Era Vegetarian
 

Jurnalis Vegan yang Cermat

Oleh Grup Berita Filipina (Asal bahasa Inggris)

Ibu Tessa Salazar adalah seorang jurnalis di kolom ilmu pengetahuan dan kesehatan koran Dailiy Inquirer Filipina. Setelah menjadi seorang vegan, Ibu Tessa Salazar menulis beberapa artikel yang membahas secara detail tentang pola makan vegetarian dan kesejahteraan hewan, dan juga sebagai kiat untuk melawan pemanasan global.

Pada artikelnya tanggal 31 Desember 2007 yang berjudul “Gereja Mengimbau untuk Berdoa dan Berlaku Baik terhadap Semua Hewan Ciptaan Tuhan”, dia mengutip kata-kata dari para ahli dan ayat-ayat Alkitab untuk menunjukkan bagaimana hewan seharusnya diperlakukan dan meminta masyarakat untuk memulai Tahun Baru dengan hati yang lebih pengasih. Dia juga menerangkan dengan melampirkan bukti-bukti ilmiah bahwa vegetarisme adalah cara tepat untuk meyelesaikan krisis kelaparan dunia.

Pada terbitan tanggal 4 Januari dan 19 Desember 2008, Ibu Tessa Salazar menulis dua artikel lainnya pada kolom Gaya Hidup di koran yang sama, “Menjadi Vegetarian Merupakan Resolusi Anda di tahun 2008…” dan “Anjuran Dokter kepada Publik, Tinggalkan Daging.” Artikel yang dibahas secara detail ini mendorong gaya hidup vegetarian yang sehat. Ibu Salazar menyimpulkan rangkuman hasil penelitian dari berbagai ilmuwan dan institusi pendidikan yang terkenal bahwa makan daging, khususnya makan daging yang berlebihan selama musim liburan adalah cara untuk ”bunuh diri perlahan” bagi kita dan pola makan vegetarian tidak hanya menigkatkan kesehatan masyarakat, tapi juga mengurangi pemanasan global. Dia juga memberikan saran-saran praktis tentang cara memasak vegetarian dan di mana dapat menemukan restoran vegetarian kepada mereka yang ingin memulai vegetarian.

Surat dari Nona Tessa Salazar

Atas upaya jurnalistik Ibu Tessa Salazar yang berpikiran maju, Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai mengirimkan surat penghargaan kepadanya. Ketika surat itu diterima Ibu Salazar, ia langsung membalas dengan menuliskan, “Saya benar-benar bersyukur atas Surat Penghargaan yang Anda berikan untuk artikel “Anjuran Dokter kepada Publik, Tinggalkan Daging.” Penghargaan seperti ini sangat jarang saya terima, dan ini akan mendorong saya untuk lebih baik lagi setiap kali saya menulis tentang artikel-artikel yang berhubungan dengan kesehatan.... Saya telah menulis beberapa artikel tentang manfaat yang akan diterima masyarakat Filipina bila mereka menjadikan pola makan vegetarian sebagai gaya hidup mereka.” Ia menyatakan bahwa ia kini telah menjadi pemirsa setia Supreme Master Television dan saat ini ia sedang mencari materi dan penelitian terbaru tentang pola makan nabati. Dia berharap agar para anggota asosiasi dan pendukung ”jumlahnya meningkat hingga 6,7 milyar orang di Bumi yang meninggalkan protein hewani, mencintai hewan, mencintai Bumi, dan semua makhluk dan beralih ke pola makan vegan.”

Terima kasih Ibu Salazar untuk menulis artikel-artikel informatif yang penting ini kepada masyarakat. Semoga karir Anda terus berkembang dan semua karya-karya mulia Anda diberkati dengan penuh kesuksesan! 

[1] http://www.animalliberationfront.com/ALFront/Actions-Philippines/PrayforAnimals.htm
[2]http://showbizandstyle.inquirer.net/lifestyle/lifestyle/view_article.php?article_id=110460
[3] http://showbizandstyle.inquirer.net/lifestyle/lifestyle/view/20081219-178971/Forego-meat-docs-advise-public