Perkembangan Positif di Bumi

 
 
Cina
 
 

 

Konferensi Lingkungan Hidup
Membuka Era Baru di
Cina

Oleh Grup Berita Florida (Asal dalam bahasa Inggris)

Pada bulan April 2006, ada suatu peristiwa bersejarah yang terjadi di Shanghai. Para pemimpin lingkungan hidup Cina hadir bersama di Gedung Konser Shanghai dan berbicara secara terbuka mengenai krisis lingkungan hidup di Cina. Peristiwa ini juga disiarkan ke seluruh dunia oleh CNN.

Beberapa tahun yang lalu peristiwa seperti ini tidak pernah terpikirkan dapat terjadi. Peristiwa ini melambangkan munculnya gerakan pelestarian lingkungan hidup yang menyeluruh di Cina. Gerakan ini adalah hasil dari kebijaksanaan para pemimpin di Cina. Badan Pelestarian Lingkungan Hidup Nasional (SEPA), yang ditingkatkan statusnya menjadi kementerian di tahun 1998, baru-baru ini mengumumkan rencana  yang menghabiskan 156 miliar dolar AS dalam lima tahun mendatang untuk melestarikan lingkungan. Yang paling menarik, beberapa bulan yang lalu, badan ini menandatangani perjanjian dengan badan yang setara di Amerika Serikat (EPA) untuk bekerja sama dalam masalah  lingkungan hidup. Kerja sama ini menciptakan koalisi yang belum pernah terjadi sebelumnya di antara kedua negara yang merupakan raksasa ekonomi dan penghasil polusi terbesar di dunia.

Perjanjian bilateral SEPA-EPA ini memperlihatkan keterbukaan dari pemerintah Cina untuk bekerja sama dengan berbagai instansi dalam memecahkan masalah lingkungan hidup. Badan ini juga bekerja sama dengan organisasi-organisasi nonpemerintah di Cina, yang 15 tahun lalu merupakan organisasi terlarang di Cina. Dalam sepuluh tahun terakhir, jumlah organisasi nonpemerintah berkembang dari 1 menjadi lebih dari 2.000. Kelompok ini menjadi lebih menonjol sejak berhasil mencegah pembangunan dam raksasa di Sungai Nu, suatu aksi yang menjadi aspirasi di Cina.

Saat ini, semua pihak, baik pemerintah maupun organisasi nonpemerintah bekerja sama untuk membersihkan Beijing sebagai persiapan Olimpiade 2008.  Ini menjanjikan peningkatan standar lingkungan hidup di negara itu, seperti yang terjadi di Jepang dan Korea yang menjadi penyelenggara olimpiade-olimpiade sebelumnya.

Kemungkinan akan kemajuan lingkungan hidup yang pesat di Cina hampir tidak terbatas. Baik kalangan pemerintah pusat maupun penduduk di Cina sedang mengalami peningkatan kesadaran terhadap lingkungan hidup. Penduduk Cina optimis bahwa milenium baru akan membawa keberhasilan dengan berlandaskan pada gaya hidup kuno yang percaya bahwa kemakmuran akan tercapai jika kita harmonis dengan alam.

 

Beritahu teman tentang artikel ini