Era Vegetarian

 

Petugas Pemadam Kebakaran Mulai Bervegetarian

♥♥♥♥

 

Oleh Vincent Nguyen, Center Virginia, AS (Asal dalam bahasa Inggris)

Texas terkenal dengan koboi-koboinya yang bercelana jin biru, topi besar, dan ikat pinggang kulit dengan gesper besar. Orang-orang Texas juga dikenal sebagai pemakan daging dalam jumlah yang besar. Maka, ketika lima orang petugas pemadam kebakaran di ibu kota negara bagian Austin beralih ke diet vegetarian, hal ini bagaikan sebuah kejutan besar bagi penduduk setempat, begitu pula bagi media di seluruh Amerika.

Menurut situs mereka, www.engine2.org,  saat ini di kota Austin ”… wanita-wanita dalam BMW berhenti di samping mobil-mobil pemadam kebakaran, menanyakan apakah mereka adalah petugas pemadam kebakaran yang vegetarian. Mereka pun kecewa jika mereka mendapatkan jawaban, “Bukan, mereka ada di  Engine 2.”

Sebuah restoran setempat menciptakan semacam hidangan utama dengan nama mereka: “Roti Lapis Veggie Engine 2.” Selain itu, Masyarakat bagi Perlakuan Etis terhadap Hewan (PETA)  memberikan mereka penghargaan “Pemadam Kebakaran Ramah Hewan Tahun ini.“

Semuanya dimulai dengan  tes kolesterol rutin. Asosiasi Jantung Amerika menggolongkan setiap orang dengan tingkat 240 mg atau lebih sebagai berisiko tinggi. Rae, spesialis yang baru berumur 37 tahun, mendapati bahwa kolesterolnya 344. Semua anggota keluarganya yang pria telah meninggal karena penyakit jantung sebelum usia 60 kecuali ayahnya yang selamat setelah menderita serangan jantung dan kemudian menjalani operasi bedah pintas tiga koroner (operasi triple bypass) di pertengahan usia ke 50.

Setelah mendengar hasil tes darah itu, anggota pemadam kebakaran lainnya, Spesialis Esselstyn, 43, meyakinkan Rae untuk beralih ke diet vegetarian. Esselstyn telah menjadi atlet triatlon profesional selama sepuluh tahun sebelum bergabung dengan pos pemadam kebakaran di tahun 1997. Ia menjadi seorang vegetarian pada tahun 1986 dan menjadi seorang vegan di tahun 2002. Ayah Esselstyn, Dr. Caldwell B. Esselstyn Junior adalah seorang ahli bedah umum di Klinik Cleveland. Klinik ini disebut oleh U.S.News & World Report (Berita dan Laporan Dunia Amerika Serikat) sebagai salah satu dari empat rumah sakit nasional yang utama.[1]  Dr. Esselstyn melakukan suatu percobaan selama 12 tahun pada pasien yang didiagnosis mengidap penyakit jantung mematikan.

Studi menunjukkan bahwa “…Sekalipun semua orang Amerika menjaga kolesterol mereka di bawah 200 mg/dL, sebagaimana dianjurkan oleh Asosiasi Jantung Amerika, jutaan orang akan tetap terkena penyakit arteri koroner.” Studi menyimpulkan bahwa, selain harus menjaga tingkat kolesterol yang rendah, ”diet berdasarkan tumbuhan dengan kurang dari 10% lemak akan mencegah berkembangnya penyakit koroner, menghentikan perkembangan penyakit tersebut, dan bahkan menyembuhkan penyakit pada banyak pasien.” [2]

Untuk membantu temannya sesama petugas pemadam kebakaran dalam melakukan peralihan, Esselstyn menciptakan makanan vegetarian lezat yang di antaranya termasuk enchilada “Paul McCartney” dengan bayam dan jamur portobello. Setelah mencicipinya, seorang petugas lainnya berhasil diyakinkan: Letnan Scott Walters juga beralih ke diet vegetarian.

Berikutnya, Walters yang baru bervegetarian, membuat puding coklat tahu dan memberikannya ke temannya yang hingga waktu itu dikenal sebagai “pembenci vegetarian.” Ini meyakinkannya untuk menjadi seorang vegetarian. Saat ini, kelima orang anggota tim Engine 2 - James Rae, Rip Esselstyn, Matt Moore, Derick Zweerneman, dan Scott Walters - merupakan vegetarian. Apa yang telah mereka lakukan menjadi perhatian banyak warga Austin begitu juga media di Amerika Serikat.

Mengenai diet vegannya, Esselstyn mengatakan, ”Demi kasih-sayang dan demi lingkungan, inilah cara terbaik untuk dilakukan. Sungguh konyol kalau menyangka bahwa babi atau sapi atau ayam tak punya perasaan lebih daripada anjing atau kucing kalian.“ Ia juga menjelaskan bahwa praktik peternakan sangat tidak manusiawi dan merusak lingkungan.

Selain merasa lebih baik sejak beralih ke diet vegetarian, Rae mendapati bahwa kolesterol darahnya turun menjadi 196.

 

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi:
http://www.engine2.org/site/index.php?option=com_content&task=view&id=19&Itemid=13

Beritahu teman tentang artikel ini