Teknologi Zaman Keemasan
 

Mobil yang Digerakkan oleh Udara

Oleh Grup Berita Prancis (Asal dalam bahasa Prancis)

Setelah lebih dari dua puluh tahun melakukan riset dan pengembangan, seorang insinyur berkebangsaan Prancis yang bernama Guy Negre telah menemukan sebuah mobil kota yang digerakkan oleh udara yang dimampatkan dan tidak mengeluarkan polusi. Model CityCat ini, sebagai contoh, bisa menempuh jarak hingga 200-300 kilometer (sekitar 120-190 mil) pada kecepatan 60 kilometer per jam (37 mil per jam). Satu-satunya gas emisi yang dikeluarkan adalah udara dingin yang bisa digunakan sebagai pendingin udara (AC) di dalam mobil. Untuk mengisi ulang tangki udara, kita dapat pergi ke stasiun pengisian yang hanya membutuhkan waktu tiga menit atau menghubungkan mobil Anda ke stop kontak listrik rumah yang memerlukan waktu beberapa jam. Pencolokan pada stop kontak listrik ini dilakukan agar kompresor yang terpasang pada mobil dapat bergerak sehingga tangki udara bisa terisi.

Keuntungan lain dari penggunaan udara yang dimampatkan daripada baterai adalah waktu pengisian yang lebih cepat, energi yang hilang lebih sedikit (baterai biasanya cenderung kehilangan sebagian energinya bahkan saat tidak digunakan), harganya lebih murah bila diproduksi secara massal, dan kandungan racun dari bahan-bahan yang digunakan lebih rendah.

Udara yang dimampatkan jauh lebih aman. Saat terjadi ledakan yang memecahkan tangki udara, maka sistem kode pengaman yang ketat dapat memperkecil bahaya yang mungkin timbul. Di samping itu, tidak seperti bensin, udara yang dimampatkan tidak berisiko menimbulkan kebakaran saat terjadi kecelakaan.

Daripada menjual mobil tersebut secara langsung, perusahaan Negre, Moteur Development International (MDI) menawarkan investor untuk membangun pabrik sendiri dengan menyediakan mesin yang dibutuhkan untuk membuat mobil tersebut. Ini adalah konsep baru dalam produksi mobil dimana pabrik kecil bahkan juga dapat memproduksi mobil ini.

Negre melaporkan bahwa MDI telah menjual lebih dari tiga puluh lisensi kecil kepada para penanam modal dari Meksiko, Italia, dan Afrika Selatan, walaupun produksi massal belum dimulai. Baru-baru ini, pemerintah Meksiko telah menandatangani sebuah perjanjian dengan MDI untuk membeli 40.000 unit mobil yang digerakkan oleh udara yang dimampatkan untuk mengganti taksi-taksi yang dijalankan dengan bensin dan mesin diesel di kota Meksiko yang terpolusi berat.

Walaupun Negre belum melaporkan keberhasilan yang nyata dalam memasarkan kendaraan tersebut, konsep di balik itu kelihatannya potensial bila dipandang dari sudut adanya kebutuhan yang meningkat akan efisiensi dan energi alternatif.


Sumber:

(Dalam bahasa Prancis)
http://www.mdi.lu (situs resmi)
http://quanthomme.com (site très complet sur les inventions à énergies libres)

(Dalam bahasa Inggris)
http://www.theaircar.com/ (situs resmi) http://www.planetark.org/dailynewsstory.cfm/newsid/18354/story.htm http://en.wikipedia.org/wiki/Air_engine http://www.cbsnews.com/stories/2006/10/28/tech/main2135518.shtml http://www.fuelcellsworks.com/Supppage1784.html