Guru Berkata

 

 

 

 

 

 


Berpikir Positif,
Hidup yang Sehat

Disampaikan oleh Maha Gueu Ching Hai, Singapura, 28 September 1994
(Asal dalam bahasa Inggris) Kaset Video #446

Saat ini, ada banyak penyakit yang membunuh jutaan manusia. Sekitar 18 juta orang meninggal karena berbagai penyakit setiap tahunnya. Ini semua karena kita tidak mengambil tindakan pencegahan untuk menjaga tubuh kita yang berharga yang telah diberikan Tuhan untuk melakukan beberapa misi tertentu di Bumi ini, serta untuk mengenali kekuatan mahakuasa dalam diri kita. Sebagai contoh, kita merokok berlebihan, kita minum berlebihan, kita makan daging berlebihan, dan mengundang banyak bakteri dari daging ke dalam sistem tubuh kita, dan sebagainya. Semua faktor pembunuh ini membuat hidup kita masuk ke dalam masa yang menyedihkan. Sebenarnya, kita dapat menjalani hidup yang lebih baik bila kita hidup lebih teratur, bila kita lebih menghargai tubuh kita. Dan, bila kita hanya mengonsumsi makanan yang bergizi bagi tubuh kita, dan bukan makan hanya karena cita rasanya saja, serta hanya makan secukupnya. Dengan begitu, kesehatan kita tentunya tidak akan begitu rentan. Kebanyakan orang setelah bervegetarian sebaliknya menjadi semakin sehat. Banyak dari Anda semakin sehat setelah Anda diinisiasi dan beralih ke pola makan vegetarian. Bukankah demikian? (Hadirin: Ya!) Sebenarnya rumah sakit penuh dengan pasien pemakan daging. Tidak masalah. Kita dapat melihat buktinya di sana. Bukan hanya karena pola makan vegetarian itu sendiri yang menyehatkan, tetapi juga karena getarannya sangat selaras dengan tubuh kita. Getaran hewan sebenarnya tidaklah begitu selaras, tidak begitu damai.

Sebenarnya, sangat mudah untuk menjalani kehidupan yang sederhana dan sehat. Tidak membutuhkan demikian banyak obat dan suntikan. Kita merugikan diri kita sendiri karena kita memasukkan berbagai bahan beracun ke dalam tubuh kita. Bila kita mengetahui bagaimana menjalani kehidupan yang sederhana, bergizi, dan sehat, maka kita sungguh tidak membutuhkan begitu banyak dokter. Dokter dapat memiliki lebih banyak waktu libur dan keduanya tetap sehat.

 Semakin Banyak Energi yang Kita Gunakan, Semakin Banyak Kekuatan Alam Semesta yang Kita Terima

Jangan takut bekerja keras; Anda harus bekerja dan memanfaatkan energi Anda karena dalam tubuh kita ada tujuh cakra yang dapat menarik energi dari alam semesta. Semuanya seperti baterai yang diisi dengan sendirinya oleh Kekuatan Alam Semesta. Itulah sebabnya kita dapat terus menjalankan mesin kita. Dan saat kita bermeditasi, kekuatan ini bahkan semakin melimpah. Semakin kita memberi, semakin banyak yang masuk; tidak akan pernah berhenti, jadi jangan mengkhawatirkan hal tersebut.

Jangan mengkhawatirkan karma; bantulah orang lain dan ambillah karma, dan sebagainya. Bila orang memerlukan bantuan, bantulah. Hanya bila kita berusaha mencampuri pikiran orang lain, seperti berusaha mengendalikan mereka, atau berusaha menyuruh mereka melakukan yang kita inginkan demi kepentingan diri sendiri, maka kita barulah menciptakan karma. Jika tidak, jika kita mengasihi sesama, dan kita ingin membantu mereka saat mereka membutuhkan, maka sekalipun kita sungguh-sungguh menarik karma mereka, maka itu bukanlah masalah. Tidak masalah sama sekali, karena kita harus saling berkorban. Kita harus hidup saling mengasihi dan jangan menghiraukan karma.

Kita harus selalu mempertahankan energi positif. Karena, sekalipun Anda berpikiran positif, hanya berpikir positif saja, jika Anda dapat melihat tubuh Anda, maka Anda akan melihat bahwa setiap pikiran positif akan mengubah pola aura, mengubah penampilan Anda, dan mengubah energi batin Anda. Anda akan semakin terangkat dan sehat. Tetapi, jika Anda berpikir negatif, memikirkan apa pun yang negatif, buruk, atau menyedihkan, maka pola Anda segera berubah. Peramal mana pun dapat melihatnya. Itulah sebabnya beberapa orang dapat membaca pikiran Anda, karena saat Anda masuk, mereka dapat melihat aura Anda. Mereka dapat melihat perubahan pola energi dalam tubuh Anda. Pola energi adalah bentuk energi yang menyerupai bentuk organ Anda sesungguhnya. Sebagai contoh, jantung Anda seperti ini. Seandainya seseorang mengeluarkan jantung Anda, maka ada tempat kosong di jantung, sesuatu di sana. Itulah pola energi dari jantung. Kadang energi ini bermasalah, bukan jantung yang sebenarnya, jadi mereka harus memperbaikinya. Andalah dokter yang terbaik bila Anda berpikir positif serta menjalani hidup yang sehat dan sederhana – hidup sederhana dan berpikiran positif. Selalu berpikir positif. Bahkan berpikir saja dapat mengubah pola hidup Anda, mengubah hari Anda, serta mengubah keberuntungan Anda. Jadi, teruslah berpikir positif. Dengan begitu, akan banyak kecelakaan dan penyakit yang dapat dihindari.

Tuhan selalu ada di sekitar Anda. Para Guru dari sepuluh penjuru selalu melindungi Anda. Sungguh, kita tidak ditinggalkan sendirian di dunia ini untuk melakukan segala hal sendiri. Kita selalu dilindungi oleh para malaikat, kita semua. Dan kita selalu dijaga oleh Guru walaupun kita tidak melihatnya. Sekalipun Anda tidak percaya akan para malaikat dan roh, Anda harus percaya adanya Tuhan. Karena, jika Ia tidak ada, maka kita tidak ada.

Kebanyakan masalah kita sendiri yang menciptakannya, karena kita berpikir negatif, kita bertindak negatif, dan kita membiarkan pengaruh orang lain yang negatif memengaruhi kita. Kadang kala, bila Anda menemui dokter, mereka akan mengatakan bahwa sebagian penyakit dibuat oleh diri kita sendiri. Bukan karena Anda menginginkan penyakit itu, tetapi daya tahan tubuh Anda turun. Sebagai contoh, seperti alergi. Kadang kala Anda tidak mengidapnya, tetapi setiap kali daya tahan tubuh Anda turun, tertekan, terlalu banyak bekerja, dan kelelahan, maka alerginya akan muncul. Anda mengonsumsi makanan yang sama setiap hari, dan tidak memiliki alergi. Tetapi, suatu hari, Anda mengidapnya. Itu karena, pada saat itu daya tahan tubuh Anda mungkin sedang rendah. Sistem pertahanan tubuh Anda sedang rusak atau sesuatu seperti itu. Jadi, jika Anda berpikir positif, maka penyakitnya juga akan cepat menghilang.

Kadang kala, sistem pertahanan kita demikian turun, seperti rusak, dan sangat sulit diperbaiki. Pada saat itu, sangat buruk; baik kita hidup atau kita mati. Maka, berusahalah untuk menjaga sistem pertahanan Anda, dan tidak membiarkannya rusak. Berusahalah menjaga sistem pertahanan Anda dengan berperilaku positif, berpikir positif, dan berbicara positif. Sangatlah mudah. Bahkan berpikir positif saja sudah merupakan bantuan yang luar biasa bagi Anda. Sebenarnya, saat Anda berlatih sangat keras, kadang kala Anda tidak merasakan tubuh Anda. Bukankah demikian? Anda memiliki pengalaman demikian? (Ya.) Anda merasa sangat ringan, bukan? Seperti saat Anda mengemudi, tetapi bukan Anda yang mengemudi; orang lain yang mengemudi. Tanpa usaha. Itulah bagaimana kita mencapai keadaan ‘tanpa usaha’ di dimensi jasmani ini. Kemudian, kita dapat semakin ringan dalam melakukan banyak hal, dan kita tidak merasa begitu lelah lagi. Semakin banyak bermeditasi, kita akan merasa semakin baik, bekerja semakin cepat, serta tanpa masalah.

Anda juga harus berusaha meneruskan hal ini kepada sesama untuk menyelamatkan mereka dari penderitaan mereka. Berusahalah untuk menghibur mereka dan membawa kabar gembira bahwa hidup mereka dapat menjadi semakin ringan, semakin hebat, dan semakin bahagia jika mereka melatih kebijaksanaan kuno, berhubungan dengan Kerajaan Tuhan dalam diri mereka, dengan hakikat Kebuddhaan dalam batin mereka sehingga mereka tidak merasa demikian menyedihkan, kelelahan, terhalang, serta kesepian di dunia ini. Ini adalah satu-satunya obat bagi umat manusia. Sebenarnya, ada banyak bencana yang sedang muncul di dunia, tetapi saya tidak merasa bahwa dunia ini akan berakhir demikian cepat. Mungkin akan berakhir sebagian; mungkin akan ada kebinasaan hebat bagi sejumlah manusia, tetapi manusia yang baik dan mereka yang tidak berdosa akan dipertahankan untuk generasi berikutnya. Dan dengan bantuan energi positif dari Anda selama meditasi, selama berkumpul bersama, selama waktu doa hening Anda, maka dunia kita akan lebih dilindungi daripada yang kita harapkan. Itulah sebabnya saya berharap agar Anda menyebarkan kabar gembira ini kepada lebih banyak orang.

 

 Kembali ke Jalan Hidup yang Benar

Satu orang membuat perbedaan yang besar. Bila Anda sungguh-sungguh yakin akan kebaikan Anda, akan apa yang Anda lakukan, maka Anda akan memengaruhi orang lain. Tetapi, jika Anda tidak yakin, maka merekalah yang akan memengaruhi Anda. Maka, usahakanlah untuk menjadi orang yang kuat dalam kepribadian Anda. Apa pun yang Anda yakini sebagai hal yang baik, maka peganglah erat-erat dan jangan membiarkan orang lain mengombang-ambingkan diri Anda karena teladan yang baik di dunia ini sangat langka. Jadi, jadikanlah diri Anda teladan yang baik. Usahakanlah yang terbaik dalam segala hal sehingga orang lain akan mengetahuinya. Karena Anda berlatih, maka Anda menjadi semakin baik. Dan Anda sungguh-sungguh berguna bagi masyarakat. Itulah cara Anda memperbaiki dunia ini. Itulah cara Anda membantu orang lain. Itulah cara kita menyelamatkan dunia dari kebinasaan hebat yang mungkin saja terjadi karena penggunaan narkoba, senjata pembunuh massal, cara hidup kita yang buruk, atau cara kita saling menjerumuskan. Dunia dapat saja berakhir, tidak diragukan lagi. Tidak perlu melihat bulan, matahari, atau apa pun. Kita harus mencintai planet ini karena  tempat ini sangatlah indah—diperlukan waktu miliaran dan triliunan tahun untuk membuatnya secantik hari ini, begitu indah seperti ini. Maka, kita juga harus memberikan kontribusi. Jika kita mampu memperbaikinya, maka kita memperbaikinya. Tentu saja, jika kita telah melakukan semua usaha kita yang terbaik, dan akhir dunia masih muncul, maka biarkanlah terjadi. Tetapi, bila kita dapat memperbaikinya, kita harus melakukannya. Jadi, sebarkanlah kabar gembira ini dan ajak orang lain untuk kembali ke jalan hidup yang alami, jalan hidup yang benar; yaitu menjadi vegetarian, menjadi baik, menaati sila-sila, menjalani hidup sederhana, dan berpikiran positif. Dengan begitu, dunia kita tidak akan bermasalah. Dan kita mungkin akan hidup beberapa ratus tahun lagi dengan kondisi yang lebih baik. Sekarang ada dua pilihan: yang satu, kebinasaan total; dan yang lain adalah terus maju di segala jalan kehidupan, termasuk kehidupan rohani. Dan masa depan ada dalam tangan kita. Sungguh. Tiada makhluk asing yang mampu melakukan apa pun. Tiada Tuhan yang menghukum kita. Tiada Buddha yang memberkahi kita. Hanya diri kita sendiri. Kita harus memilih. Itulah bagaimana kita bertumbuh: dengan membuat banyak pilihan yang baik.