Wejangan Guru

 

 

Jalanilah Hidup di Jalan Tuhan, dan Segalanya Akan Ditambahkan Padamu

 

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai,
Florida, Amerika Serikat 23 Desember 2001
(Asal dalam bahasa Inggris) Kaset Video #725

 

Sebagai praktisi, kita jangan hanya duduk saja. Kita mempunyai segala macam hal untuk dikerjakan. Kita mempunyai teori untuk dipelajari, pantangan untuk dijaga, dan meditasi untuk dilatih, dan Guru untuk dijumpai. Itu semua adalah sebuah bonus. Tetapi, kita juga harus menerapkan apa yang kita pelajari ke dalam tindakan. Kita harus melatih kebijaksanaan, kekuatan pencapaian rohani kita, serta sifat welas asih seiring dengan kemajuan rohani kita.

Jadi, kita melakukan banyak hal; kita tidak hanya duduk saja. Memang benar kita duduk, berkontemplasi pada yang tertinggi dan menghubungkan kekuatan tersebut dengan diri kita yang merupakan kekuatan tertinggi dari semua makhluk. Tetapi, kita juga harus menjaga agar standar moral kita tetap tinggi, menjadi orang baik, menjadi anak laki-laki yang baik, dan menjadi anak perempuan yang baik. Dan setelah itu, dengan kekuatan spiritual di dalam, kita juga harus mengembangkan kasih dan kebijaksanaan agar kita dapat hidup lebih nyaman dan sederhana. Dengan menjalani hidup yang sederhana, maka kita tidak harus bekerja sekeras sebelumnya, tetapi kita bahkan menghasilkan lebih banyak karena satu sen yang kita tabung berarti satu sen perolehan gaji.

Sekarang kalian hidup lebih sederhana dan mempunyai lebih banyak uang daripada sebelumnya meskipun kalian melakukan pekerjaan yang sama. Atau mungkin kalian melakukan pekerjaan yang sedikit lebih santai karena kalian bisa mengatur hidup kalian; kalian bisa puas dengan apa pun yang kalian dapatkan, tanpa menginginkan lebih banyak hal yang membuat kalian memiliki lebih banyak masalah, lebih pusing kepala, dan lebih banyak biaya. Lebih banyak uang berarti lebih banyak pekerjaan; lebih banyak pekerjaan berarti lebih banyak merugikan kesehatan, lebih banyak menghabiskan waktu, dan lebih banyak membuang energi. Kita bukannya meluangkan waktu untuk bermeditasi dan untuk mengarahkan energi kita demi hal-hal yang baik, kita malah menghamburkannya untuk mendapatkan uang dan membayar pajak lebih banyak karena kita berpenghasilan lebih banyak atau mengurus lebih banyak hal, membayar lebih banyak kepada akuntan karena kita mempunyai terlalu banyak pekerjaan.

Jadi, karena sekarang kita hidup lebih sederhana, maka kita mempunyai lebih banyak waktu. Lebih banyak waktu berarti lebih banyak bermeditasi, dan lebih banyak kebijaksanaan, lebih banyak melakukan pekerjaan amal, dan lebih banyak kebahagiaan untuk semua orang di sekeliling kita dan untuk diri kita sendiri. Lebih banyak waktu juga berarti lebih sedikit pekerjaan, lebih sehat, lebih banyak waktu untuk anggota keluarga, lebih bahagia dalam perkawinan dan keluarga kita.

Begitu banyak hal baik yang muncul dari latihan rohani ini. Jika orang-orang di seluruh dunia mengetahui hal itu, maka mereka akan meninggalkan segalanya untuk meditasi dan mengikuti jalan hidup kita, karena ini benar-benar satu-satunya cara hidup yang harus kita tempuh. Itu bukan berarti bahwa kita mengorbankan semua jalan hidup yang lainnya, tetapi dengan mengikuti jalan hidup ini dapat membuat kita mengalami peningkatan dalam segala hal, dan kita meningkatkan berbagai segi kehidupan kita lainnya, karena kita tidak memiliki waktu untuk melakukan itu sebelumnya.

Oleh karena itu, bila kalian bekerja lebih sedikit, maka kalian akan lebih sehat dan dapat menghemat lebih banyak uang. Lebih banyak uang berarti kalian kadang bisa pergi retret dan menyegarkan diri kembali dalam standar spiritual dan kondisi kesehatan kalian.  Uang yang kalian tabung kemudian dapat kalian gunakan untuk membantu orang lain.  Sebelumnya, kalian bahkan berpikir bahwa kalian tidak mempunyai cukup uang untuk beramal. Tetapi sekarang, lihatlah! Kalian melakukannya di mana-mana. Kalian membantu Amerika, kalian membantu Argentina, kalian membantu Cile, kalian membantu Afghanistan, kalian membantu Afrika.

Kalian membantu di mana-mana, dan dengan jumlah uang yang sama dengan jumlah yang kalian hasilkan sebelumnya. Kalian tidak hanya membantu, tetapi kalian bisa mempunyai waktu untuk diri kalian sendiri sehingga kalian bahkan bisa pulih dari segalanya yang hilang di saat-saat sibuk serta bisa melayani dunia. Kalian menjadi lebih bijaksana, lebih ramah, lebih penuh kasih sayang, lebih toleran, dan penuh pengertian.  Begitu banyak hal yang telah kalian raih!  Kalian menjadi semakin kaya, baik di dalam maupun di luar. Kalian bahkan juga terlihat lebih baik. Kalian tampak muda dalam jangka waktu yang lebih panjang dan lebih jarang sakit. Dan meskipun kalian terserang penyakit, kalian dapat sembuh dengan cepat.

Segalanya begitu bagus hanya karena Anda menjalani suatu kehidupan yang baik dan satu-satunya jalan hidup, yaitu jalan hidup Kerajaan Tuhan. Ikuti Kerajaan Tuhan, carilah Kerajaan Tuhan, dan segalanya akan terpenuhi dengan sendirinya.

Ini adalah praktik dari ajaran Alkitab dan Buddha. Tidak ada hal lain untuk dilakukan kecuali mempraktikkannya. Sang Buddha menekankan welas asih, kebijaksanaan, dan kasih, dan kalian memiliki semuanya itu. Yesus menekankan Kerajaan Tuhan: Cintailah sesamamu, cintailah musuhmu. Kerajaan Tuhan berarti kalian memiliki kebijaksanaan. Saat kalian menghubungi Kerajaan Tuhan, itu berarti kalian bijaksana seperti Tuhan atau paling tidak mirip dengan Tuhan. Kalian memiliki semuanya itu. Apa pun yang  disebutkan, dituntut, atau ditekankan di Alkitab, kalian memilikinya. Semakin kalian mempraktikkan hal ini, semakin kalian memilikinya. Dan itulah sebabnya kalian tampak begitu bahagia.