Dunia Satwa

 

 

Ayam Betina Pintar yang Dapat Membaca dan Menghitung

 

Oleh rekan inisiat di China (Asal dalam bahasa China)  

 

Nona Li tinggal di Shenyang, China dan memiliki satu ekor ayam betina berusia 1 tahun yang dinamakan Guai-Guai. Dia mencintai ayam betina itu dan memeliharanya seperti anaknya sendiri. Guai-Guai bahkan memberikan ciuman kepada ‘mami’nya dengan menempelkan paruhnya secara lembut ke bibirnya bila Nona Li mendekatkan mulutnya.

Guai-Guai amat pintar; dia dapat mengenali kata-kata dan bahkan bisa mengerjakan beberapa perhitungan sederhana. Nona Li menuliskan empat huruf China – Kebaikan untuk Kebahagiaan – di papan tulis dan menggantungkannya di dinding rumahnya. Setiap kali Guai-Gaui dengar ‘mami’nya mengatakan salah satu dari kata-kata tersebut, dia akan mematok kata itu beberapa kali. Nona Li juga memiliki papan lain dengan beberapa pertanyaan aritmatika yang sederhana dan jawabannya. Apabila Guai-Guai mendengar maminya membacakan pertanyaan tersebut, dia akan dengan pelan mematok jawaban tersebut beberapa kali, dan ayam betina itu selalu menjawab dengan tepat.

Guai-guai juga mampu mengenali gambar buah, gambar wajah, dan mobil. Nona Li dengan bangga berkata: “Guai-guai memiliki ingatan yang baik dan kemampuan belajar yang luar biasa.” Dia sekarang mengajari ayam betina kecilnya untuk mengenali perkakas yang dipakai setiap hari!