Lintasan Peristiwa

Indonesia

Meningkatkan Kesadaran Vegetarisme dan Perubahan Iklim

Oleh Grup Berita Yogyakarta (Asal bahasa Indonesia)  

[Yogyakarta] Kesempatan luar biasa yang dikabulkan oleh Tuhan datang pada tanggal 12 dan 13 April, Tahun Emas 5 (2008), ketika para rekan inisiat dari Center Yogyakarta diundang oleh Asosiasi Kasih Internasional Cabang Yogyakarta (INLA) untuk mempersembahkan informasi terkini dari Supreme Master Television tentang pemanasan global dalam tiga seminar yang berurutan. Seminar-seminar tersebut dimaksudkan untuk mempromosikan vegetarisme dan konstribusi positifnya dalam mengurangi pemanasan global. Semua tamu pembicara adalah vegetarian, termasuk novelis terkenal, Dewi “Dee” Lestari dan Dr. Prasasto Satwiko.

Dua seminar berlangsung pada tanggal 12 April. Salah satunya diselenggarakan di Universitas Atma Jaya Yogyakarta, yang diikuti 300 peserta, dan seminar lainnya diadakan di Musium Nasional Jogja, dengan para jurnalis dan para pekerja seni, yang merupakan peserta seminar yang aktif. Pada tanggal 13 April, seminar yang ketiga, dibuka oleh Wakil Bupati Kota Magelang, yang diadakan di Gedung Ahmad Yani, Kota Magelang dengan 500 tamu undangan dari berbagai bidang yang berbeda.

Melalui kesempatan yang besar ini, lebih banyak orang, media, dan para pejabat pemerintah yang sadar akan situasi yang mendesak akibat perubahan iklim dan solusinya yang paling efektif dengan menjadi vegetarian. Pada akhir dari salah satu seminar yang menggembirakan, seorang perwira dari Akademi Militer mengundang para rekan inisiat untuk menyelenggarakan seminar serupa bagi 4.000 siswa militer. Mereka sangat bahagia dan berterima kasih atas kesempatan yang mencerahkan dan mendidik ini yang diberikan oleh Tuhan. Marilah kita semua berdoa agar dunia ini menjadi rumah kita dengan keindahannya yang mengagumkan dan tiada henti.


 

Penghijauan untuk Menghentikan Perubahan Iklim

Oleh Grup Berita Jakarta (Asal bahasa Indonesia)

[Jakarta] Untuk mendukung usaha-usaha penghijauan oleh pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk menghentikan perubahan iklim, para inisiat setempat menanam ribuan pohon di hutan bakau Muara Angke di sepanjang pantai utara ibukota negara pada tanggal 2 Maret, Tahun Emas 5 (2008). Proyek ini diluncurkan oleh Divisi Taman Kota untuk memperbaiki ekosistem dan melindungi banjir tahunan yang disebabkan kenaikan permukaan laut. Center Jakarta juga menunjukkan acara-acara Supreme Master Television tentang pemanasan global dan pola makan vegetarian, yang diterima dengan baik oleh penduduk setempat.

Pada tanggal 20 Maret, para rekan inisiat dan keluarga mereka menanam 140 pohon dari berbagai jenis di dekat kampus Depok, Universitas Indonesia di sebelah selatan Jakarta. Beberapa peserta juga membersihkan danau untuk penanaman teratai, sementara yang lainnya menyebarkan brosur SOS di stasiun kereta dan titik-titik ramai lainnya di daerah tersebut.

Dengan berkah Guru, kegiatan-kegiatan tersebut selesai dengan catatan yang optimis, bahwa pohon-pohon akan menjadi yang pertama ditanam di masa depan.