Seekor Parkit Cerdas tak Pernah Tersesat

Dunia Satwa

 

 

 

 

 

Grup Berita Jepang (Asal dalam bahasa Jepang)

Sebuah film dari Amerika Serikat “Paulie” (1998) menggambarkan petualangan seekor burung nuri yang cerdas. Setelah mengalami banyak kesulitan saat melakukan perjalanan melintasi negara untuk mencari pemiliknya, akhirnya ia bisa bersatu kembali dengannya. Dalam kehidupan nyata, cerita yang serupa terjadi pada seekor parkit di Jepang. Untunglah parkit ini hanya terpisah dari pemiliknya selama beberapa hari saja sebelum ia dapat kembali ke pangkuannya.

Di Kota Morioka, Iwate Prefecture, Jepang, seorang wanita tua bernama Michi Toda mempunyai seekor parkit yang bernama Chirotan. Parkit ini sudah dua kali tersesat dari rumah. Namun karena Ny. Toda sudah mengajarkannya menyebut nama dan alamatnya, Chirotan dapat kembali ke rumah dengan selamat.

Pada tanggal 15 September, Tahun Emas 2 (2005), [blp 1] Chirotan terbang ke luar dari salah satu jendela yang lupa ditutup oleh Ny. Toda saat meninggalkan rumah. Keesokan harinya, Chirotan ditemukan di sebuah balkon apartemen tidak jauh dari rumah Ny. Toda. Orang-orang dari apartemen itu membawa Chirotan ke sebuah taman kanak-kanak dimana seorang anggota staf di sana ingin memeliharanya. Akan tetapi pada hari berikutnya, Chirotan tiba-tiba mulai berkata berulang kali: “Parkit Chirotan dari rumah Toda di kota Morioka.” Staf wanita yang baik hati itu kemudian mencari alamat tersebut dan sangguh mengejutkannya karena ia benar-benar dapat menemukan Ny. Toda. Wanita tua itu begitu bahagia mendapatkan Chirotan kembali pulang ke rumah. Ia mengatakan “Chirotan adalah anggota keluarga saya. Sungguh menyenangkan dapat melihatnya kembali.”

Namun, hanya satu bulan setelah Chirotan kembali ke rumah, saat Ny. Toda mengantarkan tamunya ke pintu, Chirotan mengambil kesempatan itu untuk terbang ke luar lagi. Tiga hari kemudian ia ditemukan di sebuah pom bensin. Kali ini Chirotan hanya mengatakan, “Chirotan dari kota Morioka,” dan karena berita terbangnya Chirotan secara luas disiarkan di TV, seseoang yang melihat parkit itu menghubungi stasiun TV dan lalu Chirotan, parkit yang cerdas, sekali lagi kembali ke tangan Ny. Toda.