Penghargaan Kepemimpianan Cemerlang Dunia

Mengilhami Anak-Anak Sekolah dengan
 Manfaat dari Diet Vegetarian
Oleh Saudari-inisiat Debra Couch, Rochester, AS (Asal dalam bahasa Inggris)

Para inisiat dari Rochester dan Kota New York mengadakan perjalanan ke Trumansburg, New York, pada tanggal 24 Juni 2006 Tahun Emas 3 (2006), untuk mewakili Guru dalam memberikan ‘Penghargaan Kepemimpinan Cemerlang di Dunia’ kepada Dr. Antonia Demas. Dr. Demas adalah pendiri Institut Penelitian Makanan, sebuah organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk memperbaiki kesehatan anak-anak dengan melibatkan mereka dalam pelajaran memasak makanan berbahan dasar tumbuhan yang sehat.
Dr. Antonia Demas, pendiri dari Institut Penelitian Makanan, yang kegiatannya adalah mempromosikan manfaat vegetarian bagi kesehatan anak-anak

Sejak usia muda, Dr. Demas telah tertarik dalam hal membuat makanan yang sehat dan lezat. Kakek neneknya yang berbangsa Italia mempunyai pengaruh kuat terhadap dirinya dan menekankan kepadanya untuk memakai bahan-bahan yang segar dan sehat dalam membuat makanan.

Setelah mendapatkan gelar kesarjanaan di Lembaga Nutrisi dari Universitas Goddard, ia kemudian menjadi seorang ahli makanan. Pengalaman dalam karirnya maupun dalam perannya sebagai seorang ibu rumah tangga telah menunjukkan kepadanya bahwa jika anak-anak dilibatkan dalam penyiapan makanan yang sehat, maka mereka akan merasa gembira saat memakannya. Supaya  pengamatannya dapat diakui dalam bidang ilmu pengetahuan, maka ia mengejar gelar doktornya (Ph.D.) nya di Universitas Cornell.

Setelah mendapat gelar di Cornell, Dr. Demas kemudian mendirikan Institut Penelitian Makanan dengan tujuan untuk memperbaiki kesehatan anak-anak dan mendidik mereka mengenai nutrisi yang baik. Kurikulum yang ia buat berjudul ”Makanan adalah Hal Pokok”. Kurikulumnya tidak hanya melibatkan para murid untuk menanam dan menyiapkan sayuran sendiri, tetapi juga memperkenalkan mereka kepada kebudayaan lain dan memanfaatkan seni tari dan seni lainnya demi membuat mereka bergairah untuk memakan buah-buahan dan sayuran. Dr. Demas memperkenalkan kurikulum ini kepada ratusan sekolah, di mana ia melatih para guru untuk menjadi pengajar di bidang makanan.

Institut Penelitian Makanan juga menyoroti berbagai makanan yang tidak sehat yang disediakan di sekolah. Melalui olahan bahan-bahan yang telah tersedia di sekolah, Dr. Demas membantu mereka membuat makanan vegetarian yang sehat agar anak-anak dapat menikmati makanannya. Pendekatan ini sangat berhasil sehingga ia menerima  penghargaan dari Departemen Pertanian Amerika dan Lembaga Pendidikan Nutrisi atas menu-menu kreatifnya di sekolah.

Selain itu, Dr. Demas juga mengadakan penelitian tentang pengaruh diet vegan terhadap kesehatan, kelakuan, dan kemampuan akademis para murid. Pada sebuah penelitian, para anak muda di sebuah universitas dengan sukarela menjadi vegan selama tiga minggu. Semua peserta melaporkan adanya perbaikan dalam nilai rata-rata dan prestasi olahraga mereka. Selain itu, kelakuan agresif mereka juga berkurang, dan secara keseluruhan kesehatan mereka lebih baik. Jurnal mereka dapat ditemukan di situs Institut Penelitian Makanan (www.foodstudies.org). Jurnal tersebut menunjukkan bahwa mereka jauh lebih bertenaga, memiliki ingatan yang lebih baik, dan lebih tenang.

Dari kiri, Dr. T. Colin Campbell, Dr. Demas, Ny. Campbell, Renell Carpenter and para inisiat.
Dr. Demas menerima ‘Penghargaan Kepemimpinan Cemerlang di Dunia’.

Upacara pemberian penghargaan diadakan di rumah Dr. Demas. Ia mengundang Dr. T. Colin Campbell, Ny. Campbell, dan Renell Carpenter yang merupakan pembuat web dari Institut Penelitian Makanan. Dr.Campbell adalah guru besar pensiunan dari Biokimia Nutrisi di Universitas Cornell yang terkenal dan sangat dihormati karena penelitiannya mengenai diet vegetarian. Ia juga Dewan Direksi di institut tersebut. Dr. Demas memperkenalkan Ny. Campbell sebagai salah seorang yang paling memahami vegetarian di seluruh dunia!

Setelah pemberian penghargaan, Dr. Demas menyampaikan keramahannya dengan mengundang setiap orang untuk berbagi tar buah dan teh yang telah ia siapkan. Ini merupakan musim panas yang indah dan kami semua duduk santai sambil berbincang-bincang di serambinya yang terletak di kebunnya yang sangat indah.

Dr. Demas sungguh ingin memperbaiki kesehatan anak-anak melalui pendidikan dan  melibatkan mereka dalam memilih makanan mereka sendiri. Pengabdiannya telah membantu menyadarkan ribuan anak-anak akan pengaruh kuat dari makanan terhadap kesehatan mereka. Para inisiat merasa terhormat  dapat memberikan ‘Penghargaan Kepemimpinan Cemerlang di Dunia’ untuk  wanita yang penuh ilham ini.