Tips dari Guru

Melindungi Tubuh dari Dingin dan Panas

Beberapa penyejuk udara (AC) berembus secara langsung mengarah ke bagian-bagian tubuh kita dan menyebabkan ketidaknyamanan, rasa nyeri, atau kesakitan. Ikutilah garis pedoman berikut ini untuk mengurangi atau bahkan menghindari masalah ini. (Pedoman yang sama berlaku untuk pemanas maupun penyejuk udara, sebagai satu pemecahan untuk dua masalah.)

Dalam Rumah: Selubungi mesin penyejuk udara dengan kotak plastik bening (lihat foto). Sisakan sisi atas terbuka lebar dan sisi bawah sekitar ½-inci dari tembok. Dengan cara ini, udara akan bersirkulasi ke atas dan mendinginkan seluruh ruangan dan bukannya mengenai bagian-bagian tubuh Anda.

 


 

 

 

Kedua sisi dan sisi bawah sekitar ½ inci dari tembok
 

Dalam Mobil: Belokkan ventilasi penyejuk udara ke atas dan menjauh dari Anda untuk menghindari akibat yang sama, juga untuk membelokkan aliran udara agar tidak langsung mengenai mata, karena bisa mengeringkan dan melelahkan mata dan hal itu tidaklah baik, terutama pada saat mengemudi.

Dalam Rumah & Dalam Mobil:: Pada saat ingin mendinginkan ruangan dalam rumah, tingkatkan kesejukan udara secara bertahap. Sebelum melangkah keluar, secara bertahap kurangi tingkat kesejukan udara supaya tidak terlalu berbeda dari temperatur di luar. Hal ini akan melindungi sistem tubuh dari perubahan mendadak pada saat Anda masuk dan keluar dari lingkungan yang panas dan yang berpenyejuk udara.

*Jika ”terkena” udara dingin yang mengakibatkan nyeri di beberapa bagian tubuh, siramilah bagian tersebut dengan air hangat selama beberapa saat atau embuskan udara hangat dari pengering rambut pada bagian itu. Ulangi sampai menjadi lebih baik, 2 atau 3 kali per hari.