Tanya Jawab Pilihan

 

 

Hidup Sederhana, Meditasi yang Baik

 

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai,
Surrey, Inggris,
7 January 2006
(Asal dalam bahasa Inggris)

 

 

 

P: Kami datang ke sini dan mendapat pekerjaan.

G: Mudahkah?

P: Hanya pekerjaan sederhana.

G: Apakah mudah memperoleh pekerjaan di sini?

P: Sangat mudah. Bila Anda menginginkan pekerjaan sederhana, pekerjaan bersih-bersih dan semacamnya, maka sangatlah mudah.

G: Ya, mengapa tidak? Cukup untuk hidup saja, astaga!

P:  Ya, ada banyak pekerjaan bersih-bersih.

G: Tidak perlu memiliki pekerjaan besar bila Anda sederhana.

P: Kami memiliki banyak waktu luang untuk meditasi, karena kami bekerja pagi-pagi sekali.

G: Anda bekerja di pagi hari di sini, sekarang? (P: Pukul 4 atau pukul 5 tepat, kami berangkat dan melakukan tugas bersih-bersih kami.) Wah, Anda sangat rajin! (P: Kemudian kami mempunyai waktu luang sepanjang hari.) Oh, saya sangat kagum! (P: Hidup yang menyenangkan! Sangat menyenangkan.) Saya kagum! Anda berdua bekerja bersama?

P: Ya, kami berdua bersama-sama.

G: : Tetapi, di mana Anda mendapatkan pekerjaan bersih-bersih?

P: Di kantor-kantor, dan kadang-kadang di rumah-rumah penduduk.

G: Oh, saya paham, saya paham. Anda dipekerjakan oleh suatu perusahaan, atau pekerja lepas saja? 

P: Sebagian pekerja lepas dan sebagian melalui perantara.

G: Dan Anda baik-baik saja dengan itu? (P: Oh, kami menyukainya.) Apakah gaji Anda berdua cukup?

P: Untuk hidup, ya!

G: Ya, Anda tampak bahagia! (P: Oh, sangat bahagia!) Anda berdua sangat bijak.

P: Kami sangat, sangat bahagia! Segalanya berkat bantuan Anda, dan hanya karena Anda.

G: Mengapa? Apa yang telah saya lakukan?

P: Keajaiban terjadi setiap hari! Anda memberikan beberapa nasihat di video agar kami melakukan pekerjaan yang sangat sederhana, pekerjaan bersih-bersih, dan itu ternyata indah. 

G: Ya! Bila Anda ingin menjadi Presiden Amerika Serikat, saya tidak dapat menjaminkan itu. Tetapi, bila Anda hanya ingin mendapat penghasilan yang jujur, hasil karya tangan Anda, ada banyak sekali! Ambillah pekerjaan yang orang lain tidak inginkan, dan tidak membutuhkan pemikiran yang terlalu banyak. Setelah itu, pikiran Anda juga bebas. Ucapkan Nama-nama Suci sambil bekerja, berkahi rumah mereka, dan mendapatkan gaji dari itu!

P: Dan kami juga mendengarkan musik-musik MP3 Anda sambil bekerja, bersama dengan musik, lagu pujian, dan ceramah Anda.

G: Oh, itu menyenangkan. Selain itu, sangat sehat berolahraga. Sebagian orang harus membayar mahal untuk pergi ke tempat olahraga. Dan di sini, Anda hanya mengangkat kursinya, membersihkan mejanya! (Tertawa)

T: Saya biasanya memiliki masalah dengan lutut ketika bermeditasi. Tetapi, sejak saya melakukan pekerjaan bersih-bersih, dengan banyak bergerak dan sering melipat lutut, saya sekarang tidak memiliki masalah itu lagi.

G: Itu juga karma. Bila kita mengerjakan sejumlah pekerjaan untuk memperoleh penghasilan, itu akan lebih baik dalam segala hal. Anda merasa baik di sana (Guru menunjuk ke hati-Nya), maka saat Anda merasa baik, tubuh Anda merasa baik juga. Itu saling berhubungan; emosi, jiwa, mental, dan tubuh jasmani semuanya terhubungkan. Ya, Anda mengetahui itu dengan sangat baik. Kadang kala, saat Anda sangat tertekan, Anda mudah jatuh sakit, dan Anda kemudian sakit di sini, sakit di sana, sakit di mana-mana. Sebagian orang meremehkan pekerjaan jasmani, seperti pekerjaan bersih-bersih atau apa pun. Saya tidak meremehkan! Saya menghargai semua orang yang memperoleh pekerjaan dan mendapatkan gajinya sendiri. Sepanjang Anda memperoleh gaji, saya menghargai Anda. (Semua orang tertawa)

P: Orang-orang sangat senang melihat rumah mereka bersih ketika mereka pulang dari kerja. (Guru: Ya?) Dan ternyata orang-orang yang tidak mengenal kami sekalipun berani meninggalkan kuncinya begitu saja kepada kami, dan kami kemudian membersihkannya. Mereka sangat percaya dan membiarkan rumah mereka kepada kami untuk dibersihkan.

G: Ya, karena Anda baik. Mereka dapat merasakannya. (P: Ya, itu menyenangkan.) Itu bagus. Saya bahagia untuk Anda. Dan Anda bahagia, bukan? (P: : Setiap hari!) Bagus!

P: Kami bersyukur kepada Anda setiap hari.

G: Anda begitu baik! Anda orang yang baik. (P: Terima kasih, Guru.) Tidak, Andalah yang baik juga. Karena Anda baik, Anda memiliki rasa harga diri dan rasa percaya diri. Anda melakukan apa pun, dan Anda tetap merasa terhormat. Sebagian orang tidak memiliki rasa harga diri sehingga mereka mengira bahwa mereka harus menjadi sesuatu untuk menghargai diri mereka. Di dalam kelompok kita, tidak seperti itu. Anda melakukan apa yang Anda lakukan, dan sepanjang Anda mengurusi diri Anda dan memperoleh penghasilan yang jujur, itu saja yang kita inginkan. Kita tidak peduli siapa diri Anda, biasanya seperti itu. Saya tidak pernah menanyakannya! Pada saat inisiasi, mereka memang menanyakan pekerjaan Anda seperlunya. Bila mereka pergi untuk menolong korban bencana atau lainnya, maka mereka mengetahui keahlian tiap orang. Atau mungkin, jika Anda berada di Center tertentu, Anda mungkin ditunjuk untuk mengerjakan sesuatu. Bila Anda seorang ahli listrik, maka Anda dapat mengurus listrik Center seandainya terjadi suatu masalah. Itu saja.

Tetapi, saya merasa tidak perlu tahu. Saya pun tidak tahu! Saya tidak mengenal kebanyakan dari Anda, atau saya tidak mengetahui apa yang sedang Anda kerjakan. Kadang kala saya menanyakannya hanya untuk percakapan dan berbincang-bincang saja. Tetapi, saya tidak perlu mengetahui siapakah Anda. Saya sama sekali tidak membutuhkan Anda! Saya hanya perlu tahu bahwa Anda bahagia, seperti Anda yang melakukan pekerjaan bersih-bersih, Anda sungguh-sungguh menjalankan ajaran saya. Anda pergi mendapatkan penghasilan yang jujur dan Anda mengurus diri Anda sendiri. Anda juga dapat menghemat waktu untuk bermeditasi. Itulah hal terhormat yang pernah dapat Anda lakukan. Saat Anda melakukan pekerjaan ini atau itu, dan hanya mendapatkan sedikit uang untuk menjaga diri Anda. Anda tidak mengganggu siapa pun, dan Anda tidak menimbulkan masalah apa pun. Karena, kadang semakin banyak Anda mengeluarkan uang, semakin banyak Anda harus meminjam, dan itu mengikat Anda, itu tidak baik. Lebih baik hidup dengan kekayaan kita, dengan apa pun yang kita miliki. Bila Anda memiliki banyak, maka belanjakan banyak. Bila Anda memiliki sedikit, maka belanjakan sedikit.