Lintasan Peristiwa
 

Formosa

Orang-orang dari Seluruh Jalan Kehidupan Mempromosikan Vegan untuk Menyelamatkan Planet
Oleh Grup Berita Formosa (Asal dalam bahasa China)

[Formosa] Pada Tahun Emas 7 (2010), orang-orang dari seluruh jalan kehidupan di Formosa telah mengatur banyak aktivitas yang berbeda untuk mempromosikan ide menjadi vegan untuk mendinginkan Bumi dan juga untuk mengingatkan publik tentang pentingnya peran pola makan vegan dalam menghentikan pemanasan global. Kampanye “Jadilah Vegan, Bertindaklah Hijau untuk Menyelamatkan Bumi” telah menyapu seluruh Formosa sejak pembukaannya.

Di media, beberapa tuan rumah acara TV terkenal bekerja sama dengan Televisi Publik Taiwan yang memproduksi sebuah seri acara berjudul “Pertempuran untuk Menyelamatkan Planet.” Tuan rumah acara mengundang para ahli untuk berbagi pemikiran mereka tentang bencana alam mendunia yang disebabkan oleh pemanasan global dan untuk mendiskusikan solusi yang memungkinkan. Mereka meneriakkan kepada publik untuk makan lebih banyak buah dan sayur, dan mengurangi konsumsi daging untuk menyelamatkan Bumi.

Untuk membantu orang-orang mengerti tentang kerugian dari konsumsi daging, Presiden Asosiasi Iklan Kesejahteraan Publik Formosa, Tuan Xu Zhongren, mendorong para agen iklan di Formosa untuk menayangkan iklan TV 30 detik “Kurangi Daging, Selamatkan Bumi dan Selamatkan Taiwan” dimulai sejak 1 April. Beliau juga meminta anggota asosiasi untuk memasang poster “Selamatkan Taiwan, Kurangi Makan Daging” di tempat penjualan eceran. Perusahaan Toko Berantai Presiden, sub-grup Perusahaan Logistik Presiden dimana Tuan Xu bekerja dengan segera merespon dukungan atas idenya. Sejak April, seluruh toko mereka telah menjual banyak merek makanan vegan beku.

Berbagai grup religius di Formosa juga sedang mempromosikan vegetarisme dengan antusias. Mereka telah bekerja bersama dengan banyak restoran untuk mendorong orang-orang untuk menjadi vegan sebagai sebuah cara untuk memurnikan tubuh, pikiran, dan linkungan. Mereka juga menyebarkan makanan vegan gratis bagi publik. Sebagai tanggapan atas permintaan dari Guru Cheng Yen tentang “Pola Makan Vegetarian adalah Keharusan,” Rumah Sakit Tzu Chi Taipei mengatur acara doa vegetarian meminta orang-orang untuk mengikuti pola makan vegetarian murni selama bulan Juli untuk penyucian spiritual. Dipimpin oleh direktur rumah sakit, sekitar 500 partisipan – termasuk staf, sukarelawan, dan pasien – bergabung dalam acara ini. Universitas Pengobatan, Perawatan dan Manajemen Santa Maria Yi Lan mengajak murid-muridnya untuk bebas dari daging pada hari Senin. Mereka juga menjadwalkan hari bebas daging yang didukung oleh Parish untuk mencapai tujuan melindungi Bumi seperti yang diinstruksikan oleh Paus Benedict XVI.

LSM di Formosa telah membangun platform untuk “Senin Tanpa Daging” dan menyebarkan pesan melalui berbagai aktivitas. Sekarang, bahkan restoran yang menyediakan makanan daging sebagai menu utama telah mulai memperhatikan “Senin Tanpa Daging.” Tuan Xu Xianghong, Presiden Asosiasi Promosi Rantai dan Waralaba Taiwan, dan Tuan Huang Xian Xiang, Presiden Grup Makanan Internasional Xiang Xin, menghadiri aktivitas hari tanpa daging. Tuan Huang juga meminta restoran dagingnya untuk mendukung sepenuhnya kampanye “Senin Tanpa Daging.”

Aktivitas akar rumput yang diluncurkan oleh grup umum ini telah diakui oleh pemerintah Formosa. Sekarang, Legislatif Yuan dan agen pemerintah lainnya sedang ambil bagian dalam kampanye Selamatkan Bumi. Pada akhir April, Komite Perencanaan dan Pengembangan Ekonomi Formosa mendirikan “Saluran Tinjauan Daya Guna Pengurangan Karbon.” Pada tanggal 5 Juni, Hari Lingkungan Dunia, President Formosa, Tuan Ma Yin-jeou, mengumumkan Hukum Pendidikan Lingkungan yang mewajibkan seluruh organisasi, institusi umum, taman kanak-kanak, sekolah dasar dan kantor pemerintah untuk berpartisipasi dalam program pendidikan lingkungan setidaknya 4 jam setiap tahun sehingga kesadaran akan perlindungan lingkungan mengakar di kehidupan orang-orang.

Kantor Pendidikan Formosa, Komite Ilmu Pengetahuan Nasional, dan Museum Iptek Nasional semua bergabung bersama untuk membangun pameran perubahan iklim pertama dengan tema “Musim Ilmu Pengetahuan 2010: Cintai Bumi dengan Tindakan Pameran Perubahan Iklim.” Selama pidato pembukaannya, Menteri Pendidikan, Tuan Wu Qinji, meminta semuanya untuk mengurangi konsumsi daging dan bekerja bersama untuk mengurangi emisi karbon, menunjukkan lebih banyak cinta bagi planet. Walikota Taipei, Tuan He Longbin; Walikota Tao Yuan, Tuan Wu Chiyang; Walikota Hsinchu, Tuan Shu Ming Tsai; Walikota Kaohsiung, Tuan Chen Ju; dan Walikota Pingtung, Tuan Cao Chihong semua mengekspresikan dukungan mereka bagi kampanye “Jadilah Vegan untuk Menyelamatkan Bumi” secara publik dan mendorong semua orang untuk mengikuti teladan ini.

Berita yang paling menyemangati adalah generasi yang lebih muda di Formosa mengerti pentingnya mengadopsi pola makan vegetarian untuk melawan pemanasan global dan mereka telah mengambil tindakan. Berdasarkan statistik tidak resmi, sejak dimulainya kampanye “Senin Tanpa Daging,” enam puluh persen sekolah di Formosa telah merespons atas permintaan untuk makan siang tanpa daging dengan frekuensi berbagai macam mulai sekali seminggu hingga sekali sebulan. Kantor Pendidikan Kota Taipei mendesain tahun ini sebagai “Tahun Pendidikan Ekologi” dan mempromosikan “Satu Hari Vegetarian Seminggu” untuk tujuan perlindungan lingkungan dan membantu murid-murid membangun kebiasaan pola makan mengurangi daging dan makan lebih banyak buah dan sayur.

Anggota Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai selalu bekerja diam-diam di balik layar dari aktivitas promosi spontan ini. Teman inisiat dari negara lain, kotapraja, dan kota lain telah mengadakan hampir seribu seminar di berbagai sekolah, organisasi, perusahaan dan komunitas. Mereka juga telah menyebarkan selebaran informatif secara reguler. Cinta dan usaha yang telah dibawa oleh Guru dan rekan inisiat menunjukkan banyak hasil yang baik. Dengan lebih banyak orang bergabung dalam lingkaran pola makan nabati di Formosa, jumlah vegetarian/vegan telah meningkat dari dua juta (sebagian besar para penganut kepercayaan) menjadi emapt juta. Hingga tahun ini, penjualan untuk makanan kemasan vegan yang dijual di empat toserba berantai utama telah mencapai 500.000 yang mana 2,9 kali lebih baik dibanding jumlah yang terjual pada 2008. Kami berharap supaya semua orang mengadopsi pola makan vegan yang sehat dan mendukung Bumi di masa depan untuk menyelamatkan dunia kita yang berharga.