Love in Action

 

Guru senantiasa peduli atas bencana yang terjadi di seluruh dunia. Apabila menerima berita tentang bencana yang terjadi di manapun, Beliau segera memberikan bantuan dengan menyediakan bantuan finansial serta mengutus tim penolong guna membantu daerah-daerah yang tertimpa bencana. Melalui upaya bantuan tersebut, kami juga menyalurkan kasih Guru kepada para korban bencana. Jelaslah bahwa kasih tanpa pamrih, berkat tidak kasat mata, dan bantuan Guru telah mengurangi bencana di seluruh dunia dan meminimalkan efeknya.

“Terima kasih atas semua bantuan internasional yang telah peduli dan membawakan berbagai kebutuhan kepada para korban yang tertimpa musibah. Terima kasih kepada semua pekerja bantuan yang telah mengorbankan waktu dan mengabaikan kenyamanan pribadi, bahkan bepergian ke tempat yang sangat jauh melewati jalan-jalan dan kondisi yang buruk demi membawa kasih dan bantuan tepat waktu di saat yang dibutuhkan. Semoga Surga memberkati Anda dengan kelimpahan atas kemurahan hati dan pengorbanan mulia Anda.”




Haiti
Mengembangkan Kasih Tak Bersyarat
 
Oleh Tim Bantuan Haiti (Asal dalam bahasa Inggris)

Pada tanggal 12 Januari 2010, dunia menyaksikan dengan ketidakpercayaan saat Haiti dihancurkan oleh gempa bumi besar berskala 7,0 yang merupakan gempa terbesar di Haiti dalam dua abad terakhir. Gempa tersebut, yang disertai dengan serangkaian gempa susulan, berpusat di dekat Kota Leogane, yang berjarak hanya 16 mil dari Ibu Kota Port-au-Prince. Gempa ini merusak dan menghancurkan banyak infrastruktur dan bangunan termasuk Istana Kehakiman, Majelis Nasional, Mahkamah Agung, dan Katedral Port-au-Prince. Diperkirakan 230.000 orang meninggal, 300.000 terluka, dan 1,5 juta kehilangan tempat tinggal.

Bersama dengan banyak organisasi penyelamat internasional lainnya yang antusias, para anggota Asosiasi kami dari seluruh dunia segera membentuk tim bantuan dan menghabiskan waktu tiga bulan ke depan di Haiti, membawa barang bantuan dan penghiburan rohani untuk orang-orang miskin. Selama berada di sana, mereka menyediakan makanan vegan setiap hari untuk ribuan orang, memberikan perawatan medis dan pengobatan untuk anak-anak dan orang-orang yang terluka, dan mendistribusikan makanan, obat-obatan, tenda, mainan, dan pakaian yang sangat dibutuhkan. Ini berkat bantuan finansial dari Maha Guru Ching Hai kami yang penuh kasih yang menyumbangkan dana total sejumlah US$110.000 ditambah sumbangan dari para anggota Asosiasi kami. Salah seorang saudara inisiat China, seorang dokter, dengan sepenuh hati berupaya meringankan penderitaan para korban, bekerja siang malam dan terkadang bahkan merawat 132 pasien dalam sehari di klinik keliling.

Ketika tim dukungan medis kami pertama kali tiba di Republik Dominika pada bulan Januari, mereka membawakan obat-obatan untuk sejumlah rumah sakit di sana bagi pasien dari Haiti yang membutuhkan amputasi atau operasi khusus lainnya. Para dokter sangat berterima kasih atas obat-obatan yang mereka bawa. Begitu tim kami mencapai Haiti, mereka berkecil hati melihat begitu banyak orang terluka di jalan-jalan menunggu transportasi ke fasilitas medis untuk pengobatan yang mereka butuhkan. Untuk membantu meringankan situasi ini, mereka bahkan menggunakan mobil dari Departemen Pertahanan Sipil sebagai ambulans untuk membawa sebanyak mungkin orang ke rumah sakit dimana mereka dirawat dengan cara terbaik yang memungkinkan.

Beberapa hari kemudian, tim kerja kami tiba di Rumah Sakit Advent, yang merupakan pusat kegiatan mereka saat berada di Haiti. Atas permintaan dari para direktur ACTS (Badan Layanan Tim Komunitas Aktif) dan rumah sakit tersebut, mereka mulai mempersiapkan 1.200 porsi makanan dua kali sehari untuk staf rumah sakit, pasien, dan keluarga mereka. Tanggapan terhadap makanan vegan sangat positif dan banyak orang Haiti menantikan santapan harian tersebut. Kemudian, tim harus menyiapkan 3.500 hingga 4.000 porsi sehari untuk memenuhi permintaan tersebut. Banyak non-vegetarian yang terkejut mengetahui betapa lezatnya makanan vegan dan menunjukkan bahwa mereka bisa menjadi vegan jika bahan untuk membuat masakan lezat seperti itu tersedia bagi mereka.

Setiap hari banyak anak laki-laki dan perempuan setempat secara sukarela membantu mempersiapkan dan mendistribusikan makanan. Tanpa bantuan mereka yang terus-menerus, tidak mungkin untuk memasak dan menyajikan santapan dua kali sehari untuk orang sebanyak itu. Direktur Wilayah Pertahanan Sipil Republik Dominika di Santo Domingo, Luis Reyes, juga bekerja tekun dengan tim bantuan kami, untuk memastikan bahwa mereka bisa bepergian bolak-balik dengan aman antara Republik Dominika dan Haiti tiga kali seminggu untuk membawa semua makanan, peralatan, dan barang pribadi yang diperlukan. Upayanya, bersama dengan Hakim dari Croix des Bouquet, Marius St. Pierre, juga sangat penting sehingga memungkinkan untuk mengangkut tenda dan terpal di antara kedua negara, tanpa menemui kesulitan.

Mengetahui bahwa tenda adalah barang langka di Haiti pada waktu itu, tim kami tidak hanya membeli ribuan tenda, tetapi juga mempersiapkan tali dan terpal sehingga bisa mengamankan lebih kuat ke tanah dan lebih terlindungi dari hujan lebat. Alokasi barang-barang ini adalah sebuah tantangan besar, dengan keamanan menjadi prioritas yang sangat diperlukan. Terlepas dari kenyataan bahwa beberapa situasi yang tidak diinginkan muncul di hampir setiap pendistribusiannya, tim setidaknya berbagi kasih mereka dengan orang-orang dan bahagia melihat penerima bantuan mulai tersenyum lagi. Banyak dari mereka mengirim pesan kepada Guru Ching Hai dan mengatakan betapa bersyukurnya mereka kepada-Nya, khususnya mereka yang memiliki anak kecil kurang dari satu tahun. Seorang wanita berkata, "Betapa bahagia tentunya perasaan Guru sebelum beranjak tidur, mengetahui bahwa Ia telah menyelamatkan banyak orang hari ini dengan cinta dan belas kasih-Nya."

Tim kerja kami menemukan beberapa lokasi yang benar-benar membutuhkan makanan, khususnya dua panti asuhan dan dua tempat penampungan. Mereka membeli perbekalan untuk tempat-tempat ini pada dua kesempatan. Pastor Katolik, Romo Pierre, mengatakan bahwa Guru telah menyelamatkan hidup anak-anak, ibu, dan bayi yang tinggal di tempat-tempat penampungan ini karena sebelum itu, tidak ada apa pun yang tersedia untuk mereka makan. Surat terima kasih dari Panti Asuhan PERE ABRAHAM mengungkapkan perasaan tulus mereka:

Kami menghargai tindakan baik ini; sesungguhnya Anda telah menyelamatkan anak-anak kami yang kelaparan. Ini adalah alasan mengapa kami mengangkat Anda dengan julukan "Ibu Agung dari anak-anak panti asuhan PERE ABRAHAM 2010", karena anak-anak kami mencintai Anda dan dapat mengandalkan Anda untuk masa depan yang lebih baik. . . . Kami juga ingin memberitahukan bahwa kami mendukung program SOS Anda. "Kita harus menyelamatkan planet ini dan kita memelopori.” Kami berharap bahwa pesan Anda akan didengar dan diterima oleh para pemimpin dari seluruh dunia. 

Seorang rekan inisiat dari Montreal, Kanada, yang adalah seorang penyanyi profesional, datang ke Haiti pada bulan Maret untuk membantu meringankan keadaan dan menggugah semangat orang-orang dengan bakat musiknya. Dia menyajikan penampilan yang luar biasa di rumah sakit tersebut. Semua orang sangat senang dan bahkan banyak yang menyanyi bersama dia. Sehari sebelum berakhirnya aksi bantuan di Haiti pada akhir bulan April, administrasi Rumah Sakit Advent memberikan penghormatan kepada Guru atas semua bantuan dan kasih yang Beliau berikan untuk para staf, pasien, mereka yang tinggal dekat rumah sakit, serta untuk semua orang di seluruh Haiti.

Semua anggota Asosiasi kami yang pergi membantu di Haiti kembali ke rumah dengan kebahagiaan di dalam hati mereka, karena sekarang negara tersebut menjadi lebih baik dalam banyak hal. Saat ini masyarakat menerima makanan dan tenda dari organisasi-organisasi lainnya. Di ibukota, berbagai kelompok telah menyumbangkan uang guna membantu penduduk setempat dalam pembersihan sampah di kawasan di seluruh Port au Prince yang telah diabaikan selama bertahun-tahun. Lebih penting lagi, anak-anak mulai tersenyum lagi karena mereka lebih sehat dan lebih memiliki kekuatan untuk menikmati hidup mereka. Para anggota tim bantuan bersyukur atas kesempatan khusus ini - untuk melayani dan bertumbuh secara rohani di Haiti. Mereka berterima kasih kepada Guru untuk semua perlindungan, bimbingan, kasih, toleransi, dan kesabaran-Nya, terutama pada saat-saat sulit mereka. Mereka belajar untuk membantu yang paling membutuhkan tanpa memikirkan diri sendiri, dan mengikuti teladan-Nya untuk selalu memberikan kasih tanpa syarat.


 Surat penghargaan dari berbagai kelompok dan organisasi di Haiti

Pengeluaran Maha Guru Ching Hai dan Asosiasi-Nya untuk Aksi Bantuan Bencana Gempa Bumi di Haiti

Keterangan

 Jumlah (US$)

Kuitansi

Tenda, terpal, pakaian anak-anak, dll.

199.274

H1

Makanan, peralatan masak, dan gas propana

163.633

H2

Obat-obatan

80.813

H3

Transportasi

56.715

H4

Akomodasi Aksi Bantuan

5.608

H5

Total

 

US$506.043

 

*Selama aksi bantuan, para anggota tim membayar sendiri ongkos transportasi dan makanan mereka.

 

Untuk melihat Kegiatan Bantuan Kemanusiaan dari Maha Guru Ching Hai dan Asosiasi Internasional Beliau, silakan kunjungi:
http://www.GodsDirectContact.org.tw/humanitarian
(Daftar tersebut dapat dipilah berdasarkan tahun, negara/wilayah, dan jenis kegiatan.)