Wejangan Guru

 

Tegakkan Kerohanian dan Biarkan Bersinar
di Atas Segalanya

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai,
Retret Internasional Empat-hari,
Washington DC, AS, 24 Desembar 1997
(Asal dalam bahasa Inggris)
DVD #604

Di dunia ini tidak ada yang lebih berharga daripada menjadi satu dengan Tuhan.  Andaikan Anda menjadi raja bagi seluruh dunia, lalu apa?  Apakah Anda dapat makan enam kali sehari dan menjadi gemuk?  Jika begitu, Anda akan mendapat masalah di kemudian hari; Anda harus menjalani terapi penyedotan lemak, diet, olahraga yang mengeluarkan banyak keringat; dan itu saja mungkin tidak dapat membantu.  Misalkan Anda menjadi presiden sebuah negara, lalu apa? Apa lagi yang kita miliki?  Kita tetap pergi dengan tangan kosong.

Kita boleh saja mencari uang dan bekerja keras untuk menjadi sukses selama kita melakukannya sebagai olahraga. Sebagai contoh, jika kita pergi ke sebuah lapangan bola atau basket, kita harus bermain sebaik mungkin.  Tetapi, itu bukan satu-satunya hal yang harus kita lakukan di dunia ini.  Itu hanya sambilan saja.  Jika kita tidak mengingat ini, maka walaupun kita duduk untuk waktu yang lama, kita tetap tidak memiliki pengalaman.

Mereka yang memiliki pengalaman juga harus mengingatkan diri sendiri supaya jangan terlalu bangga atau terlalu santai karena masih banyak yang perlu ditempuh.  Selalu ada tingkat yang lebih tinggi.  Tidak ada akhir, tidak ada "atap" bagi pencapaian kita.  Itu bukan seperti saat Anda mencapai puncak lalu selesai, tidak seperti itu.  Selalu ada yang lebih bahagia, kebahagiaan rohani yang lebih menanti kita di setiap langkah perjalanan, di setiap tingkat kesadaran.

Jadi, kita harus terus, dan hal itulah yang berharga bagi kehidupan kita; jika tidak, walaupun kita hidup sampai ratusan tahun, lalu apa?  Makan, tidur, dan menonton TV, itu saja. Tidak ada banyak hal yang dilakukan; kadang kala di sini sangat membosankan.  Jadi, jika Anda berterima kasih kepada saya, saya pikir saya pantas mendapatkannya! (Guru dan semua orang tertawa).  Karena saya telah mengajarkan Anda teknik untuk melewati waktu Anda di dunia yang membosankan ini.  Andaikan Anda tidak memiliki meditasi, maka kehidupan Anda akan sangat membosankan!

 


Dan jika kita tidak dapat menyeimbangkan antara kerohanian dan materi, maka kita harus meninggalkan salah satunya. Jadi, pilihan terletak di tangan Anda. Kita harus memilih kemajuan rohani di atas pendapatan materi, tentu saja; tetapi saya tidak akan memaksa Anda untuk memilih salah satu.  Saya hanya dapat mengatakan hal ini kepada Anda: uang dan ketenaran adalah alat yang sangat ampuh yang digunakan oleh Maya untuk menjepit cita-cita rohani kita. Jadi, berhati-hatilah.