Guru Berkata  
Jadilah Vegetarian untuk Memberi yang Terbaik Bagi Anak-anak dan Planet Kita  
 
(Sambungan dari Kolom Guru Berkata Majalah Berita # 198)

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, saat Seminar SOS! Internasional pada Konferensi video Pemanasan Global, Seoul, Korea, 22 Mei 2008 (Asal bahasa Inggris)

Bapak Lee Yong-Jung, Sekretaris-Jenderal Koalisi Penduduk untuk Kesehatan Anak-anak, mantan kepala tim riset kebijaksanaan bagi kesehatan anak pada Komisi Kepresidenan untuk Pengembangan Berkelanjutan: Saya telah menyimak pembahasan Anda dengan penuh perhatian, yang saya rasa dapat disimpulkan dalam tiga kata: kerohanian, diet vegetarian, dan mencintai sesama penghuni Bumi. Saya ingin mengangkat beberapa hal yang berhubungan dengan pangan dan masyarakat yang berkelanjutan. Kita dikelilingi oleh pangan yang beracun bagi tubuh kita. Ketika kita terekspos dengan pangan semacam ini, keseimbangan mikro organisme dalam tubuh kita akan terganggu dan kita harus berjuang dengan mikro organisme ini yang mengisi separuh dari organisme di dunia. Penyakit yang akhirnya bisa menjangkiti kita adalah alergi, pembesaran limpa, asma, gangguan saraf, dan perkembangan ADHD yang kejadiannya sudah tiga kali lipat dibandingkan 20 tahun lalu. Tekanan darah tinggi, kanker, dan kencing manis juga sudah tiga kali lipat. Masalah yang muncul di Korea termasuk flu burung, virus noro, dan mikroba antibiotik, semuanya disebabkan oleh pangan beracun.

Perlu diadakan pemeriksaan terhadap makanan beracun ini. Pertama adalah bahan kimia yang digunakan dalam proses makanan dan pengepakan. Kedua adalah kelebihan dosis antibiotik yang diberikan pada hewan ternak di pabrik peternakan. Ketiga adalah penggunaan pestisida yang berlebihan. Keempat adalah bahan pangan dengan rekayasa genetika serta daging sapi yang tercemar oleh panyakit sapi gila. Masalah ini adalah masalah serius jika kita menggantungkan makanan kita terhadap makanan dari luar negeri yang jumlahnya sekitar 75%, bandingkan dengan 25% makanan yang dihasilkan secara domestik. Ketika diadakan investigasi, masalah makanan ini terkait dengan pemanasan global, gas metana, dan masalah karbon dioksida yang mengakibatkan masalah kesehatan anak-anak serta kelangsungan hidup manusia. Anda telah menyimpulkan masalah kompleks ini menjadi satu masalah sederhana, yakni vegetarisme. Walaupun saya mengerti, saya berpikir apakah kita tidak perlu pendekatan yang lebih luas. Misalnya kita harus melakukan pendekatan pertanian yang berkelanjutan dan kita harus mengubah pola pikir kita. Kita harus mengubah paradigma makanan kita. Kita perlu mendidik manusia bahwa melalui pilihan makanan, kita bisa menyelamatkan diri kita dan manusia secara keseluruhan dengan sistem pendidikan yang lebih konkret. Itu yang saya pikir.

G: Kelihatannya tidak mudah untuk diatasi, tetapi sebenarnya sangat mudah. Jika Anda memiliki seorang anak dan Anda tahu apa yang baik bagi dirinya, Anda pasti ingin memberikannya. Dan jika Anda tahu apa yang buruk atau beracun bagi anak Anda, Anda akan menjauhkannya dari dirinya dengan segala upaya. Jadi, ini hanya kebiasaan berpikir manusia, perasaan bahwa ini tidak bisa dilakukan, tetapi sebenarnya bisa. Kesampingkan saja potongan daging tersebut dan gantikan dengan protein nabati. Zaman sekarang, makanan vegetarian tersedia di mana-mana, sangat sederhana. Walaupun makanan tidak tersedia, segala macam kacang-kacangan, beras, dan polong-polongan penuh dengan protein nabati dan akan membuat hidup Anda jauh lebih nyaman, sehat, bijaksana, dan sangat mengangkat dari segi rohani. Saya tidak mengerti mengapa begitu sulit bagi pemerintah atau orang tua, atau siapa saja yang bertanggung jawab dalam hal ini untuk mengubah kebiasaan mereka untuk memberikan makanan yang sehat bagi anak-anak. Anda ingin anak Anda sehat? Jadi, kita harus melakukan penelitian, kami tahu apa yang terbaik bagi anak-anak. Pola makan vegetarian, tanpa susu atau bahkan produk susu adalah pola makan yang terbaik untuk semua orang pada semua usia. Jadi mengapa kita tidak memberikan mereka yang terbaik?

Bagi saya, sederhana saja. Berikan saja mereka makanan terbaik, lalu segala sesuatu lainnya akan datang dengan sendirinya. Anda akan melihat manfaatnya. Dan jika tidak bermanfaat, Anda kapan saja bisa mengubah kembali ke makanan daging. Tetapi saya yakin Anda, maksud saya para orang tua dan guru, orang yang bertanggung jawab bagi kesehatan anak-anak akan menyukai pola makan vegetarian. Anda akan melihat kemajuan mereka dalam segala aspek kehidupan, bukan hanya kesehatan tetapi kepintaran, vitalitas, dan kedamaian dari sifat mereka. Rasa cemas Anda tentang sikap anak-anak Anda yang keras akan berkurang. Terima kasih atas perhatian Anda kepada anak-anak. Mereka adalah masa depan kita. Terima kasih, Bapak Lee Yong-Jung. Orang-orang harus melakukannya. Pemerintah bisa melakukan atau tidak melakukannya, ini terserah pada orang tua untuk memilihnya.

Hati Nurani dan Welas Asih dalam Masyarakat

Ibu Lee Hui-Jung, Sekretaris Jenderal Asosiasi Para Orang Tua Korea untuk Pendidikan: Sekarang di Seoul, di depan Sungai Cheonggye, murid-murid mengikuti demonstrasi dengan menyalakn lilin. Ini untuk memprotes terhadap impor daging yang mungkin mengandung penyakit sapi gila. Daging ini mungkin digunakan dalam makanan mereka di sekolah. Itu sebabnya mereka mengadakan protes dengan menyalakan lilin di Sungai Cheonggye, karena mereka tidak ingin makan daging sapi gila. Para orang tua mereka juga melakukan protes, karena mereka tidak ingin daging sapi ini menjadi makanan di sekolah anak-anak mereka. Protes tersebut menunjukkan bahwa para murid serius memperhatikan lingkungan pendidikan dan masalah-masalah pada sistem penyediaan makanan di sekolah saat ini. Saya pikir para murid pada umumnya lebih peduli dibandingkan dengan orang dewasa, dan itu sebabnya mereka keluar ke jalan untuk melakukan protes. Mereka melihat beberapa cuplikan berita di internet tentang bagaimana hewan tidak diperlakukan secara manusiawi dan dari situ mereka merasa bahwa hewan adalah seperti mereka karena lingkungan pendidikan mereka tidak menginginkan demikian. Persaingan sangat ketat; mereka harus belajar hingga tengah malam atau pagi hari di ruang sekolah mereka. Ini seperti mereka berada dalam sangkar, sangkar kecil tanpa banyak pilihan, sehingga saya merasa bahwa murid-murid kita sangat peduli terhadap hewan-hewan yang dikekang.

Walaupun rasa simpati mereka menjadi tumpul karena mereka tumbuh dalam lingkungan pendidikan semacam ini, tetapi mereka masih cukup murni untuk merasakan sakit ini, sehingga timbul rasa kasihan terhadap hewan ini. Sayangnya, semakin kita dididik dalam keadaan semacam ini, semakin kita kehilangan rasa untuk mempertimbangkan sesama penghuni kita. Lingkungan sekolah harus diatur agar anak-anak kita bisa menghabiskan waktu di alam, dimana mereka bisa dekat dengan hewan. Akan tetapi, anak-anak kita dikekang dalam hal ruang dan waktu dengan sistem pendidikan yang ada sekarang. Mereka dipaksa menyelesaikan kurikulum mereka.

Lingkungan pendidikan kita harus memupuk welas asih kepada anak-anak terhadap orang-orang miskin dan lemah, termasuk hewan dan penderitaan ternak yang dikekang. Sistem pendidikan kita perlu ditata untuk mendukung perhatian terhadap planet kita dan sesama penghuni kita, dan memperkenalkan solusi terhadap masalah yang dihadapi planet sekarang melalui pendidikan. Tetapi dalam kenyataannya, tidak ditata sedemikian rupa. Pertanyaan saya terhadap Maha Guru Ching Hai adalah: Kita memaksa anak-anak kita menjadi tidak sensitif terhadap rasa peduli mereka bagi planet kita dengan memberikan mereka lingkungan pendidikan semacam ini karena alasan persaingan. Apa yang bisa kita lakukan untuk mendorong kepedulian lingkungan mereka? Jadi, saya ingin bertanya kepada Anda tentang masalah ini.

G: Terima kasih atas perhatian Anda, Ibu Lee. Dan ngomong-ngomong, saya ingin menyampaikan rasa simpati dan terima kasih saya kepada para murid yang menyatakan pendapat mereka saat ini di Seoul mengenai impor daging sapi, perhatian kasih mereka serta kepedulian mereka terhadap hewan. Saya sangat terkesan oleh sikap mereka, karena sebagai murid mereka sangat sibuk dan kurikulum sekolah tidak memberitahu mereka atau mengajari mereka tentang kekejaman terhadap hewan atau bagaimana mengasihi hewan. Tetapi mereka masih dapat mengetahui hal ini; mereka memang meneliti hal ini, dan mereka memang mengambil tindakan terhadap hal ini, dan saya sangat senang. Saya harap ini bahkan akan tersebar lebih lanjut ke sekolah lain dan seluruh bangsa agar semakin banyak orang yang sadar akan bahaya produk hewani termasuk perlakuan kejam yang dilakukan manusia terhadap mereka, saudara  saudari kita yang malang yang tidak berdosa dan tidak berdaya.

Jadi, atas nama hewan saya berterima kasih kepada Anda dan kepada mereka. Mengenai pertanyaan Anda tentang bagaimana membesarkan anak-anak dengan benar, ini adalah pertanyaan yang sangat-sangat penting dan para orang tua serta guru harus berkumpul untuk membahas hal ini. Dan pemimpin pergerakan ini, para guru, dan orang tua harus lebih membekali diri dengan semua bukti ilmiah yang konkret serta meyakinkan tentang diet yang lebih baik untuk anak-anak, maksudnya diet tanpa produk hewani, sama sekali bebas dari produk hewani. Bahkan telur dan susu berbahaya karena berasal dari hewan. Hewan tersebut sudah diberikan bahan kimia, segala macam hormon yang membuat anak-anak gila. Jadi, jika sifat anak-anak kalian tidak sesuai dengan keinginan kalian, tolong jangan salahkan mereka saja. Mereka terlahir baik, tidak berdosa dan manis. Mereka dibesarkan oleh kita dan kita tidak memberikan mereka kebaikan yang sepantasnya, perhatian yang sepantasnya atau standar terbaik yang selayaknya yang pantas mereka terima, karena kita sebagai orang tua juga tidak diberikan pelajaran baik ini. Jadi, sekarang kita harus mengubah arah sejarah. Kita harus mengadakan riset; kita harus tahu pasti bahwa diet vegetarian benar-benar sehat, terbaik dalam segala aspek bagi anak-anak kita. Dapatkan bukti. Dapatkan bukti penelitian yang diperlukan, semua bukti ilmiah yang meyakinkan, kumpulkan untuk disebarkan.

Dan marilah kita bersama-sama memutuskan bahwa kita harus mengubah pola makan anak-anak. Ketika Anda mengubah pola makan maka segala sesuatunya akan berubah. Sifat mereka akan berubah, kepintaran mereka bertambah, dan Anda akan menjadi orang tua yang bahagia dan mereka akan menjadi anak-anak yang bahagia. Anda ingin yang terbaik bagi anak-anak Anda, dan itu yang terbaik untuk mereka. Diet vegetarian, Anda harus memberikan itu kepada mereka, lalu segala sesuatu yang lainnya akan terjadi. Percayalah pada saya, kalian dapat mencobanya dan memberitahu saya. Tidak ada ruginya. Ini dapat membantu kalian menghemat uang belanja. Kalian langsung ke bagian vegetarian; tidak perlu ke mana-mana lagi. Diet vegetarian, tanpa alkohol, tanpa rokok, serta tanpa obat-obatan terlarang.

Untuk Kesehatan yang Optimal, Makanlah yang Alam dan Segar  

Dan ngomong-ngomong, ada sebuah pesan untuk para produsen makanan vegetarian. Walaupun kita vegetarian, kita juga harus hati-hati, jangan memasukkan bahan tambahan dan bahan pengawet yang terlalu banyak di dalamnya, jangan memasukan bahan berbahaya apapun ke makanan vegetarian. Dan jangan memasukan terlalu banyak glutamate atau terlalu banyak garam. Bahan-bahan itu tidak terlalu baik bagi kesehatan. Jadi, diet vegetarian juga harus yang segar dari pasar lokal. Itu yang terbaik untuk anak-anak Anda - pasar lokal, lebih segar lebih baik. Tidak cukup hanya vegetarian, tapi produk-produk vegetarian yang segar dan sehat. Kepada semua produsen makanan vegetarian, tolong sadari hal ini.

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Pertanyaan Andalah yang terpenting karena ini menyangkut anak-anak dan masyarakat luas. Terima kasih, ibu. Saya doakan agar segalanya berhasil dalam setiap langkah Anda. Saya berharap agar gerakan anak-anak yang baru saja Anda sebutkan akan berkembang luas di negara Anda dan di seluruh dunia, agar semua siswa mengikutinya. Semua orang kelak akan memperhatikan seruan mereka demi kehidupan yang lebih baik yang pantas mereka dapatkan. Terima kasih banyak. Semoga Surga memberkati Anda dan memberkati gerakan mereka.

Ibu Park Kyung-Yong,  Kepala Asosiasi untuk Makanan Sekolah Korea: Saya adalah petugas yang menyiapkan makanan untuk murid-murid di sekolah. Pertanyaan saya  ini ada hubungannya dengan pertanyaan sebelumnya. Pemerintah telah membuat sebuah peraturan bahwa 30% dari makanan sekolah harus ada sumber dari protein hewani. Untuk memenuhi peraturan ini, kami menyediakan daging sapi, ayam, atau babi setiap hari untuk makanan sekolah. Kalau kita jumlahkan konsumsi daging sapi dan daging lainnya yang disajikan untuk makanan sekolah di seluruh negara, jumlahnya akan mengagetkan. Artinya jumlah hewan yang dibantai untuk makanan ini sangat  besar. Saya sebagai seorang pekerja tidak pernah menganggapnya sebagai persoalan yang serius, tetapi setelah mengikuti seminar ini saya rasa saya harus  mempertimbangkan kembali tentang konsumsi daging di sekolah kami. Sebagai tambahan, saya rasa kita perlu membuat suatu kebijakan dan peraturan pemerintah yang baru. Menurut saya, kita harus menggunakan produk protein alternatif untuk menggantikan protein dan lemak hewani dengan protein nabati seperti kacang kedelai. Karena semua orang tahu bahwa kacang kedelai mengandung protein yang sangat tinggi. Baru-baru ini kami lebih banyak memilih masakan vegetarian untuk makanan di sekolah kami. Tapi, menurut saya kita harus mengurangi konsumsi daging dengan serius sebagai sebuah persoalan untuk didiskusikan dan mengembangkan menu-menu yang menggunakan sumber protein alternatif. Saya menyadari bahwa kita perlu menyediakan makanan yang lebih hijau, menu-menu vegetarian di sekolah. Karena Anda adalah vegetarian,  apakah Anda bisa memberikan beberapa menu dan resep vegetarian untuk makanan sekolah. Dan apabila Anda punya saran tentang alternatif makanan di sekolah, saya ingin mencobanya saat kami membuat makanan sekolah.

G: Oh, wow! Pertanyaan yang sangat bagus, Ibu Park. Usaha yang sangat baik. Terima kasih banyak. Anda lihat, ini adalah permulaan yang sangat baik. Pertama-tama, menurut pendapat saya yang sederhana ini, Anda akan diberkati atas keinginan baik Anda itu, dan kemudian Anda akan terus mendapatkan kekuatan untuk melakukannya. Anda harus membeberkan fakta itu kepada asosiasi orang tua dan kepada semua orang tua semampu Anda. Anda bisa memberikan selebaran kepada setiap siswa untuk dibawa pulang atau menempelkan di papan sekolah dan minta izin untuk menyebarkannya kepada anak-anak. Carilah semua data mengenai kebaikan pola makan vegetarian dan semua fakta mengenai bagaimana buruknya pola makan daging. Dapatkan dukungan dari mereka. Beritahukan murid-murid Anda, beritahukan semua orang di masyarakat Anda, di dunia Anda, di sekolah Anda. Dan kemudian, dapatkan semua bahan-bahan yang diperlukan agar mereka mengerti apa yang Anda bicarakan dan mendukung gagasan-gagasan Anda. Kita harus berikan mereka fakta-faktanya, kita tidak bisa hanya mengatakan kepada orang-orang, “Oke, jadilah vegetarian. Itu baik untuk Anda." Kita harus membangkitkan kecerdasan dan rasa ingin tahu mereka, kita harus memberikan mereka semua bahan yang meyakinkan dan benar, lalu mereka bisa memutuskan bersama. “Baik, kita memilih diet ini." Sebagian besar akan memilihnya. Saya berharap mereka akan mendukungnya setelah Anda dengan giat menyampaikan kepada mereka semua fakta mengenai bagaimana baiknya diet vegetarian dari sudut pandang ilmiah, karena orang-orang hanya percaya pada ilmu pengetahuan.

Dan kemudian tiba persoalan moral. Anda bisa tunjukkan mereka beberapa gambar yang kejam, video yang kejam tentang bagaimana hewan-hewan diperlakukan, dibantai, dan ajukan kepada mereka sebuah pertanyaan, “Bagaimana rasanya jika itu adalah Anda?" Ketika orang melihat bukti dan menghadapi kekejaman tentang bagaimana hewan diperlakukan, saya yakin mereka akan memutuskan untuk melakukan diet vegetarian. Saat ini, ada kecenderungan yang mendunia dimana setiap orang mengetahui bahwa diet vegetarian sangat baik dan diet daging sangat merugikan. Mereka menarik kembali jutaan kilogram, jutaan unit daging karena penyakit yang merugikan di mana-mana. Sampai hari ini, ada banyak negara di dunia yang melakukan itu. Jadi, dapatkan bukti-buktinya dan perlihatkan kepada mereka. Anda tidak pernah tahu apa yang Anda makan. Lebih baik memilih diet yang sehat. Anda tahu, daging impor dan semua itu, Anda tidak pernah tahu apakah mereka itu sehat. Pemerintah sesungguhnya tidak dapat mengawasi setiap potong daging bagi Anda. Ada lubang di mana-mana. Juga terjadi pembusukan, orang-orang biasanya menutup mata dari semua itu atau menganggap bahwa daging itu pasti aman. Kita baru bicara dari sudut kesehatan, belum lagi bicara mengeni isu moral terhadap saudara-saudara kita yang lebih lemah, lebih kecil, tak berdaya. Kita tidak boleh kejam. Kita harus bersikap baik. Kita harus mencintai dan mengasihi mereka karena kita adalah manusia. Setiap kali Anda melihat seseorang yang memperlakukan orang lain dengan manis atau melakukan sesuatu yang baik, Anda mengatakan, “Ia sangat pengasih, itu adalah tindakan yang baik." Anda lihat? Karena kita adalah manusia, kita harus memberi perlakuan yang bersifat manusiawi terhadap seluruh makhluk, termasuk para hewan. Oke, jadi, karena kita adalah manusia, kita harus baik, kita harus welas asih, karena itu adalah sifat kita. Jangan biarkan apapun juga menutupi mata kita sehingga kita melupakannya. Terima kasih atas pertanyaan Anda dan saya doakan semua keberuntungan serta berkat Surgawi melimpahi Anda. Dan saya mencintai Anda karena melakukan ini. Terima kasih.

Ngomong-ngomong, di SupremeMaster TV.com kita punya segala macam resep-resep masakan internasional yang boleh Anda unduh. Anda tidak memerlukan biaya jika Anda ingin mengunduhnya dan menggunakannya. Atau, Anda bisa menghubungi Center-center kami di Korea dan meminta resep-resep gratis. SupremeMasterTV.com juga menyediakan semua informasi ilmiah dan fakta-fakta yang meyakinkan untuk Anda. Anda boleh mengunduhnya jika Anda memerlukannya untuk memberitahu orang lain dan meyakinkan mereka tentang gagasan untuk mengubah pola makan anak-anak di sekolah.

Dari Segala Cara untuk Menyelamatkan Planet, Gaya Hidup Tanpa Produk Hewani Adalah yang Terbaik

Host: Ada banyak cara untuk  menanggulangi pemanasan global dan perubahan iklim. Maha Guru Ching Hai, Anda telah menyarankan cara yang efisien dan efektif, termasuk menggunakan energi yang berkelanjutan, menanam lebih banyak pohon, menghemat energi di mana saja yang bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari kita, dan mungkin yang terpenting, tidak menggunakan produk hewani. Menghindari produk hewani juga termasuk mengikuti diet vegetarian atau vegan. Bolehkah kami meminta tolong Anda untuk berbagi dengan kami lebih terperinci mengenai solusi-solusi ini?  

G: Diet vegetarian sudah mencakup aspek moral, etika, ilmiah, dan jasmani. Bukan hanya karena manfaat moral, etika atau jasmani, tapi karena ini merupakan cara termudah bagi kita untuk ikut serta dalam menyelamatkan planet. Bahkan sebelum pemerintah melakukan sesuatu, sebelum perkembangan teknologi tersedia, kita sudah dapat menghentikan pemanasan global jika kita menarik kembali potongan daging itu dan menggantikannya dengan sepotong protein vegetarian yang kelihatannya mirip, rasanya mirip, dan bahkan lebih baik dalam segala hal - bagi kesehatan kita, bagi jiwa kita, bagi kecerdasan kita, dan bagi kehidupan kita berikutnya di Surga. Kita bahkan akan diberkati sekarang juga, belum bicara tentang kehidupan berikutnya. Jadi, saya kira semua orang akan bergabung dan menjadi vegetarian, itu semua yang saya sarankan, karena itu adalah cara terbaik dan tercepat untuk menyelamatkan planet, dan semua orang bisa melakukannya. Kita bahkan tidak memerlukan teknologi atau energi baru dari pemerintah sekarang. Kita dapat melakukannya, kita dapat melakukan bagian kita sendiri.

Itulah mengapa saya tekankan diet vegetarian. Dan pemerintah kemudian ikut serta di dalamnya dan membantu kita untuk lebih mempromosikan hal ini, wow! Terima kasih banyak. Jika mereka telah mengembangkan teknologi yang lebih baik dan memproduksinya cukup cepat untuk kita gunakan maka sungguh terima kasih. Tapi diet vegetarian, kita harus memulainya saat ini juga. Itu adalah cara terbaik, cara tercepat dan teraman bagi kita serta anak-anak kita. Jika Anda mencintai anak-anak Anda, cobalah diet vegetarian. Terima kasih.

Untuk menyaksikan liputan Supreme Master Television tentang “SOS! Seminar Internasional Pemanasan Global,” silakan kunjungi situs berikut: http://video.Godsdirectcontact.net/magazine/WOW624s.php