Kasih dalam Tindakan

Formosa

 

 

Kepedulian kepada Mereka yang Kurang Beruntung
di Musim Dingin

Laporan disusun oleh Grup Berita Formosa (Asal dalam bahasa China)

Taipei

Karena gelombang udara dingin menyebabkan suhu udara menurun drastis, maka rekan-rekan inisiat setempat menyumbangkan pakaian musim dingin kepada pusat-pusat pelayanan masyarakat di Datung Taipei, Zhongshan, distrik Zhongzheng dan Wanhua, Rumah Sakit Chung Hsing, dan Asosiasi Sukarelawan Kota Taipei. Kami juga menyumbangkan alat-alat kesehatan serta obat-obatan sesuai kebutuhan para tunawisma di tempat yang berbeda.

Pada tanggal 19 Januari Tahun Emas 4 (2007), para inisiat mengirim setumpuk pakaian hangat gelombang pertama kepada Pusat Kesejahteraan Masyarakat Datung yang diterima oleh Wakil Pengawas Tsai Ming-zhuan beserta Bpk. Zhang. Kami juga menyiapkan majalah Berita dan tatakan meja ‘Cara Hidup Alternatif’ kepada para sukarelawan untuk meningkatkan semangat mereka. "Melayani masyarakat adalah tugas yang berat," kata Nona Tsai yang sudah lama mendedikasikan diri sebagai seorang konselor tunawisma. Di samping kekurangan sumber daya materi, para pekerja sosial juga berhadapan dengan masalah-masalah lain seperti bunuh diri dan depresi. Akibatnya, mereka menjadi rentan terhadap pengaruh emosi negatif selama bertahun-tahun. Ia sangat setuju bahwa ajaran Maha Guru Ching Hai dapat membawa peningkatan rohani dan merupakan obat terbaik untuk menyembuhkan penyakit-penyakit pikiran maupun jiwa. Malaikat-malaikat yang berkomitmen membantu masyarakat yang sakit pada akhirnya menyadari seberapa pun besar usaha dan pengorbanan yang dicurahkan tidak akan benar-benar dapat menghilangkan masalah-masalah sosial yang ada. Satu-satunya solusi adalah dengan jalan peningkatan rohani dan pencerahan.

Pada tanggal 23 Januari, para inisiat mengunjungi Asosiasi Sukarelawan Kota Taipei di Banciao dengan membawa setumpuk pakaian hangat lain. Di sini, kami disambut dengan ramah oleh Direktur Huang Mei-ying, yang sekarang tampak lebih muda dan berenergi setelah berlatih Metode Kemudahan. Beliau berulang kali berterima kasih kepada Guru atas Kasih-Nya yang tanpa batas. Ia juga mengatakan bahwa sumbangan kami sangat sesuai dengan kebutuhan para tunawisma. Pakaian akan dibagikan usai acara makan malam akhir tahun, dan pelayanan kesehatan maupun konsultasi pekerjaan akan disediakan untuk membantu para tunawisma yang ingin berdikari dan memulai hidup baru.

Pada tanggal 25 Januari, rekan-rekan inisiat tiba di Pusat Pelayanan Masyarakat Wanhua dengan membawa 18 buah kardus berisi 100 pasang celana panjang, 200 jas tebal, 108 pasang sepatu kungfu, dan alat-alat kesehatan. Sumbangan ini diterima oleh Kepala Divisi Zhong Pei-zhen. Menurut Bpk. Zhang Xian-zhong, seorang pekerja sosial di pusat layanan tersebut, di antara sumbangan-sumbangan dari berbagai macam kelompok, sumbangan dari Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai adalah sumbangan yang paling disukai. Pakaiannya bersih-bersih, dikelompok-kelompokkan, dan berguna karena rekan-rekan inisiat terlebih dahulu menghubungi Pusat Pelayanan untuk membahas kebutuhan mereka. Pusat Pelayanan sangat berterima kasih kepada kelompok kita yang terus memberi perhatian tulus kepada warga jalanan selama bertahun-tahun. Seorang staf memberitahukan bahwa dalam setiap kesempatan, mereka dapat merasakan Kasih Guru dan ketulusan dari rekan-rekan inisiat. Hanya ketika kita bekerja bahu-membahu membantu orang-orang kurang beruntung, maka masyarakat baru dapat menjadi lebih baik.

Kami senang telah mengirimkan pakaian hangat kepada warga jalanan di kota metropolitan Taipei sebelum arus dingin berikutnya tiba. Semoga mereka dapat merasakan kasih dan perhatian hangat dari Guru melalui tangan-tangan kasih pekerja sosial.

 

Chiayi

Pada tengah malam tanggal 5 Januari Tahun Emas 4 (2007), rekan-rekan inisiat dari Center Chiayi pergi keluar untuk mengunjungi teman-teman tunawisma di tempat-tempat yang sering mereka kunjungi dengan membawakan pakaian hangat, sop vegetarian panas, buku contoh Guru, selebaran 'Cara Hidup Alternatif', dan khususnya senyuman ramah dari inisiat. Pada musim dingin ini, kehangatan hati dan kasih kami disambut gembira oleh warga jalanan. Beberapa dari mereka segera membaca publikasi Guru begitu mendapatkannya.

 

Tainan

Karena musim dingin telah tiba dan tahun baru sudah dekat, Center Tainan menyelenggarakan kegiatan "Tahun Baru Gembira" dengan sekitar seratus keluarga miskin serta orang tua tunggal penerima tunjangan Proyek Bantuan Keluarga Kabupaten Tainan. Inisiat setempat menyiapkan sebuah konser kecil, permainan bagi orang tua dan anak-anak, serta sebuah pesta vegetarian mewah yang tiada duanya. Setiap keluarga menerima hadiah Tahun Baru, sementara itu, undian berhadiah diadakan dengan ratusan hadiah seperti peralatan rumah tangga hingga selimut tebal. Dua puluh keluarga yang sedang membutuhkan bantuan masing-masing menerima uang tunai sebesar NT$5.000 (kira-kira 150 dolar AS), agar mereka dapat merayakan tahun baru. Banyak wartawan datang meliput kegiatan yang diadakan pada tanggal 28 Januari Tahun Emas 4 (2007), di aula utama Sekolah Menengah Pertama Nanxin Kota Tainan.

Di antara para tamu, ada satu orang tua tunggal bersama tiga orang anak. Seluruh anggota keluarganya vegetarian. Dia memberitahu bahwa dia dapat merasakan energi yang sangat kuat ketika dia tiba di lokasi acara. Ketika dia melihat foto Guru, dia merasa sangat akrab karena Guru pernah datang mengunjunginya dalam mimpi pada malam sebelumnya dengan memakai pakaian yang persis sama. Hal ini telah membuat ibu tersebut sangat tersentuh.

Bpk. Zhou Ming-quan, direktur Proyek Bantuan Keluarga, bersama dengan dua puluh anak dari keluarga penerima bantuan, memberikan Surat Penghargaan kepada Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai. Direktur Zhou berulang kali mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Guru atas kebaikan hati-Nya. Beliau juga ingin mengucapkan Selamat Tahun Baru kepada Guru.

 

Yilan

Pada tanggal 27 Desember Tahun Emas 3 (2006), rekan-rekan inisiat dari Center Yilan menyiapkan banyak paket hadiah yang berisikan makanan vegetarian, bungkusan panas, majalah Berita, buku contoh Guru, dan selebaran 'Cara Hidup Alternatif', kepada Pusat Pelayanan Tunawisma yang didirikan oleh Yayasan Ren-an Lotung. Tujuannya adalah untuk menyampaikan Kasih Guru dan kepedulian kami kepada para tunawisma. Beberapa orang tua menawarkan kami teh dan membantu menurunkan paket-paket. Kami semua sangat tersentuh oleh kebaikan hati mereka.

 
Kliping berita dari China Daily News, China Times, dan Liberty Times yang memuat aktivitas-aktivitas Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai saat memberikan kehangatan dan kasih kepada warga miskin di musim dingin.