Kasih dalam Tindakan

 

Surat dari Gubernur Sorsogon
kepada Wakil dari
Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai

 

(Asal dalam bahasa Inggris)

Negara Republik Filipina
PROVINSI SORSOGON
Kota Sorsogon
KANTOR GUBERNUR

21 Oktober 2006

Dengan hormat,

Angin topan Milenyo yang menghantam provinsi Sorsogon pada tanggal 27 September 2006 telah mengakibatkan kerusakan yang luar biasa terhadap kehidupan, harta benda, dan sumber daya penduduk Sorsogon. Kota Sorsogon yang mengalami kerusakan berat saat ini tidak memiliki sumber daya listrik, dengan fasilitas komunikasi yang tidak berfungsi, dan air yang tidak mencukupi bagi 152.000 penduduknya.

Persediaan air kota diperoleh dari 7 sumber mata air kecil dan 11 stasiun pompa air. Dengan tidak adanya sumber tenaga listrik, yang memerlukan waktu satu sampai dua bulan untuk memperbaikinya, maka persediaan air hanya dapat memenuhi kebutuhan dari 40% penduduk, karena air tersebut berasal dari sumber yang memakai daya tarik bumi dan 3 stasiun pompa dengan generator yang selalu siap. Meski demikian, mesin itu tidak dapat beroperasi selama 24 jam sehari. Untuk menghindari masalah kesehatan yang berkaitan dengan air yang tak layak untuk dikonsumsi, kota ini membutuhkan setidaknya 4 set generator yang ditempatkan di lokasi stasiun pompa yang strategis. Ini akan dapat melayani 40 persen konsumen tambahan, khususnya di daerah kota. Setelah tersedianya generator, mesin pensteril untuk stasiun pompa haruslah dipasang untuk melindungi kesehatan dan kebutuhan air penduduk. Secara terperinci, sistem pengadaan air kota membutuhkan:

2 unit generator @ 50-55 KVA
1 unit generator @ 75 KVA
1 unit generator @ 25 KVA
11 mesin pensteril kaporit
30 tong serbuk kaporit

Barang-barang yang dibutuhkan itu merupakan permintaan mendesak yang akan mengatasi kekurangan air di pusat kota yang memiliki kepadatan penduduk tertinggi. Hal ini akan meringankan beban kesulitan yang sekarang ini sedang menimpa penduduk Kota Sorsogon.

Pemerintah provinsi Sorsogon dan pemerintahan kota serta penduduk Sorsogon akan mengingat bantuan Anda, yang datang untuk menghilangkan kesusahan dan kekhawatiran yang disebabkan oleh bencana alam yang tak dapat dihentikan oleh siapa pun juga, kecuali Yang Maha Kuasa.

Hormat kami,

RAUL R. LEE

Gubernur