Tanya Jawab Pilihan


Tidak Membutuhkan Takdir untuk Beramal

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Retret Eropa di Hongaria,
24 Februari 2005 (Asal dalam bahasa Inggris)

T: Saya tahu bahwa kita tidak bisa terlalu banyak memilih karena semuanya sudah ditakdirkan. (Guru: Ya.) Jadi, apakah maksudnya kita harus melakukan yang terbaik, bila tidak ada yang perlu dilakukan?

G: Kita melakukannya untuk masa depan. Kita melakukan yang terbaik, seperti bermeditasi. Itu untuk Surga; untuk pahala yang lain.

T: Ya, tetapi apakah hanya itu saja yang dapat kita lakukan? Apakah tidak ada hal terbaik untuk kita lakukan?

G: Anda harus berusaha yang terbaik. Bila Anda tidak dapat melakukannya, maka Anda tahu bahwa itu bukan milik Anda. Tetapi, usahakanlah yang terbaik; sebagai contoh, bila Anda ingin membantu orang lain, Anda selalu dapat melakukannya. Anda tidak memerlukan takdir untuk itu. Takdir hanyalah apa yang terjadi pada Anda dan apa yang dapat Anda miliki. Tetapi, apa yang Anda ingin bagikan, apa yang Anda ingin berikan, selalu tersedia. Gratis! Apa pun yang ingin Anda lakukan dan baik bagi orang lain, maka itu selalu gratis.

Ada banyak barang-barang gratis di dalam dunia rohani, sama seperti banyak barang-barang gratis dalam kehidupan. Selama hidup, Anda harus membayar banyak hal, tetapi ada juga barang-barang yang gratis seperti pendidikan gratis, pengobatan gratis, udara gratis, dan seterusnya. Semua ini gratis. Kadang kala, pemerintah memiliki dana bantuan. Sesuatu yang gratis. Mungkin tidak banyak, tetapi sesuatu yang gratis.

Beberapa orang tidak memiliki uang atau tidak ingin membelanjakan uangnya. Apakah Anda tahu bagaimana mereka melakukannya? Mereka pergi ke pesta setiap minggu! Mereka pergi ke pesta pembukaan atau pesta pernikahan atau acara pemakaman, tempat-tempat di mana tidak ada orang yang memeriksa. Mereka membaca di surat kabar, dan selalu ada pesta di sini atau di sana. Mereka selalu pergi ke sana! Mereka mendapat makanan dan minuman gratis, kemudian pergi ke pesta berikutnya. Keseluruhan hidup mereka adalah pesta gratis.

Saya tidak menyuruh Anda melakukan itu! (Gelak tawa) Itu hanyalah beberapa contoh hal gratis dalam kehidupan yang dapat Anda peroleh. Maka, hal gratis dalam kehidupan kita juga dapat kita amalkan kepada sesama. Kita dapat mengasihi: Kita dapat berbagi kabar rohani, pahala rohani, dan energi rohani. Itulah hal gratis yang Anda dapat lakukan. Tidak ada seorang pun yang dapat menghentikan Anda.