Korespondensi Antara Guru dan Murid-Murid


Perayaan Bijaya Dashami dan Deepawali

Oleh saudara-inisiat Dilip Gautam, Kathmandu, Nepal
(Asal dalam bahasa Nepal)

11 Oktober Tahun Emas 2

Guru Terkasih, Bijaya Dashami, hari kesepuluh dari Festival Dashain¹ di Nepal yang menandai kemenangan Kebenaran atas kejahatan telah tiba. Semoga suka cita, kedamaian, kemakmuran, dan kebahagiaan dalam Tuhan selalu menyertai-Mu. Kiranya Engkau menganugerahkan cinta dan kebahagiaan abadi kepada jiwa kami yang penuh rindu di saat yang indah ini.


   Bunda Suci Terkasih,
   Aku tidak tahu bagaimana berdoa kepada-Mu;
   Aku tidak tahu bagaimana menyanyikan pujian bagi-Mu!
   Aku tidak tahu bagaimana memanggil-Mu;
   Aku tidak tahu bagaimana bermeditasi.

Aku pun tidak tahu kitab suci atau kisah-kisah di dalamnya;
Aku tidak tahu berbagai posisi, atau menangis penuh kesedihan
tetapi Bunda Suci, aku tahu satu hal—
Aku tahu bagaimana berlutut di Kaki Suci-Mu, hanya mengikuti-Mu,
Obat mujarab bagi semua kesedihan.

Jalan menuju Kebenaran dan pencerahan tidak selamanya penuh kebahagiaan; duri-duri kesedihan, kesusahan, dan kecemasan sering kali menghalangi kita untuk mencapai Kerajaan Tuhan. Kiranya Engkau terus memenuhi hati kami dengan keberanian, semangat, kerendahan hati, dan ketekunan agar kami dapat mengatasi semua rintangan ini. Sebagaimana Guru mengatakan, janganlah kebahagiaan ataupun kesedihan dunia ini mengalihkan kita dari kehidupan spiritual kita.

Deepawali², Festival Cahaya agama Hindu, dirayakan di Nepal setelah Dashain. Pada saat itu, semua rumah, pintu, dan jendela dihias dengan berbagai lilin warna-warni dan Diyos—lampu minyak berukuran kecil. Kiranya Guru memberkati kehidupan kita dengan cahaya warna-warni dari Surga.
Marilah kita mengucap syukur kepada Guru batin kita dan berdoa bersama:


Kemenangan bagi Tuhan,
Kemenangan bagi Guru,
Kemenangan bagi Murid-Murid-Nya!



Kami mengucapkan Selamat Hari Bijaya Dashami dan Deepawali kepada-Mu.

Yang merindukan Guru di Saat Bahagia ini, Dilip Gautam Kathmandu, Nepal


Catatan 1: Dashain adalah festival tahunan terbesar di Nepal yang dirayakan selama lima belas hari. Setiap tahun, Dashain berlangsung selama bulan bercahaya terang (selama dua minggu) dan berpuncak pada hari bulan purnama pada akhir September atau awal Oktober. Festival ini merayakan kemenangan Kebenaran dan Kebajikan atas kejahatan dan mengingatkan kita untuk saling mengasihi dan menaruh keyakinan penuh kepada Bunda Suci agar dapat mencapai pembebasan dan pencerahan.

Catatan 2: Deepawali, festival terbesar kedua di Nepal, dirayakan selama lima hari setelah Dashain. Perayaan ini dimaksudkan untuk membawa kegembiraan bagi keluarga dan memperkuat cinta kasih di antara saudara dan saudari. Pada hari ketiga Deepawali, berbagai lilin indah dan cahaya warna-warni ditempatkan di setiap rumah, pintu, dan jendela. Kembang api pun menerangi langit malam. Cahaya kembang api yang penuh warna mengingatkan kita bahwa dunia ini hanyalah tiruan buruk dari Rumah kita yang sejati yang sangat kita rindukan.