Tanya Jawab Pilihan

Mendukung Perlindungan Lingkungan dan Menyelamatkan Planet Kita


Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, New York, AS,
4 Agustus 1999 (asal dalam bahasa Inggris) Kaset Video #664


T: Jika Anda berpikir bahwa kita sedang memasuki Zaman Emas, apakah dunia ini akan bertambah baik?

G: Ya, Apakah Anda tidak merasakan bahwa dunia ini sedang bertambah baik?

T: Masalahnya adalah asap mobil, mereka perlu menemukan solusi-solusi yang lebih baik karena saya tidak menyukai asap.

G: Itu betul. Ini sangat buruk sekali. Ketika saya melihat mobil mengeluarkan asap dan menghirupnya, ini membuat saya merasa sangat buruk juga. Tiap kali saya harus pergi ke kota untuk beberapa alasan dan saya tertahan dalam lalu-lintas, seperti apa yang terjadi pada Anda setiap hari, saya merasa sangat kasihan pada Anda, sangat kasihan.

Tetapi Anda lihat, dunia ini tidak terdiri dari kita saja, tetapi juga terdiri dari suatu badan birokrasi yang besar dan hukum dengan segala jenis aturan yang tidak perlu di dalamnya, segala jenis usaha dan organisasi-organisasi yang gila pada keuntungan. Kadang-kadang orang menciptakan barang bagus, tetapi mereka tidak mempublikasikannya dengan segera karena cara kerja yang berbeda dari dunia usaha.

Bumi kita mungkin sudah jauh lebih baik dari sekarang jika masyarakat menerima banyak penemuan ratusan tahun yang lalu, tidak baru sekarang. Tetapi orang kadang kala cemburu terhadap sesamanya, bahkan di antara orang-orang besar, ilmuwan-ilmuwan, usahawan atau wiraswastawan. Mereka menjadi cemburu pada sesama dan membuat masalah. Kadang kala mereka memusnahkan sebuah penemuan yang baru saja dikembangkan, kadang kala mereka membinasakan penemunya; kadang kala mereka menutupinya; kadang kala mereka mengubahnya dan lain sebagainya. Sehingga dunia kita tidak menjadi lebih baik dari yang seharusnya.

Ya, otomotif kita buruk: Anda benar. Mungkin Anda harus memulai sesuatu. Anda dapat menulis sebuah slogan di jalan: “Hentikan semua asap ini; ciptakan sesuatu yang lebih baru!"

Sementara itu, apa yang dapat kita lakukan ? Kita memiliki banyak kelompok pelindung lingkungan seperti Green Peace dan beberapa “greens” yang lain. Ada banyak kelompok greens yang berbeda di negara-negara berbeda. Tetapi orang harus dididik sejak kecil tentang tanggung jawab yang harus dipikul dirinya. Sebagian besar orang masih belum dididik ke arah ini, atau arah-arah tertentu. Mereka pergi ke sekolah tetapi mereka tidak mempelajari logika seperti ini. Hal-hal penting tidak diajarkan di sekolah, dan itulah masalahnya.

Orang-orang berkata, “Ya, lihat! Kami memotong pohon karena kami membutuhkannya. Sekarang kami sudah memotong satu pohon, kami akan menanam dua atau lebih pohon.” Tetapi memotong begitu banyak pohon sudah membuat cuaca yang mematikan, sekarang ada cuaca yang mematikan di Amerika. Banyak orang mati pada musim panas ini karena terlalu panas. Tetapi mereka masih saja tidak mengacuhkan peringatan ini; mereka masih saja memotong pohon dan melakukan segala hal yang berbahaya pada lingkungan seperti bahan-bahan kimia dan lain sebagainya.

Kalian tidak dapat menghentikan semuanya. Memang kedengarannya enak, menanam dua pohon setiap kali kita memotong satu pohon, tetapi satu pohon yang kita potong membutuhkan waktu ratusan tahun untuk tumbuh. Dan dua pohon yang ingin kita tanam akan memakan waktu ratusan tahun agar bisa menghasilkan udara dengan jumlah yang sama seperti yang dapat diproduksi oleh pohon tua itu.

Jika hutan Amazon dipotong, bahkan jika hutan yang lain sudah ditanamkan kembali, kita tetap harus menunggu beratus tahun agar pohon-pohon itu dapat tumbuh sampai pada suatu kapasitas yang dapat memproduksi oksigen dan menetralisir racun-racun di udara seperti yang dilakukan oleh pohon-pohon di Amazon. Ini tidaklah seperti jika kita memotong pohon dan menanamnya, maka hasilnya akan sama saja. Mungkin ukurannya sama, tetapi kapasitasnya tidaklah sama. Sebagai contoh, selain bertambah jenius, kita semua juga semakin bijaksana seiring dengan pertambahan usia. Ukuran kita tetap sama, wajah kita tampak sama, tetapi kebijaksanaan kita tidaklah sama dan pengalaman kita tidaklah sama. Sama halnya, pohon-pohon butuh waktu agar mampu menetralisir racun-racun di udara dan menghasilkan keseimbangan yang kita butuhkan untuk selamat.

Jadi, selain perjuangan spiritual kita, kita tidak dapat berbuat banyak. Kita tidak dapat menghentikan semua orang yang berbisnis dengan memotong pohon dan menimbun kekayaan sendiri dengan mengorbankan kita dan anak-anak kita. Mereka berpikir bahwa mereka sedang menjalankan usaha yang baik dan mereka telah membuka banyak lapangan kerja bagi orang lain, tetapi pada waktu yang sama mereka melakukan banyak kerusakan yang bersifat jangka panjang bagi planet ini, yang disebabkan oleh pemotongan pohon dalam jumlah banyak, yang merupakan alat untuk melindungi kehidupan planet ini.

Jika kita terus memotong seperti ini, mungkin dalam waktu yang sangat cepat planet kita akan menjadi seperti Mars. Mars penuh dengan debu, gas beracun dan polusi yang  menyebabkan kita tidak dapat bertahan hidup. Apa pendapat Anda tentang keadaan Mars sebelumnya? Mungkin Mars adalah seperti kita sebelumnya, hingga kita menghancurkannya.

Tidak apa-apa: Kita akan melakukan yang terbaik dan berharap semoga dunia akan belajar. Sebarkan informasi apa pun yang Anda ketahui kepada siapa pun yang kalian kenal, paling tidak secara fisik. Jangan memotong terlalu banyak pohon, ini dapat membunuh diri Anda, anak Anda, bahkan cucu Anda. Walaupun sekarang Anda mempunyai banyak uang, tetapi Anda tidak dapat membeli nyawa mereka kembali, ketika mereka mendapatkan kanker kulit dan sakit; atau Anda menjadi sakit dan panas mungkin membunuh kita semua. Jadi, Anda harus berbagi apa saja yang Anda ketahui.

T:Bersatu dengan Tuhan dan Mengetahui bahwa Semua Hal Ada Sebabnya
T:Mendukung Perlindungan Lingkungan dan Menyelamatkan Planet Kita
T:Melepaskan Keduniawian Tergantung pada Pribadi Masing-Masing
T:Tapa Brata Tidak Dapat Menghapus Halangan Karma
T:Membangkitkan Kekuatan Penyembuhan Kita yang Terpendam


Artikel-Artikel yang Berkaitan

Liputan Media~Vegetarianisme: Solusi Terbaik untuk Krisis Air Dunia /
Tahun Ini Lubang Ozon di Kutub Selatan Menjadi Lebih Kecil
Wawasan tentang Alam~Selaras dengan Alam Sangatlah Penting bagi Kelangsungan Hidup Umat Manusia
Tanya Jawab Pilihan~Mendukung Perlindungan Lingkungan dan Menyelamatkan Planet Kita