Anjing dapat melihat aura dari manusia. Itulah mengapa ada anjing yang menggonggong pada orang tertentu dan tidak menggonggong pada orang yang lainnya. Jadi adalah benar tentang adanya hal kekuatan spiritual atau energi yang berbeda dari setiap orang.

~ oleh  Maha Guru Ching Hai

 

Pada tanggal 7 Mei 2002, ketika saya sedang berkeliling, melalui perbatasan Panama dengan bis, petugas imigrasi setempat meminta semua penumpang untuk membariskan koper-koper mereka untuk pemeriksaan obat-obatan terlarang oleh anjing pelacak.

Sang anjing dengan penuh kesetiaan melaksanakan tugas dengan mencium setiap koper tanpa kecuali. Tetapi, ketika dia datang ke koper saya, dia melampauinya tanpa menciumnya sekalipun. Dan ketika dia memutar untuk memeriksa sisi yang lainnya dari deretan koper yang sama, dia mencium setiap koper dan melewati koper saya untuk kedua kalinya. Saya pikir ini adalah luar biasa dan menjadi sangat ingin tahu. Mengapa anjing itu sangat yakin sampai dia tidak mencium koper saya? Mungkin saja masuk akal kalau mengatakan bahwa anjing itu sangat sensitif dan sadar bahwa tidaklah perlu untuk memeriksa koper saya sebab saya sesungguhnya tidak membawa obat terlarang apapun. Tetapi, koper orang lainpun lolos pemeriksaan, yang berarti pula bahwa mereka juga tidak membawa obat-obatan terlarang. Tetapi anjing  itu tetap memeriksa setiap koper dengan "keahlian hidungnya." Satu-satunya penjelasan yang dapat saya pikir adalah bahwa foto Guru di dalam koper saya itu bercahaya ataukah ada tanda yang tak terlihat dari koper saya yang memberikan pesan yang seketika bahwa tidak perlu diperiksa.

Pada kesempatan lain, ketika saya mengunjungi negara yang lain dan mendapatkan bahwa ada seekor anjing yang menetap di center setempat,  juga sangat bijaksana dan sensitif. Dia bisa membedakan antara inisiat dan yang bukan inisiat meskipun dia berada ratusan meter dari tamu yang datang dan berada di belakang pintu gerbang center. Jika tamu yang datang itu bukan seorang saudara sepelatihan, dia akan menggonggong. Tetapi jika tamu itu seorang inisiat, dia akan bergegas keluar untuk menyambut mereka tetapi tidak menggonggong.

Dia tidak pernah menggonggong pada saya setelah saya tiba di center, melainkan selalu mengawal saya, kadang berjongkok di luar kamar atau kantor saya tetapi tidak pernah melanggar masuk ke dalam. Kemudian jika saya pergi ke sudut lain dari center, dia akan mengikuti saya dengan seketika. Dia juga sangat ramah terhadap semua Utusan Quan Yin yang mengunjungi center. Anjing itu sungguh-sungguh seekor anjing pengawal, berbadan besar dan dengan serius menjaga center setiap hari. Banyak orang yang takut padanya karena kadang-kadang dia menggigit.

Beberapa saudara sepelatihan menghubungkan pengalaman mereka tentang bagaimana anjing itu menggonggong pada mereka bahkan berusaha untuk menggigit mereka sebelum mereka diinisiasi dan bagaimana dia berhenti melakukan itu setelah mereka diinisiasi. Kelihatannya inisiasi menganugerahi kita dengan tanda khusus atau getaran yang membuat anjing itu mendeteksi perbedaan yang jelas. Tetapi, anjing itu tetap menggonggong pada beberapa inisiat yang mungkin tidak berlatih dengan serius.

Anjing itu juga punya kemampuan telepati dan selalu mengerti ketika seseorang berusaha untuk berkomunikasi dengannya. Sebagai contoh, suatu waktu seorang saudari sepelatihan datang untuk suatu urusan penting dengan utusan Quan Yin pada larut malam dan anjing itu keluar ke semak-semak dekat pintu gerbang untuk menyambutnya. Saudari  itu kemudian menyuruhnya pergi duluan dan dia menurut. Pada saat lain, saudari itu ditugaskan untuk menjual mobil milik center. Ketika dia membiarkan pembeli membawa mobil itu ke luar, anjing itu berlari mengelilingi mobil itu dengan panik. Tetapi ketika saudari itu menjelaskan bahwa mobil itu dijual atas instruksi dari Guru, dia menjadi tenang dan duduk dengan tenang. Saudari itu berbicara dalam bahasa Cina dan bukan dengan bahasa Spanyol yang dipakai oleh orang setempat, dan anjing itu mengerti. Suatu hari, saya berpikir bahwa anjing ini sangatlah bertanggung jawab dan merasa kasihan kalau dia tidaklah bertingkah laku seperti anak yang lucu dan senang bermain. Sesaat kemudian, dia datang pada saya dan menyentuh-nyentuh kaki saya dengan hidungnya, menandakan bahwa dia ingin bermain dengan saya.

Anjing itu pada mulanya datang ke center dengan sendirinya, dan beberapa di antara kami bergurau kalau anjing itu dikirim Tuhan dengan misi khusus untuk menjaga center ini. Temannya yang juga dari turunan yang sama, sering mengunjunginya. Teman anjing itu lambat laun pergi dan dia tetap tinggal, tidak pernah melalaikan tugasnya ataupun menyelinap keluar untuk bermain. Tidak lama berselang, ketika dia tahu bahwa tempat ini telah terurus dengan baik, dia menyerah pada usia tua dan meninggal dalam damai di samping kali kecil yang melalui center. Kami semua merasa sangat kehilangan dia!

Guru pernah berkata bahwa anjing dapat melihat aura dari manusia. Itulah mengapa ada anjing yang menggonggong pada orang tertentu dan tidak menggonggong pada orang yang lainnya. Jadi adalah benar tentang adanya hal kekuatan spiritual atau energi yang berbeda dari setiap orang." (Disampaikan oleh  Maha Guru Ching Hai dalam Bahasa Inggris, selama Retret Natal 4-hari di Florida, 26 Desember, 2001, Majalah News No. 131) Cerita tentang dua ekor anjing ini merupakan bukti dari kebenaran kata-kata Guru!

Cerita tentang Seekor Kucing Vegetarian - Si "Bighead" Kecil
Dua Ekor Anjing yang Bijaksana dan Pandai
Ibu Belut yang Pengasih