Era Vegetarian

 

Suatu Hari Baru yang Cerah
di Sekolah:

Antrean Makan Siang
Khusus Vegetarian

Dilaporkan oleh Grup Berita Amerika Serikat (Asal dalam bahasa Inggris)

Sebuah kecenderungan baru telah mulai di tempat-tempat yang paling tidak mungkin – daerah Selatan yang sudah lama dikenal dengan makanan gorengan yang berlemak tinggi, serta mempunyai tingkat serangan jantung dan stroke yang lebih tinggi daripada wilayah lain di negeri ini.

Selama bertahun-tahun, hidangan tanpa daging yang bisa didapatkan di kafetaria sekolah menengah AS hanyalah selada, buah-buahan, dan piza keju. Akan tetapi, sebagaimana diamati oleh Miriam Achibong, pendiri Klub Vegetarian Grady High School di Atlanta, Georgia; selada tidak cukup untuk mempertahankan hidup, dan “piza keju – tidak sehat karena penuh lemak”. Kekurangan pilihan ini membuat Miriam frustrasi, sebagaimana juga para siswa vegetarian yang lain. Oleh karena itu, mereka mencoba menyediakan pilihan menu vegetarian di kafetaria sekolah menengah mereka.

Dua tahun yang lalu, klub vegetarian Grady High School meraih prestasi menjadi salah satu sekolah pertama di negeri ini yang mempunyai antrean terpisah untuk santapan siang vegetarian dengan menu yang terdiri dari lumpia sayur, selada pasta, burger sayur, piza vegetarian, dan sloppy joe yang terbuat dari tahu. Antrean makan siang khusus vegetarian pada mulanya dirancang untuk 30 orang siswa anggota klub vegetarian, tetapi secara cepat menjadi populer dan para pemakan daging bahkan juga ikut mengantre. Kafetaria tersebut saat ini menyediakan makanan vegetarian untuk lebih dari 400 murid dari 1.200 murid yang ada setiap hari. Para siswa nonvegetarian yang ikut dalam antrean vegetarian mengatakan bahwa mereka suka akan pilihan makanan tanpa daging.

Antrean makan siang khusus vegetarian Grady High School dipercaya sebagai yang pertama di negeri ini. Sekolah lain yang terletak di pantai barat saat ini sedang mempertimbangkan menu makanan vegetarian untuk kafetaria mereka. Sekolah di Eugene, Oregon, dan di kota-kota Barat Laut Pasifik lain yang progresif mulai sadar akan kesehatan setelah melihat teladan dari Atlanta, kata Tom Callahan, wakil presiden senior dari Sodexho Inc., perusahaan yang menyediakan pelayanan makanan sekolah Grady. “Penekanan di masa lalu sekadar menyediakan pilihan tanpa daging, tetapi tahun lalu perusahaannya telah membawa menu vegetarian yang terpisah ke Eugene, dan sekarang kita sudah melihat perkembangannya,” kata Tom.

Dengan pertimbangan bahwa 30 persen dari anak-anak di negeri ini kelebihan berat badan atau obesitas, maka perkembangan kafetaria di sekolah ini sepertinya sangat menjanjikan bagi banyak pegawai kesehatan yang peduli tentang apa yang anak-anak makan. Tidak hanya itu, menyediakan pilihan yang lebih sehat di kafetaria sekolah telah memecahkan satu masalah lain: makan siang bukanlah sesuatu yang harus dihindari, atau sesuatu yang tidak menarik. Makanan yang tidak lezat telah menjadi masa lalu.

Sumber:
http://www.azcentral.com/health/diet/articles/0109veggie-lunches09-ON.html
http://www.jiskha.com/features/news/2006011703.html
http://mb.sparknotes.com/sparktalk.epl?t=332961