Tanya Jawab Pilihan

 

Belajar Berbelas Kasih
dari Hal-Hal yang Kecil

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai,
Brisbane, Australia, 20 Maret 1993
(Asal dalam bahasa Inggris) Kaset Video #337

T: Apa yang harus dilakukan seseorang yang tidak berbelas kasih (seseorang yang tidak punya belas kasih, tetapi dia sadar bahwa dia tidak punya belas kasih)  terhadap dirinya sendiri? Pura-pura mempunyai belas kasih atau memperolehnya secara bertahap?

G: Saya sarankan yang kedua. [Gelak tawa] Jika kita tidak mempunyainya, lalu setidaknya kita mulai belajar. Saya tidak akan mengatakan pura-pura berbelas kasih, tetapi belajar berbelas kasih. Sama seperti seorang murid yang tidak bisa berbahasa Inggris, tetapi dia bisa mengikuti ucapan dari gurunya. Walaupun dia tidak mengerti semua perbendaharaan kata dalam literatur Inggris, paling tidak dia belajar beberapa kalimat dan mengingat beberapa halaman setiap harinya hingga dia dapat menyelesaikan kursusnya. Setiap orang harus belajar. Tidak ada yang gadungan, itu hanya karena dia belum belajar. Tidak ada orang yang mengajarnya dan dia tidak berlatih seni berbelas kasih. Cobalah lakukan dalam hal kecil dan perlahan-lahan tingkatkan hingga Anda benar benar penuh belas kasih tanpa disadari, tanpa dengan sengaja berbelas kasih.

Alam Tertinggi Dilandasi oleh
Kasih dan Karunia

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Stockholm, Swedia, 31 Mei 1999
(Asal dalam bahasa Inggris) Kaset Video #655 (Bagian 1)

T: Apa itu hukum alam semesta?

G: Hukum alam semesta ada dua tingkatan: Yang satu adalah hukum kasih dan karunia yang absolut, lainnya adalah hukum sebab akibat. Ketika kita berada pada dimensi yang lebih tinggi dari Kerajaan Allah, kita hanya mempunyai kasih dan karunia; itulah satu-satunya hukum. Tetapi, saat kita berada pada tingkat yang lebih rendah dari alam semesta seperti dimensi fisik ini, kita harus terikat oleh hukum sebab akibat. Itulah maksud dari apa yang kau tabur, itulah yang akan kau tuai di dalam Alkitab.

Jadi, kebanyakan orang yang tidak berhubungan dengan Tuhan harus menderita karena hukum sebab akibat. Tetapi, bagi yang bisa naik ke dimensi yang lebih tinggi, mereka hanya menikmati karunia dan kasih. Tuhan tidak pernah menghakimi kita.

 

  <<
Beritahu teman tentang artikel ini