Dunia Satwa

 

Sahabat-Sahabat Anjing Menerima Pengakuan
atas Perbuatan Mereka Yang Mulia

Oleh Grup Berita Auckland

Tahun ini, New Zealand Kennel Club (NZKC) mempersembahkan tiga penghargaan untuk anjing-anjing yang pintar dan welas asih yang telah memberikan teladan cinta kasih kepada manusia. Sebagai tambahan atas hadiah medali pada setiap anjing, NZKC juga menyediakan persediaan makanan selama satu tahun.


 
Penghargaan Kepahlawanan Anjing
 

Jess, seekor anjing betina jenis serigala berusia satu tahun, memiliki sifat pemberani yang mulia dan pengorbanan tanpa pamrih. Pada bulan Juli, ketika kobaran api membakar rumah tuannya, Robert Buckley, Jess tidak melarikan diri. Dia sebaliknya berlari ke lantai atas dan menyalak terus hingga Buckley bangun dari tidur lelapnya. Buckley kemudian berhasil meloloskan diri ke tempat yang aman dengan tiga anak perempuannya.

NZKC menganugerahkan Jess penghargaan tertinggi, Penghargaan Kepahlawanan Anjing (Canine Hero Award), atas tindakan kepahlawanannya dalam menyelamatkan nyawa keluarga Buckley.


 
Penghargaan Anjing Pelayanan Terbaik
 

Trude, seekor anjing gembala Jerman berusia 7 tahun merupakan satu-satunya anjing di Selandia Baru yang bisa membantu anak-anak membaca. Begitu sesi sekolah dimulai, Trude pergi ke perpustakaan Sekolah Dasar Birkdale setiap Jumat sebagai sukarelawan. Dia memperbolehkan para murid yang mengalami kesulitan membaca dan berkomunikasi untuk membacakan artikel dengan keras padanya. Setiap kali seorang anak membaca, Trude mendengarkan dengan tenang dan penuh perhatian, tidak pernah menunjukkan tanda tidak sabar. Kehadirannya yang penuh cinta kasih selama empat tahun terakhir telah membantu banyak anak memperbaiki kemampuan baca mereka dan mendapatkan kepercayaan diri. Sebelum Trude pensiun tahun ini, NZKC memberikan kepadanya Penghargaan Anjing Pelayanan Terbaik (Service Dog of the Year Award).

 

 
Penghargaan Binatang Piaraan Terbaik
 

Judy adalah anjing betina jenis campuran Border collie. Ketika Judy lahir, dia dan 11 saudaranya secara sengaja dibuang ke kali dan ditembak dengan senapan oleh pemiliknya yang merupakan seorang petani. Untungnya, Judy diselamatkan dari kali oleh orang yang baik hati, dan dia dibawa pulang ke rumah untuk dijadikan anjing piaraan. Enam belas tahun kemudian, pemilik Judy memuji sifat welas asihnya yang luar biasa, dan juga mengatakan bahwa Judy sangat pintar, setia, dan pemaaf. Dengan demikian, NZKC menganugerahkan Judy Penghargaan Binatang Piaraan Terbaik (Pet of the Year Award).