Tips Bermanfaat

 

 

 

Hidup Dapat Menjadi
 Lebih Mudah dan  Menyenangkan

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai,
Surrey, Inggris,
 7 January 2006,
(Asal dalam bahasa Inggris)

Kadang kala kita hanya menghamburkan uang untuk berbagai hal yang tidak kita butuhkan. Jika tidak, hidup kita akan lebih mudah dan menyenangkan. Ada sebuah acara di TV yang saya tonton dua hari yang lalu. Dalam acara itu dikatakan bahwa ada seseorang yang harus membayar cicilan rumahnya dalam jangka waktu 20 tahun. Tetapi, ada seorang ahli yang datang dan mengajarkan pasangan itu bagaimana cara membayar pinjaman tersebut hanya dalam waktu dua tahun saja. Dan mereka benar-benar berhasil melakukannya!

Ia datang dan memeriksa hal-hal apa saja yang perlu mereka kurangi. Misalkan, sang suami senang membeli berbagai macam perkakas. Maka, ia berkata, “Baiklah, Anda tidak membutuhkan barang-barang itu!” Sang suami sering membeli banyak perkakas, tetapi ia hanya membiarkan barang-barang itu tergeletak saja tanpa dipergunakan. Maka, pertama-tama mereka mengambil barang-barang tersebut dan mengadakan penjualan obral di garasi mereka untuk mendapatkan pemasukan uang. Setelah itu, jika ia perlu membeli sesuatu, ia harus memikirkan masak-masak bahwa barang itu haruslah sesuatu yang benar-benar diperlukan! Kalau tidak, maka janganlah membelinya. Itu adalah hal yang pertama.

Yang kedua, daripada setiap hari pergi ke restoran untuk makan atau ke kedai kopi atau ke kantin, mereka lebih baik menyiapkan sandwich untuk makan siang dan membawa kopi buatan sendiri. Dengan begitu, mereka bisa menghemat banyak. Tidak banyak, tetapi sedikit di sini dan sedikit di sana, dan semuanya itu akhirnya terkumpul.

Dalam periode enam bulan pertama, mereka menabung sekitar 6.000 pound sterling. Dalam 6 bulan! Itu berarti 1.000 pound yang dihemat dari ‘sedikit di sini dan sedikit di sana’. Contohnya, sang istri juga merokok, dan ia menunjukkan bahwa satu bungkus rokok per minggu memerlukan biaya sekitar 14 pound. Ia bahkan tidak merokok 2 atau 3 bungkus per hari, tetapi si ahli menghitung bahwa dalam 1 atau 2 tahun, ia dapat membeli sebuah mobil! Dua tahun berlalu dengan sangat cepat. Maka, kalian bahkan dapat membeli sebuah mobil jika kalian tidak merokok! Saya harap kalian tidak merokok! (Gelak tawa)

Kemudian, daripada mengendarai mobil ke kantor, lebih baik mereka menggunakan kereta api. Lebih murah, cepat, dan aman. Kalian duduk di sana dan membaca surat kabar, mendapatkan berita-berita baru, membaca buku-buku Guru, dsb. Atau mempelajari sesuatu yang baru ketika kalian duduk di kereta api. Maka, mereka menghemat lagi sekitar 100 atau 50 pound per bulan. Tidak, malah lebih dari itu! Bensin sekarang sangatlah mahal, bukan? Dan jika kalian terus pergi ke sana sini, seperti pergi ke kantor, mungkin ongkosnya lebih banyak. Tentunya tergantung ke mana kalian pergi, tetapi paling tidak kalian menghemat beberapa ratus pound setiap bulannya jika kalian menggunakan kereta api dan bukannya mengendarai mobil ke kantor. Ya atau tidak? (Praktisi: Anda juga perlu membayar parkir.) Ya, tempat parkir dan segalanya yang berhubungan dengan itu. Jadi, berapa banyak uang yang kalian hemat? Salah satu dari kalian tolong beri tahu saya. Jika kalian tidak mengendarai mobil ke tempat kerja, berapa banyak uang yang kalian hemat per bulan?

Praktisi 1 (P1): Mungkin 200, karena ada biaya asuransi, pajak jalan, serta parkir.

G: Saya tahu, sekalipun kalian tidak mengendarainya, kalian tetap harus membayar asuransi dan pajak jalan, bukan? (P1: Jika Anda menjual mobil Anda, maka Anda tidak perlu membayar asuransi.) Bukan, yang saya maksudkan adalah, jika kalian memiliki sebuah mobil tergeletak di garasi, kalian tetap harus membayar asuransi, bukan? (P1: Ya.) Atau kalian membayar lebih sedikit, atau tidak? (P1: Anda dapat membayar kurang untuk asuransi, karena di Amerika, Anda membayar lebih sedikit jika Anda dapat membuktikan bahwa Anda tidak mengendarainya lebih dari sekali dalam seminggu.) Oh, itu bahkan lebih murah lagi! Baiklah, katakanlah 200 per bulan. Wah, 2.400! Kalian dapat membeli banyak barang dengan simpanan sebanyak itu. Dalam 10 tahun, berapa banyak yang kalian miliki? (P1: 24.000. Tetapi, jika Anda menginvestasikannya, Anda akan memiliki lebih banyak lagi.) Ya, ya! Kalian mendapatkan bunganya. OK, jadi mungkin kalian memiliki 4.000 dalam 2 tahun? (P1: Anda akan memiliki 4.800 dalam 2 tahun, lalu dengan bunga, mungkin sekitar 5.500) Wah! OK, lihat itu! Lima ribu lima ratus, kalian dapat pergi ke Himalaya dan duduk di sana selama 5 tahun tanpa melakukan apa-apa. (Semua tertawa.) 

P1: Guru mungkin saya dapat membantu. Saya adalah seorang analis keuangan.

G: Saya hanya melakukannya begitu saja! Saya melakukan analisa ini bagi mereka sebagai satu contoh. Dan bukan itu saja; ada banyak hal-hal lainnya seperti pergi membeli pakaian yang diobral daripada membeli pakaian yang trendi. Atau menunggu sampai tibanya penjualan obral musim dingin, juga penjualan obral di akhir musim, dan kalian menghemat banyak uang. Dan mengenakan pakaian yang sederhana dan praktis, supaya kalian tidak perlu terus menggantinya dan mengikuti mode, atau hal-hal semacam itu. Jika kalian ingin hidup bebas, kalian tidak perlu mengikuti mode. Kita bahkan tidak memerlukan itu. Mungkin sesekali, untuk sesuatu yang khusus, seperti misalnya jika kalian bekerja dan kalian harus pergi untuk wawancara pekerjaan, atau beberapa pekerjaan yang membutuhkan pakaian yang pantas, maka mungkin kalian membutuhkannya. Tetapi, kalian tidak perlu mengeluarkan banyak uang demi membeli pakaian yang bermerek. Ada banyak baju yang lebih murah yang terlihat sama baiknya. Itu contohnya.

Tetapi, pasangan tersebut, mereka tidak saja menghemat uang dalam hal-hal tersebut, mereka juga melakukan pekerjaan sampingan. Sang istri pandai menyanyi, dan sang suami pandai dalam melakukan beberapa hal lainnya. Maka, mereka melakukan pekerjaan sampingan dan mendapatkan penghasilan tambahan setiap minggu. Karena setiap uang yang kalian hasilkan dan kalian menghematnya, itu sama juga halnya dengan mendapatkan penghasilan. Dan tentu saja jika kalian mendapat penghasilan yang lebih, maka itu akan menambah tabungan kalian.

Karena itu, terdapat banyak cara agar kita dapat hidup dengan bahagia tanpa harus bekerja berlebihan, atau tanpa harus membanting tulang siang dan malam – hanya untuk memboroskannya. Selain itu, kalian tidak minum minuman keras. Kalian tidak tahu seberapa banyak uang yang kalian hemat per bulan, kan? Apakah kalian tahu? (Hadirin: Ya.) Misalkan, jika kalian minum, katakanlah, 2 gelas bir setiap hari, berapa banyak uang yang kalian hemat setiap bulannya? (P2: 200.) Dua ratus dengan mudahnya, ya! Karena bukan saja kalian yang minum, teman-teman kalian datang, dan kemudian mereka semua minum bersama. Lalu ia mentraktir kalian dan kalian mentraktir dia, dan kemudian semakin banyak dan banyak lagi; terus semakin banyak. Dan bukan itu saja, hal itu merusak kesehatan kalian. Kalian harus lebih sering pergi ke dokter, membayar banyak uang untuk obat-obatan, dan asuransi kesehatan kalian menjadi lebih mahal. Jika kalian lebih penyakitan, maka perusahaan asuransi mendapatkan uang yang lebih banyak. Di saat berikut, ketika kalian ingin mendapatkan asuransi kesehatan, mereka akan memeriksa seberapa sering kalian mengunjungi dokter dan seberapa sakitnya kalian, lalu mereka akan menaikkan iuran kalian.

Bukan itu saja, jika kalian mendapatkan kecelakaan, mungkin saja itu akan mengakibatkan kematian atau bahkan mengakibatkan kalian kehilangan sebuah tangan atau sebuah kaki. Mungkin saja akan membuat kalian membayarnya dengan sebuah tangan dan sebuah kaki, (Guru dan hadirin tertawa) begitulah cara orang Inggris mengungkapkannya! Lalu, jika kalian meninggal, itu adalah akhir cerita, bagus! Tetapi, jika kalian tidak meninggal, lalu menjadi orang yang bergantung kepada orang lain selamanya: mungkin bergantung pada bantuan alat kesehatan atau bantuan udara, bantuan oksigen, dan kalian hanya terbaring saja di sana, menjadi beban keluarga dan masyarakat, serta membuat semua orang sedih.

Jadi, janganlah berbicara tentang manfaat dari meditasi atau apa pun juga. Tugas saya dan ajaran saya telah melenyapkan banyak masalah kalian. Bahkan jika kalian tidak bermeditasi sama sekali dan jika kalian tidak melihat Buddha apa pun juga, atau kalian tidaklah menjadi Buddha; kalian telah aman: seorang penduduk yang aman, baik bagi diri kalian sendiri maupun bagi dunia. Karena mengendarai mobil saat mabuk telah menyebabkan terbunuhnya ribuan bahkan puluhan ribu orang setiap hari! Di seluruh dunia, ratusan ribu orang meninggal setiap harinya akibat mengendarai mobil dalam keadaan mabuk. Tidak saja sang pengemudi, tetapi juga pengemudi lain di sekitarnya, termasuk para wanita, anak-anak, ibu-ibu hamil, siapa saja! Kalian tahu itu, bukan? Maka,  ajaran kita baik bagi kalian, ya atau tidak? Apakah ada keluhan tentang ajaran saya? (Gelak tawa) Angkat tangan kalian. Tidak ada? Bagus!