan vegetarian kami setiap hari. Dia berkata bahwa dia siap untuk beralih ke pola makan vegetarian jika dia dapat menikmati makanan yang lezat seperti itu setiap hari.

Setelah menikmati makanan, Wali Kota Ye, yang saudara tertuanya merupakan seorang vegetarian, sangat berterima kasih kepada Asosiasi kami karena telah memperkenalkan suatu gaya hidup yang sehat kepada masyarakat kotanya. Dia berkata tentang pola makan organik yang telah dilakukannya selama dua minggu sebagai upaya pengobatan jantung. Pola makan tersebut telah mengurangi berat badannya serta memperbaiki kondisi kesehatannya. Rekan-rekan inisiat juga mendorong Wali Kota Ye untuk memperkenalkan pola makan vegetarian yang sehat kepada masyarakat lokal dan memberikan sebuah buku Guru yang baru berjudul “Realisasi Kesehatan” kepadanya.

 

Festival Teh yang Indah

 

Pada tanggal 16 September, angin topan melanda sebagian besar Formosa, tetapi angin ribut dan hujan lebat yang terjadi tidak menghalangi banyak pengunjung untuk datang ke Festival Teh yang Indah. Hakim Daerah Taipei Chou Hsi-wei menghadiri pameran buku dan menghabiskan waktu yang lama dengan menikmati buku-buku rohani Guru yang sangat bagus dan indah di gerai kami. Kemudian, dengan didampingi oleh Wali Kota Ye, dia hadir di bazar amal Festival Teh yang Indah yang diselenggarakan di sebuah sekolah dasar. Dia sangat tertarik dengan gerai vegetarian kami yang terus dikunjungi oleh banyak orang.

Awal pagi itu, Wali Kota Ye telah memesan makanan tradisional – tiram vegetarian goreng dalam piring besar dari gerai kami, dan juga menerima sup jagung manis dan sebuah hamburger vegetarian secara cuma-cuma. Atas rekomendasinya, ada banyak penduduk setempat yang datang ke gerai kami. Banyak yang memuji: “Apakah ini benar-benar vegetarian? Bagaimana makanan vegetarian dapat begitu lezat?”
Nona Lu Xiao-feng (kanan berbaju merah muda) pemenang penghargaan aktris terbaik pada Festival Film Asia Pasifik, menerima buku terbaru Guru yang berjudul “Realisasi Kesehatan”.

Pada tanggal 17 September, bersamaan dengan berlalunya angin topan, langit menjadi lebih cerah. Nona Lu Xiao-feng, pemenang penghargaan aktris terbaik pada Festival Film Asia Pasifik juga mengunjungi pameran. Dia menerima sebuah buku Guru yang berjudul “Realisasi Kesehatan”. Dengan memegang buku itu di tangannya, Nona Lu yang merupakan penganut Agama Buddha berkata kepada kami bahwa latihan Zen telah memberikannya beberapa realisasi baru dalam kehidupan dan mengajarkannya tentang pentingnya sikap saling tolong. Langit yang cerah telah membuat banyak pengunjung mendatangi area pameran. Pada kesempatan ini, rekan-rekan sepelatihan menyebarkan kipas, map dokumen, dan alas makan ‘Cara Hidup Alternatif' kepada pengunjung. Beberapa pengunjung dapat merasakan panggilan cinta kasih dari Guru dan mendaftar untuk belajar meditasi Metode Kemudahan. Selama pameran, sekitar 30 orang belajar metode itu dan merasa penuh dengan kebahagiaan.

Seorang pria yang merasa tidak senang dengan pakaian Guru, pada akhirnya mengubah pendapatnya dan belajar Metode Kemudahan setelah mendengar cinta kasih dan tindakan amal Guru. Setelah bermeditasi selama 30 menit, dia berkata bahwa dia telah melihat dan melewati sebuah terowongan dari mata kebijaksanaannya dan melihat Cahaya ungu. Sebelum dia pergi, dia dengan malu mengucapkan terima kasih kepada para saudari-inisiat dan meminta maaf atas kebodohannya sebelumnya karena telah salah mengerti terhadap cinta kasih Guru.

Di antara mereka yang belajar meditasi Metode Kemudahan adalah Direktur Chen dari Perpustakaan Umum Shiding. Direktur Chen yang merasa lelah dan stres dalam mengatur pameran, merasa takjub karena dia merasa segar kembali setelah meditasi yang singkat. Dengan perasaan senang, dia menyatakan rasa terima kasih yang dalam kepada Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai: “Acara kami telah dipertinggi karena partisipasi dari Asosiasi Anda. Meskipun Anda bukan juru masak profesional, Anda telah mempersiapkan banyak makanan vegetarian yang sehat dan profesional untuk penduduk lokal serta bagi para turis. Usaha Anda untuk mempromosikan gaya hidup vegetarian pada acara tahun ini telah membuat pameran kami penuh warna.” Direktur Chen dengan tulus berharap bahwa kami dapat membuatnya sebagai kegiatan bulanan karena kota ini dikunjungi sejumlah besar turis di akhir pekan dan liburan. Kita dapat memperoleh keuntungan yang lebih melalui kegiatan seperti itu.

Dengan berkah Guru, pameran itu berlangsung dengan sukses besar. Kami berterima kasih kepada Tuhan atas kesempatan yang diberikan kepada kami untuk mengagungkan arti kehidupan dan belajar tentang berbagi. Setiap inisiat yang berpartisipasi dalam kegiatan ini merasakan peningkatan kebahagiaan yang tak terlukiskan.

 

Sebuah Kehidupan yang Mulia dan Cinta Kasih Dimulai dengan
Pola Makan Vegetarian yang Sehat

Laporan Perayaan Tahunan
Institut Penelitian Teknologi Industri

Oleh Grup Berita Hsinchu (Asal dalam bahasa China)

[Hsinchu] Untuk menanggapi instruksi Guru tentang mengasihi binatang dan mempromosikan gaya hidup vegetarian, para inisiat yang bekerja di Institut Penelitian Teknologi Industri (Industrial Technology Research Institute, ITRI) menyelenggarakan sebuah rangkaian kegiatan mengenai kehidupan yang sehat di perayaan tahunan ITRI pada tanggal 5 Juli Tahun Emas 3 (2006), di bawah nama “Lembaga Kesehatan dan Vegetarian” yang baru dibentuk. Beberapa kegiatannya termasuk peragaan memasak vegetarian, pertunjukan film, seminar, pesta makanan vegetarian, dan penyebaran pamflet ‘Cara Hidup Alternatif’.

Acara dibuka dengan peragaan memasak dan mencicipi makanan vegetarian. Fujia Su dan Sotome Osamu, dua ahli memasak dari Dapur Vegetarian Tang Tang yang terkenal di Taipei, diundang sebagai penceramah. Kelas memasak dibuka dengan pendaftaran cuma-cuma. Dalam dua hari, pendaftar mencapai kapasitas maksimum kelas. Dengan jumlah 160 orang bergabung dengan kegiatan ini, maka dua kelas pada hari itu menjadi penuh. Pokok bahasan utama demo memasak adalah “Pembangkit Selera Musim Panas dan Memasak yang Sehat”. Para peserta mendengarkan dengan hati-hati dan memuji keaslian serta kemudahan memasaknya. Mereka juga memiliki kesempatan untuk memasak dan menikmati makanan vegetarian yang bergizi, beraneka ragam, dan lezat di kelas memasak itu. Kegiatan ini memperoleh tanggapan yang meriah.

Di sore harinya, ada empat seminar tentang “Cara Hidup Sehat dan Hidup Mulia”. Dalam seminar yang pertama, Bapak Zhiming Liang, Direktur Rumah Kehidupan Organik Tongliuhewu memberikan ceramah tentang topik yang hangat, “LOHAS - Lifestyle of Health and Sustainability (Gaya Hidup yang Sehat dan Berkelanjutan). Tujuan utama LOHAS adalah untuk memberikan anjuran agar kesehatan keluarga dan tanggung jawab lingkungan dipertimbangkan dalam pilihan-pilihan konsumen. Hal ini merupakan sikap cara hidup baru sepenuhnya, yaitu: mencintai diri kita sendiri dan memperlakukan Bumi dengan baik. Sekarang pendekatan ini menjadi sangat populer di dunia dan telah dipraktikkan oleh lebih dari 100 juta orang.

Dalam seminar yang kedua, Dr. Weihua Chen, Kepala Dokter Rumah Sakit Umum Tri-Army (Tiga Angkatan Bersenjata), memberikan ceramah tentang “Kesehatan dan Vegetarisme” dari sudut pandang kesehatan. Dr. Chen menerangkan kepada peserta seminar tentang keuntungan dari pola makan vegetarian dari aspek kedokteran seperti struktur fisiologis tubuh manusia, pola makan, gizi, kesehatan ibu hamil dan bayi yang baru lahir, serta keuntungan dari aspek ekologi dan lingkungan. Dalam seminar yang ketiga, Profesor Fengzhou Lyu dari Universitas Kedokteran Zhongshan memberikan ceramah yang berjudul “Penelitian yang Dalam mengenai Hubungan Antara Radikal Bebas dan Pola Makan”, dengan menjelaskan kepada peserta hubungan antara radikal bebas dan kanker. Setelah berceramah, Profesor Lyu menanyakan para peserta dengan pertanyaan-pertanyaan yang berarti, dan bagi siapa yang bisa menjawab akan dihadiahi dua buku yang dikarangnya. Acara ini adalah acara terakhir dari seminar itu.

Topik seminar yang keempat adalah “Kasihi Binatang, Hormati Kehidupan Mereka”. Ceramah ini disampaikan oleh Zenhong Zhu, Sekretaris Eksekutif dari Asosiasi Penelitian Perkumpulan Binatang Taiwan. Di tengah-tengah seminar ditayangkan sebuah film dokumenter yang berjudul “Rekaman di Lokasi Peternakan Formosa – Apakah ini Daging Babi yang Saya Makan?” Film ini menunjukkan bagaimana binatang dipelihara dan disembelih. Film ini telah mengejutkan para peserta seminar.

Antara seminar yang ketiga dan keempat, para inisiat mengatur sebuah pesta teh yang menyediakan banyak minuman dan makanan panggang. Pesta itu dihiasi oleh Lampu Panjang Umur dan lukisan karya Guru. Resep-resep vegetarian dan buku-buku yang berkaitan dengan kesehatan serta pola makan juga dipamerkan. Banyak pengunjung yang dengan penuh perhatian membawa buku-buku yang berisi koleksi-koleksi seni dan resep-resep masakan Guru. Mereka juga memuji kelezatan makanan vegetarian yang disediakan.

Pada hari itu, sebuah daerah khusus vegetarian didesain di taman perayaan. Spanduk ‘Cara Hidup Alternatif’ yang indah yang dibuat oleh para inisiat, secara tidak sengaja telah menjadi penanda 'daerah vegetarian' dan menarik banyak pengunjung. Kue-kue muffin yang dibuat langsung di tempat terus diminta dari awal pagi itu. Ada banyak orang yang dengan sabar menunggu dalam antrian yang panjang untuk membelinya. Ada juga pengunjung yang kembali terus-menerus ke gerai kami untuk membeli kue bola berkuah dan spageti. Beberapa anak vegetarian juga gembira saat menikmati makanan kami setelah mendapat ketegasan bahwa makanan kami “benar-benar” makanan vegetarian.

Dalam semua kegiatan ini, semua inisiat melakukan yang terbaik yang dapat mereka lakukan untuk menyebarkan pamflet ‘Cara Hidup Alternatif’ sehingga semua orang dalam kegiatan ini akan mengerti bahwa hidup yang sehat berawal dari menyayangi teman-binatang kita. Beberapa pengunjung, yang telah memegang bermacam-macam barang di tangan mereka masih memaksa untuk mendapatkan sebuah pamflet. Beberapa anak-anak juga meminta pamflet. Setelah membaca pamflet, banyak orang yang mulai mempraktikkan langsung sarannya dan datang ke daerah vegetarian untuk menikmati makanan.

Peristiwa tahun ini adalah untuk pertama kalinya ITRI memperingatinya dengan pola makan vegetarian sebagai tema utama, semenjak 33 tahun ITRI didirikan. Hidup sehat berawal dari pola makan vegetarian yang sehat. Kata-kata ini telah berakar dalam di hati pegawai ITRI dan keluarga mereka. Kami berharap bahwa perintis-perintis dalam bidang sains dan teknologi ini akan membawa konsep hidup vegetarian yang sehat kepada rekan-rekan kerja serta teman-teman mereka. Bersama-sama, kita akan menciptakan sebuah masyarakat yang penuh kasih dan sehat.

 

Agenda Kegiatan

Untuk mengimbangi peningkatan rohani yang terus berlangsung di planet ini, center setempat dari Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai mengadakan lebih banyak dan semakin banyak seminar video dan kegiatan berbagi Kebenaran lainnya.

Anda dipersilakan untuk bergabung dalam kegiatan ini bersama teman dan sanak keluarga Anda. Untuk jadwal terbaru, silakan kunjungi situs berikut ini: http://www.Godsdirectcontact.org.tw/eng/latest_news/events-datebook.htm