Gaya Hidup Zaman Keemasan
Inovasi Seseorang
Dapat Memberikan Banyak Manfaat

Oleh Saudari-inisiat Lisa Suttschenko, Ohio, Amerika Serikat (Asal dalam bahasa Inggris)

Dapatkah Anda membayangkan memanasi, mendinginkan dan menyinari rumah tanpa menggunakan listrik PLN, tapi dengan menggunakan energi yang bisa diperbarui? Mirchael Strizki bukan hanya membayangkan saja, tetapi dia sekarang sudah mempunyai protokol yang menarik untuk berbagi dengan kita. Pria inovatif ini adalah orang yang paling pertama menunjukkan bahwa seisi rumah dapat digerakkan dengan gabungan energi hidrogen dan surya. Dia bahkan mempunyai sebuah rencana untuk menyimpan semua kelebihan energi dan menggunakannya untuk menghidupkan mobilnya.

Semangatnya terhadap teknologi sel hidrogen, digabung dengan dorongannya untuk menemukan sebuah solusi untuk krisis energi dunia, telah membangkitkan sebuah usaha yang sekarang disebut sebagai Proyek Hopewell. Proyek ini, yang namanya diambil dari nama kota tempat tinggal Strizki, merupakan sebuah proyek yang sangat mahal, akan tetapi itu tidak memengaruhi Strizki. Dia percaya bahwa kadang-kadang dibutuhkan pengorbanan diri untuk membawa sebuah perubahan besar, dan dia menganggap proyek energi ini sebagai pekerjaan seumur hidup. “Saya telah mendedikasikan hidup saya untuk membuat planet ini menjadi tempat yang lebih baik, katanya.

Rumah Strizki telah diubah menjadi rumah dengan struktur energi gratis tanpa memancarkan polusi. Pada saat musim panas, sebuah bangunan dengan 1.000 kaki persegi dilengkapi dengan atap panel surya akan menghasilkan energi yang dibutuhkan untuk menggerakkan semua peralatan di rumahnya. Sebuah electrolyzer menggunakan tenaga surya untuk menghasilkan hidrogen dari air, disertai dengan beberapa tangki hidrogen yang akan menyimpan gas sampai dibutuhkan. Sistem energi yang bisa diperbarui ini juga menghasilkan listrik 60% lebih banyak dari yang dibutuhkan oleh rumah 3.000 kaki persegi.

Energi ekstra yang disimpan dapat dipakai pada saat musim dingin ketika tidak ada sinar matahari tetapi tetap membutuhkan energi listrik tinggi. Pada saat energi dibutuhkan, hidrogen dicampurkan dengan molekul oksigen ke dalam sel bahan bakar, terciptalah listrik pada saat proses perubahan menjadi air lagi. Energi diciptakan pada saat molekul bertabrakan dan bisa digunakan untuk menghidupkan segala sesuatu di rumah.

Strizki juga membangun sebuah mobil yang digerakkan oleh tenaga baterai. Mobil ini sangat berbeda dari yang lainnya. Mobil ini, yang dinamakan New Jersey Venturer, menggunakan hidrogen daripada menggunakan sumber listrik. Hidrogen yang dipakai mobil Strizki dihasilkan dari tenaga hidroelektrik, membuat bahan bakar menjadi sebuah sumber energi yang bahkan bisa diperbarui.

Teknologi untuk mobilnya juga agak unik. Menurut EV World, sebuah majalah yang khusus membahas teknologi listrik kendaraan, mobil dengan bahan bakar hidrogen sekarang diproyeksikan memakai 40-50 kilowatt listrik, yang cukup untuk menghidupi seluruh tetangga. Tetapi, mobilnya menggabungkan pendekatan pemakaian baterai untuk mengoperasikan mobil dan bahan bakar hidrogen untuk menghidupi baterai, yang artinya mobil hibrida Strizki ini hanya menggunakan listrik 5 kilowatt, dengan demikian menghemat lebih banyak energi.

Rencana dan penemuan hebat ini membantu New Jersey dalam memenuhi target 20% sumber energi diperbarui pada tahun 2020. Terima kasih kepada Michael Strizki atas dedikasinya untuk meningkatkan kualitas udara dan lingkungan untuk semua orang.

Referensi:
http://www.enn.com/today.html?id=12048
http://www.evworld.com/archives/interviews/mstrizki.html