Menciptakan Perkampungan Global yang Welas Asih dan Vegetarian

Rumania, Moldavia, dan Ukraina

Sebuah Perjalanan Menakjubkan
Melalui Eropa Timur

Oleh Saudari-inisiat Daniela, Tampere, Finlandia (Asal dalam bahasa Inggris)

Terinspirasi oleh pesan Guru dalam selebaran ‘Cara Hidup Alternatif’ dan oleh banyak cerita dari saudari dan saudara kita yang telah membantu dalam penyebaran selebaran tersebut di seluruh penjuru dunia, maka sebuah tim yang terdiri dari delapan orang inisiat dari negara-negara yang berbeda di Eropa membuat sebuah rencana untuk berbagi welas asih dan berkah Guru melalui selebaran ‘Cara Hidup Alternatif’ ke Rumania, Moldavia, dan Ukraina. Sebanyak 150.000 selebaran telah dicetak dalam bahasa Rumania dan Ukraina untuk disebarkan selama perjalanan itu.

Agar bisa mencapai sebanyak mungkin kota, kami membagi tim ke dalam 2 kelompok dan dengan menggunakan 2 mobil kami meninggalkan Budapest, Hongaria pada tanggal 2 Juli Tahun Emas 3 (2006). Setelah menyeberangi perbatasan Rumania, masing-masing kelompok mengambil rute yang berbeda dan berhenti di kota-kota yang berbeda sepanjang bagian utara Rumania. Setelah 2 hari penyebaran di beberapa kota, kami menyeberangi perbatasan yang lain dan memasuki Moldavia. Di Moldavia, satu tim tinggal di Chişinău, ibu kota Moldavia, selama 2 hari; sementara tim yang kedua menyeberangi perbatasan menuju Ukraina dan sampai di bagian selatan Ukraina di mana banyak kota yang indah terletak di pantai Laut Hitam. Setelah membagikan selebaran di Chişinău, tim yang pertama memasuki Rumania kembali dan masuk ke kota-kota yang berbeda setiap harinya; melalui Pegunungan Carpathian dan menuju selatan hingga kami mencapai Sungai Danube, lalu kembali melalui Pegunungan Carpathian menuju ke bagian barat Rumania. Tim yang kedua, setelah 4 hari melakukan penyebaran di Odesa, Ukraina, dan kota-kota lain yang terdekat, juga kembali ke Rumania dan berhenti di berbagai kota sebagai bagian akhir perjalanan sebelum kedua tim kembali ke Budapest pada tanggal 11 Juli.

Setiap saat, jika keadaan memungkinkan, kami membagikan selebaran-selebaran kepada penduduk secara langsung. Ketika keadaan sangat tidak memungkinkan, kami meletakkannya ke dalam kotak surat, atau pada kaca depan mobil. Dalam perjalanan yang mengagumkan ini kami menyebarkan hampir 150.000 selebaran di 20 kota (15 di Rumania, 1 di Moldavia, dan 4 di Ukraina), dan rata-rata kami menempuh sekitar 4.500 kilometer dengan 2 mobil kami dalam waktu 10 hari. Hanya seminggu sebelum perjalanan kami, beberapa daerah di bagian utara Rumania mengalami banjir besar dan jalan-jalan mengalami kerusakan dan terhalang sehingga membuat perjalanan sangat sulit. Akan tetapi, sejak awal perjalanan kami tidak ada hujan sama sekali; kami menikmati cuaca yang sempurna, matahari bersinar cerah di seluruh kota yang kami kunjungi pada waktu itu. Hal ini merupakan berkah dari Guru untuk memudahkan penyebaran selebaran. Kadang kala kami dapat melihat awan mendung yang mencurahkan hujan di depan atau di belakang kami, atau kami dapat mendengar suara guntur seakan-akan hujan akan segera turun, tetapi kami tidak pernah basah ketika kami menyebarkan selebaran. Para inisiat juga harus mengatasi berbagai kesulitan dalam menyeberangi perbatasan menuju Moldavia dan Ukraina; tetapi kami senantiasa berada dalam semangat yang tinggi dan dengan berkah Guru, semua permasalahan dapat terselesaikan.

Pada pagi hari yang pertama, ketika kami tiba di Rumania, terjadi suatu kebetulan yang mengagumkan. Dua orang pertama yang menerima selebaran mengatakan bahwa mereka telah bervegetarian karena rasa kasih mereka terhadap hewan. Kami menganggap hal ini sebagai suatu ‘pertanda yang baik dari Guru’ untuk perjalanan kami. Penduduk Rumania adalah orang-orang yang ramah dan hangat. Mereka mau menerima selebaran dan sangat ingin mengetahui pesan dalam selebaran itu. Meskipun terdapat perbedaan kebudayaan dan sejarah di antara bagian-bagian yang berbeda di Rumania yang kami kunjungi, akan tetapi hampir semua orang yang menerima selebaran mengucapkan ‘terima kasih’ dan menyambut kami dengan senyuman yang memberi semangat. Setelah menerima selebaran, banyak orang berhenti untuk membaca isinya dan beberapa dari mereka kembali untuk menanyakan informasi lebih lanjut. Mereka ingin mengetahui di mana mereka dapat membeli produk-produk vegetarian dan dari mana kami datang untuk membawa pesan mulia ini. Beberapa orang menanyakan tentang kelompok kita dan kami memberi mereka selebaran beserta ajaran-ajaran Guru dan informasi lebih lanjut tentang Metode Quan Yin. Tujuan mulia yang mendukung kampanye ini dan kenyataan bahwa kami menyebarkan selebaran secara sukarela di kota-kota dan negara-negara yang sangat jauh, bagi beberapa penduduk setempat, adalah suatu hal yang luar biasa. Setiap orang menyambut kami dengan sangat terbuka dan mengharapkan agar kami mendapat keberuntungan, kesuksesan, dan mendapat berkah Tuhan dalam melaksanakan pekerjaan ini. Di sebuah kota, seseorang mengenali salah satu dari saudara kita ketika saudara inisiat itu menyebarkan selebaran di kota lain dan dengan gembira menyambutnya. Di Kota Rumania di mana kami pernah mengadakan seminar umum untuk berbagi ajaran-ajaran Guru 3 tahun lalu, dua orang wanita yang telah berlatih Metode Kemudahan secara mengejutkan muncul dan sangat gembira bertemu kami kembali. Selama percakapan kami, mereka menyampaikan kepada kami betapa mereka telah berdoa kepada Guru agar menjaga mereka dan kunjungan kami bagaikan jawaban yang telah mereka tunggu-tunggu. Inilah alasan mengapa mereka sangat bergembira. Kami memberi mereka banyak foto Guru dan semua permen yang telah diberkahi yang kami bawa di dalam tas kami, yang membuat mereka menjadi lebih senang. Mereka juga meminta kami untuk menyampaikan pesan kasih mereka kepada Guru yang terkasih dan memberitahukan-Nya bahwa Ia selalu berada dalam hati mereka.

Meskipun terdapat tuntutan fisik untuk mengemudi dan menyebarkan selebaran setiap hari, kami tetap memiliki motivasi tinggi dan melakukan pekerjaan tersebut dengan semangat dan kegembiraan yang sama di tiap-tiap kota. Kami merasakan kasih dan berkah Guru sepanjang waktu dan perjalanan kami penuh dengan pengalaman-pengalaman yang menyentuh. Ada banyak kejadian-kejadian lucu dan cerita-cerita jenaka yang muncul karena perbedaan latar belakang negara kami yang berbeda. Dalam hal ini, waktu yang panjang dan monoton dalam mobil berubah menjadi saat-saat yang indah bagi kami dengan saling berbagi cerita tentang perjalanan spiritual kami sehingga membuat perjalanan berlalu dengan sangat lancar. Meskipun kami menghadapi beberapa masalah dan kesulitan, semuanya akhirnya terselesaikan tanpa banyak kekhawatiran dan usaha; kami hanya menyaksikan keajaiban satu demi satu. Kami mengetahui bahwa rahmat dan cinta kasih Tuhan selalu bersama kami, dan kami dapat menyelesaikan pekerjaan dengan semangat yang tinggi dan sukses yang besar.