Perubahan Iklim: Solusinya
Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Retreat Eropa, Austria,
28 Februari 2008 (Asal bahasa Inggris)
 
 

Tidak ada orang yang mau melakukan sesuatu. Kita mempunyai solusinya tetapi mereka tidak melakukannya! Ada solusi, hanya terdiri dari tiga langkah: Menjadi Vegetarian, gunakan energi yang berkelanjutan, dan menanam pohon. Bukankah ini sederhana? Tetapi tidak ada orang yang melakukannya karena tidak semua pemerintah mendukung itu dan tidak ada kesadaran tentang hal itu. Di dunia media, kita adalah satu-satunya yang terus menyiarkan pemanasan global di TV.

Kita juga hampir hanya satu-satunya yang mengudarakan secara rutin dan sangat peduli tentang itu untuk memberikan banyak informasi, berbagai bukti, serta penyelesaiannya. Kita mengudarakannya setiap hari. Itu menghabiskan dana yang banyak untuk mengudarakan semua penyelesaian dari masalah perubahan iklim selama 10 atau 20 menit pada waktu itu. Kita tidak menerima sumbangan apapun dan kita tidak menerima uang dari periklanan. Kita adalah satu-satunya yang benar-benar menolong tanpa syarat. Bagi semua orang, itu mungkin sepertinya akan terjadi beberapa abad lagi sampai bencana tersebut benar-benar terjadi.

Saya berusaha sangat keras dan solusinya sangat sederhana. Jika pemerintah dan media terjun langsung dan menolong menyebarkan semua itu dan berkata “Hal ini benar-benar penting dan semua orang harus melakukannya,” maka kita masih mempunyai waktu: Dua tahun. Okay, itu adalah waktu yang pendek, tetapi kita masih mempunyai waktu untuk menjaga planet ini seperti apa adanya. Keadaannya tidak sebagus dulu, tetapi setidaknya seperti sekarang ini dan tidak menjadi lebih buruk. Tetapi mereka tidak melakukannya.

Satu Solusi: Hentikan Semua Peternakan Hewan Daging

Kita mempunyai solusi-solusinya. Setiap orang tahu solusinya. Mereka melakukannya juga, tetapi pemerintah harus benar-benar menyiarkannya ke dalam internet mereka. Mereka mempunyai banyak uang dan mereka bisa melakukan apa saja, mereka sungguh berpengaruh. Saya melakukan yang terbaik dengan selebaran-selebaran, seminar-seminar, dan semuanya hanya untuk itu, untuk menyelamatkan planet kita. Tetapi itu benar-benar sangat lamban, seperti sedikit di sini dan di sana. Pemerintah harus mengatakan sesuatu, sama seperti melarang rokok. Ketika itu dilarang, Selesai. Pemerintah bisa melakukan hal itu. Mereka melarang rokok, dan rokok akan menjadi barang terlarang. Dan mereka melarang minuman keras, lalu minuman keras menjadi barang terlarang. Semua itu tidak legal. Pengurangan rokok saat ini telah mengurangi begitu banyak penyakit yang terjadi di mana pun di seluruh dunia. Orang-orang mengetahui hal itu. Sama halnya dengan kebijakan perubahan iklim. Jika mereka hanya melaksanakan apa yang mereka tahu, maka itu bagus, maka itu akan menjadi sangat cepat. Dalam sekejap, kita akan pulih kembali, atau kita bisa menghentikan efek-efeknya. Jika kita menghentikan peternakan hewan, maka bumi akan terus bertahan, tanpa gas rumah kaca atau gas metana dari hewan, dan tidak ada penambahan selamanya. Apapun gas yang ada sekarang, kita dapat mempertahankannya dan tidak ada penambahan dari industri daging. Dengan demikian maka bumi akan pulih.

Setelah beberapa waktu, sapi-sapi akan menghilang secara alami dan kemudian semua tanah akan ditanam kembali dengan pohon dan sayuran. Karena jika kita membuat  peternakan, bahkan 50 tahun kemudian kita masih belum benar-benar bisa menanam di tanah itu. Tanah itu menjadi tertekan dan padat dengan kualitas tanah yang lemah untuk dipertahankan. Mereka hanya harus menghentikan kebiasaan makan daging, karena itu juga merupakan karma buruk, bukan hanya sekedar gas metana saja. Setiap hari kita menyiarkan segala jenis peringatan dan bukti pemanasan global. Ya Tuhan, apa lagi yang kita bicarakan sepanjang hari kecuali hal ini! Pemanasan global adalah hal yang paling penting sekarang ini. Pertama kita harus selamat dulu, setelah itu kita baru bisa melakukan apapun yang kita inginkan. Tapi jika kita tidak selamat, tidak memiliki planet ini lagi, maka apa gunanya? Kecuali jika mereka ingin membunuh anak-anak mereka sendiri, dan jika itu memang benar-benar keputusan meraka, maka apa yang dapat kita lakukan? Kita telah mengusahakan yang terbaik. Setelah kita bekerja sangat keras, kita masih menyebarkan berita-berita, kita keluar dengan selebaran-selebaran dan semuanya. Kita mengiklankan di koran-koran dari kantong kita sendiri. Kita mengudarakannya di TV dari uang kita sendiri. Kita memberitahukan semua orang yang kita kenal.

Beberapa orang peduli, mereka berkata “Oh ya!” mereka tertarik, mereka ingin tahu, mereka benar-benar peduli. Tetapi setelah beberapa saat mereka mungkin lupa karena ada TV lain untuk ditonton, bioskop untuk dinikmati, hubungan suami-istri, anak-anak, atau bisnis, dan uang yang banyak. Mereka tidak benar-benar sadar apa yang menjadi prioritas.

Kekayaan Tidak Ada Artinya Ketika Perubahan Mempengaruhi Semua Planet

Ada sebuah film yang berjudul “Saya adalah Legenda” oleh Will Smith. Kota itu dipenuhi oleh orang-orang yang terkena mutasi dan telah berubah menjadi makhluk-makhluk yang menyerupai hewan yang buas. Pemeran utama yang masih hidup saat itu adalah satu-satunya orang yang normal di seluruh Kota New York. Di mana-mana terlantar dan dipenuhi oleh mutasi, hewan liar, dan manusia-manusia liar. Pada saat pemeran utama berjalan masuk ke Bank, semua lantai ditutupi dengan uang, dan kemudian dia pergi ke Brankas Bank yang penuh dengan emas-emas batangan. Setelah itu ia baru menyadari bahwa sia-sia saja jika kita hanya mengumpulkan uang.

Jadi kita melakukan apa yang bisa kita lakukan, dan setidaknya kita melaksanakannya dengan hati. Memberikan selebaran-selebaran dan semua itu, mungkin sebagian orang akan bangkit dan mungkin orang-orang itu juga akan mempengaruhi orang lain. Kita hanya berharap. Kita selalu berharap. Pikiran positif selalu lebih baik daripada negatif. Jadi, kita hanya meditasi, menolong orang dengan cara yang bisa kita lakukan, dan membagikan selebaran untuk membangkitkan siapa pun yang mungkin dibangkitkan. Sebagian dari mereka takut, tapi kita harus melakukan sesuatu, tidak hanya menabur bibit di Artik dan menyimpannya dalam kotak. Apa gunanya menyimpan bibit sedangkan di luar sana dipenuhi dengan gas-gas beracun dan orang-orang akan sekarat dan tercemar, siapa yang akan memakannya? Jika kita mati, tidak ada yang bisa memakan bibit-bibit itu. Atau bahkan jika mereka benar-benar menyimpan begitu banyak, itu hanya akan cukup untuk sedikit saja. Yang kaya dan mampu adalah satu-satunya yang bisa mendapatkannya. Mereka adalah satu-satunya yang bisa meraih keuntungan dari semua itu.

Saya tidak memahami manusia. Tujuannya adalah, mungkin sebagian dari kita berpikir bahwa jika kita mempunyai uang maka kita akan bisa selamat, atau jika kita bisa mendapatkan bibit-bibit maka kita bisa menanamnya kembali, dan seterusnya. Tapi siapa yang tahu, mungkin kita tidak bisa jika bencana benar-benar datang, baik yang kaya maupun yang miskin. Itu akan sangat sulit untuk diprediksi, tak peduli apakah kita mempunyai uang atau kita adalah orang yang berkuasa, atau apakah kita bisa selamat atau tidak. Meskipun kita selamat, kita dapat bertahan berapa lama. Jika semua planet telah rusak dan tercemar, di mana kita akan pergi dengan bibit-bibit, uang, dan kekuasaan itu? Dan satu hal lagi, jika semua atau hampir semua orang miskin mati, karena mereka adalah pekerja kasar, siapa yang akan menanam bibit-bibit ini untukmu? Itu adalah para pekerja, para petani, dan orang-orang miskin yang membersihkan jalan-jalan, menanam pohon-pohon, dan menyebarkan bibit. Jadi saya tidak memahami pemikiran dari dunia ini. Saya tahu Anda mengerti, karena itulah kalian melakukan yang terbaik dengan membagikan selebaran, siapa tahu itu bisa membantu. Tapi tetap saja kalian juga harus memahami perasaan itu.

Baiklah, ini sedang terjadi di mana-mana sekarang, atau setidaknya mereka sedikit panik sekarang. Semua pemerintah sepertinya sedang konsentrasi pada hal tersebut. Setidaknya ini adalah sebagian dari topik yang sedang didiskusikan, dan mereka berkumpul di sini dan di sana untuk membicarakan tentang hal ini. Mereka harus melakukannya secara nyata. Semua orang mengetahuinya sekarang, karena PBB melaporkan bahwa konsumsi daging dan peternakan hewan adalah faktor terburuk penyebab perubahan iklim atau pemanasan global. Tapi tidak ada orang yang membicarakan tentang itu. Setiap orang berbicara tentang energi baru, bahan bakar dari tumbuh-tumbuhan, kendaraan hybrid, mobil-mobil dengan tekanan udara, mesin-mesin penyedot karbon, atau menggali lubang dan menyimpan karbon, dan seakan-akan itu tidak akan meledak pada suatu hari nanti. Tapi sebelum itu, kita terus bernafas seakan-akan itu tidak akan berpengaruh terhadap diri kita.

Menyingkirkan Daging adalah Kunci menuju Kelangsungan Hidup Manusia


 

Saya tidak mengerti. Apa yang membuat kita sangat sulit untuk menyingkirkan sepotong daging dan menggantikannya dengan sepotong tahu yang sama persis, dengan gizi yang lebih banyak, lebih baik bagi kesehatan, serta lebih ekonomis? Bagaimana mungkin seseorang tidak dapat mengorbankan sedikit selera saja? Bahkan jika daging itu terasa enak dan mereka sangat menyukai daging itu, mengapa mereka tidak dapat mengorbankannya demi kelangsungan hidup setiap orang dan anak-anak mereka sendiri? Mengapa mereka tidak dapat? Hanya menggantikan sepotong daging dengan sepotong tahu; itu saja yang perlu dilakukan. Terlebih lagi saat ini kita memiliki semua jenis daging vegetarian yang rasanya amat lezat. Bahkan kedelai, ia terlihat sama. Saya tidak tahu apakah rasanya sama atau tidak, tetapi makanan itu terasa lezat bagi saya. Ia terasa lezat, bahkan lebih baik. Tetapi mereka masih tidak dapat menyingkirkan sepotong daging itu meskipun mereka besok meninggal, atau jika anak-anak mereka menderita.

Ini bukan hanya tentang datangnya kematian. Ini adalah penderitaan – mental, fisik, psikologi, dan emosional – sebelum kematian datang. Karena semua gas ini sudah ada di udara. Ia telah mempengaruhi banyak orang. Mereka masih belum mengakuinya; mereka bahkan tidak menyatakannya. Tetapi beberapa sudah berkata bahwa ini karena itu. Beberapa ilmuwan telah melakukan penelitian dan mengatakan bahwa ini terjadi karena pemanasan global. Orang lebih banyak menderita penyakit mental, lebih banyak kegagalan organ dalam, dan seterusnya. Ada bukti di mana-mana, tetapi sepertinya tidak ada seorang pun yang mendengar atau tidak seorang pun yang peduli. Kita masih terus melakukannya. Kemudian jika kita meninggal, oh baiklah, kita meninggal dengan bahagia. Ke mana lagi kita dapat pergi?


 

Gas itu menguap di mana-mana. Hanya saja saat ini gas itu tidak begitu kuat. Lalu Anda mungkin merasakan sakit kepala ketika Anda melewati beberapa tempat, dan Anda tidak tahu mengapa tiba-tiba sakit kepala atau mengapa tiba-tiba jantung Anda sakit atau terbakar. Anda tidak mengetahuinya mengapa hari ini liver Anda tidak begitu baik, sehingga Anda minum obat dan Anda melupakannya. Tetapi gas itu akan menjadi lebih kuat jika kita tidak melakukan sesuatu.

Andaikata tidak seorang pun melakukan apapun dan planet ini selesai, apa yang akan Anda lakukan? Ada ide? Tiba-tiba kita dapat melihat banyak iklan “Saatnya Bertindak?” Sebelumnya, kita tidak memilikinya. Sekarang Anda dapat melihatnya di mana pun, dan mereka melakukan sesuatu bagi lingkungan. Saya berharap mereka semua melakukannya dan harus cepat. Saya berharap agar para pemerintah dan media sungguh-sungguh serius tentang hal itu. Itu saja yang saya harapkan setiap hari. Melarang ini, melarang itu: Tidak makan daging lagi maka kita akan selamat. Sungguh, itu amat mudah! Hanya menghindari pola makan daging atau hewan; menggunakan energi berkelanjutan, gunakan matahari yang tiada batasnya atau tenaga ombak; dan menanam pepohonan. Setiap orang dapat menanam hanya sepasang pohon, tidak banyak. Dan pemerintah, daripada membiayai perang, mereka dapat menggunakan uang itu untuk membayar orang menanam pohon di daerah padang pasir yang beriklim kering atau di daerah yang sudah rusak untuk menyegarkan atmosfer. Ini amat sederhana!

Kami juga akan senang dapat pergi dan menanam pohon tanpa bayaran serta menyumbangkan tenaga kapan pun kita bisa jika pemerintah sungguh-sungguh berada di belakang setiap program ini. Kami juga akan senang memasak vegetarian untuk diberikan kepada setiap orang di rumah kita. Kami dapat mengundang orang untuk datang ke rumah kita dan menunjukkan kepada mereka bagaimana memasak vegetarian. Setelah beberapa minggu, mereka akan tahu bagaimana caranya jika Anda melakukan terlebih dahulu. Tetapi apa yang saya maksudkan adalah, jika pemerintah dan media sungguh-sungguh berada di belakangnya maka mereka hanya harus menyingkirkan sepotong daging. Meskipun ini adalah pengorbanan, tetapi ini sungguh berharga. Ini sungguh merupakan hal yang paling mulia yang dapat mereka lakukan dalam seluruh kehidupan mereka. Hanya menyingkirkan sepotong daging itu dan menggantinya dengan daging vegetarian, kita memiliki begitu banyak makanan yang dapat dimakan; itu bukan karena kita tidak memiliki pilihan. Mengapa mereka tidak mencobanya saja?

Menjadikan Setiap Rumah sebagai Restoran Vegetarian

Sejak saat ini, kalian masing-masing harus menjadi guru. Ke mana pun Anda pergi, siapa pun yang Anda temui, bicaralah tentang ini. Undang mereka ke rumah Anda dan tunjukkan kepada mereka bagaimana memasak vegetarian. Tunjukkanlah secara langsung; karena jika mereka hanya melihatnya di TV, itu mungkin berbeda. Gunakan energi dan cinta kasih Anda untuk ditunjukkan kepada mereka. Kita hanya menyebarkannya keluar dan lakukan apa yang kita bisa. Gunakan waktu Anda untuk menyelamatkan planet. Tunjukkan kepada mereka bagaimana memasak makanan vegetarian.

Saya ingin mengubah setiap rumah menjadi restoran vegetarian. Tunjukkanlah kepada mereka apa yang Anda makan. Jika mereka tidak tahu apa itu vegetarian, maka mereka tidak tahu bagaimana melakukannya. Benar, mereka tidak tahu. Bahkan jika beberapa orang mengetahui bahwa vegetarian itu baik, tapi mereka tidak tahu bagaimana caranya. Mereka bahkan bertanya di internet: “Bagaimana cara melakukannya?” Sungguh, beberapa orang belum pernah mendengar nama itu sebelumnya. Mereka tidak pernah berpikir tentang itu, jadi kita harus melakukan itu. Anda semua di seluruh dunia mengajari mereka bagaimana melakukannya, setiap hari dan setiap saat yang Anda bisa. Undang mereka secara acak, sebagai tamu, tanpa syarat, dan tunjukkan kepada mereka bagaimana caranya. Siapa pun yang tersenyum pada Anda, berbicaralah dengan mereka dan undang mereka minum kopi di rumah Anda: “Saya tinggal di dekat sini! Saya tidak tahu ada seorang tetangga yang penuh kasih. Wow, suatu kehormatan! Mari ke rumah saya dan kita minum kopi.” Kemudian, mulai dari sana.

Mulailah, saya tidak bergurau. Lakukanlah sesuatu karena Anda berada di luar sana. Saya melakukannya di Supreme Master Television dan memasak untuk anjing saya. Saya juga berbicara kepada siapa pun yang saya bisa. Tetapi saya juga amat sibuk dengan masalah yang ada di planet. Jadi lakukanlah itu, jadilah pemilik restoran. Belajarlah memasak dengan baik dan belajar bagaimana memperagakannya. Dengan senyum Anda, sebuah batu akan mencair; dan dengan makanan Anda, hati orang akan mencair. Tidak ada apapun yang hilang. Vegetarian sangat murah; Anda pasti mampu mengundang seseorang dan ini adalah investasi yang baik; ini dapat menyelamatkan planet kita, maka dari itu hal ini sangat bermanfaat. Coba apa yang Anda bisa, melalui Supreme Master Television, melalui brosur-brosur, melalui buku-buku, melalui internet. Pengaruhnya akan besar. Tetapi, kebiasaan itu masih sulit dihapuskan. Katakan saja kepada mereka untuk mengubah kebiasaan, itu saja. Undanglah siapa pun yang Anda bisa, tunjukkan pola makan vegetarian dan buatlah agar mereka merasa diterima. Ini sama dengan hal lainnya. Letakkan lilin dan yang lainnya. Berapa banyak biayanya? Tidak begitu banyak. Biayanya tidak sebanyak itu. Buatlah menjadi meriah, diterima, dan seperti di rumah sendiri. Buatlah agar makanannya terasa enak dan mereka akan datang kembali dan dengan begitu Anda dapat menunjukkan mereka bagaimana caranya.

Karena mereka sungguh tidak tahu caranya. Saya katakan hal yang sebenarnya. Tidak banyak orang yang tahu bagaimana memasak vegetarian. Mereka berpikir bahwa vegetarian hanya makan kacang-kacangan, seperti kacang panjang, lalu mereka kuatir akan menjadi panjang seperti tali. Tentu ada banyak orang yang bertanya kepada Anda, “Oh, vegetarian! Dapatkah Anda hidup dengan itu? Apakah cukup bergizi?” Mereka bertanya kepada Anda seperti itu karena mereka tidak tahu, sungguh. Mereka tidak meneliti tentang hal itu, sehingga mereka tidak terbiasa dengannya.

Larang Semua Daging demi Kebaikan Dunia

Saya berharap agar saya masih hidup untuk melihat hari dimana para pemerintah sungguh-sungguh melarang daging, karena daging juga beracun bagi masayarakat. Bukan hanya bicara tentang daging yang menghasilkan gas metana serta gas buangan, menghabiskan energi atau air atau obat-obatan, bukan itu. Daging membuat setiap orang sakit. Daging beracun. Setiap orang mengetahui itu. Para pemimpin dunia harus membantu melindungi masyarakatnya.

Misalkan Anda tahu bahwa ada sesuatu yang beracun bagi anak-anak Anda; maka akankah Anda dengan sengaja memberikannya kepada mereka untuk membunuh mereka? Tidak! Jadi sekarang semua bukti menunjukkan bahwa daging juga beracun dan alkohol itu tidak baik. Laranglah dengan segera. Tidak ada lagi yang perlu dibahas. Barang-barang yang beracun tentu tidak boleh diberikan kepada masyarakat. Jangan biarkan barang-barang itu dekat dengan masyarakat. Anak-anak bahkan memiliki akses ke alkohol, apalagi daging. Oke, itu saja. Kita harus melarang daging. Kita melarangnya sekarang dengan menunjukkan kepada masyarakat bagaimana cara memasak dan makan vegetarian. Kita semua harus keluar. Ini sungguh-sungguh untuk kelangsungan hidup kita. Anda hanya memiliki dua tahun untuk berubah, dua tahun. Empat tahun adalah saat bencana itu terjadi, tetapi dalam dua tahun ini kita harus melakukan sesuatu; jika tidak maka bencana itu akan terjadi, apakah Anda mengerti? (Pemirsa: Ya.) Apakah Anda tahu berapa lama dua tahun itu?

Pemirsa: Sangat cepat.

Guru:Tujuh ratus sekian hari – 104 minggu. Dengan 52 minggu setahun, dua tahun hanya 104 minggu. 1...0...4...minggu. Itu saja yang kita miliki. Apakah Anda mengerti? Apakah kedengarannya sangat lama?

Pemirsa: Tidak!

Guru: Waktunya singkat. Ketika Anda katakan dua tahun, ia mungkin terdengar lama. Tidak! Ia hanya 700 hari, 104 minggu. Itu adalah angka yang menakutkan. Oke, kita harus melakukannya. Kita harus menerima persoalan-persoalan ke dalam tangan kita. Kita lakukan apa yang kita bisa. Dan jika kita mati, kita mati, tetapi kita harus melakukan sesuatu. Jadikanlah hal ini sebagai misi dalam kehidupan Anda dengan memberitahukan kepada masyarakat tentang bahaya makan daging, dan tunjukkan kepada mereka cara penyelesaiannya.

Daging tidak baik bagi planet kita. Daging itu buruk. Karena daging adalah penyebabnya, bukan masyarakat! Bukan masyarakat, benar! Mereka tidak tahu! Sungguh mereka tidak tahu. Mereka saling mempengaruhi. Dan mereka sungguh korban-korban yang malang dari situasi ini. Ini sungguh-sungguh, benar seperti itu. Anda harus melakukannya dengan cinta kasih. Anda harus memiliki welas asih yang besar untuk mengorbankan waktu dan energi Anda.

Murid: Ada sebuah organisasi yang dinamakan Animal Aid (Bantuan Satwa). Suatu hari saya mendapat email dari mereka dan mereka mempunyai sistem dimana mereka melatih Anda atau Anda dapat melatih diri sendiri, sehingga Anda dapat pergi dan berbicara di sekolah-sekolah. Mereka memilihkan sekolah-sekolah untuk Anda dan Anda dapat memilih kelompok usia anak-anak dimana Anda ingin berbicara. Dan saudara itu berpikir melakukannya dengan anak-anak yang lebih muda.

Guru: Ya, kita dapat melakukan itu.

Murid: Anda dapat berbicara tentang vegetarisme atau perubahan iklim atau apapun.

Guru: Ya, Anda dapat dengan sukarela pergi ke sekolah apapun, untuk memasak makanan dengan cuma-cuma pada hari itu, atau membawa contoh makanan. Atau meminta siapa pun yang ingin belajar makanan vegetarian, dan semua orang membawa beberapa wortel.

Murid: Karena anak-anak mengasihi para satwa kemudian mereka mulai meminta para orangtua, berkata, “Kita tidak dapat memakan ini, mereka makhluk-makhluk yang indah.” Ya, anak-anak hebat.

Guru: Ya, jika kita bisa.

Untuk melihat liputan Supreme Master Television tentang diskusi yang eksklusif ini secara lengkap, silakan kunjungi situs berikut ini:
http://video.Godsdirectcontact.net/magazine/veg/video/BMD548_554-e.php