Pertukaran Spiritual
Sebuah Wawancara dengan Presiden Republik Slovenia -
Seorang Rohaniawan Berusaha Keras untuk Meningkatkan Kesadaran Umat Manusia
 
 
Dari Supreme Master Television, Episode 187 dan 188
(Asal dalam bahasa Inggris)
 

 

I: Hallo, dan selamat datang di Supreme Master Televisi. Hari ini kita berada di Slovenia, negara indah dan damai di jantung Eropa. Slovenia terkenal dengan keindahan alamnya dan hutan-hutan yang menarik. Slovenia juga memiliki seorang presiden yang sangat tercerahkan, Janez Drnovsek. Dr. Drnovsek adalah seorang vegetarian dan pembela hak serta kesejahteraan binatang. Ini merupakan suatu kehormatan bagi saya untuk berbicara dengan presiden mengenai filosifi spiritualnya, serta kehidupannya sebagai seorang vegetarian dan karyanya terhadap kemanusiaan.

Pada tahun 2006, Anda mencetuskan gerakan non politis untuk meningkatkan kesadaran kemanusiaan yang disebut Gerakan untuk Keadilan dan Kemajuan. Dapatkah Anda menjelaskan pandangan dan aspirasi Anda terhadap gerakan yang indah ini?

JD: Ya, tujuan saya adalah untuk meningkatkan kesadaran orang, tidak hanya di Slovenia, tapi di seluruh dunia. Saya pikir kita memerlukan masyarakat kritis yang sadar untuk mengubah kondisi dunia saat ini. Terlalu banyak penderitaan di dunia ini dan kita menghancurkan planet kita, dari hari ke hari. Dan sangat penting untuk meningkatkan kesadaran orang akan hal ini. Hanya dengan adanya orang yang cukup sadar di dunia ini, maka saya pikir keadaan politik akan berubah. Dalam sudut politik, saya tidak melihat perubahan yang akan dilakukan oleh politikus. Tekanan dan perubahan harus dari yayasan serta masyarakat. Kemudian perilaku politikus serta para relawan akan mulai berubah dan dengan demikian kita akan menciptakan dunia yang lebih baik.

Menjadi Sempurna dan Terhubung Kembali dengan Kesadaran Universal

I: Anda juga menulis, “Kita tidak sempurna karena kita tidak berwelas asih dan kita tidak mengasihi semua makhluk hidup,” sehingga kita kehilangan hubungan dengan kesadaran universal. Bagaimana pandangan Anda dapat menjadi sempurna dan mendapatkan kembali hubungan tersebut?

JD: Saat kita mengalahkan kepentingan diri, maka kita menjadi sempurna. Saat kita mulai berpikir yang baik dan melakukan yang baik; saat kita mengasihi orang lain, makhluk lain, dan alam, maka kita sempurna. Jika tidak, kita tidak menjalani kehidupan dengan benar. Mementingkan diri sendiri adalah masalahnya, hal yang terpenting bagi manusia atau seorang individu adalah untuk mengalahkan sikap mementingkan diri sendiri. Tetapi ini juga merupakan hal terpenting bagi manusia secara keseluruhan.

Saat ini, kita memiliki begitu banyak kepentingan diri, serakah, dan berjuang demi kekuasaan, demi pengakuan, dan barang material. Namun kita dapat melihat dunia tidak adil dan situasi bertambah buruk dan lebih buruk. Kita tidak meningkatkan kondisi kehidupan orang di negara kurang berkembang. Masih banyak orang yang mati kelaparan, dan kita tidak mampu mengubah penurunan kualitas iklim dan planet yang terus menerus. Kita memerlukan suatu kepemimpinan yang berorientasi kemanusiaan. Kadang saya mengatakan secara ideal tentang politik yang membela kepentingan kemanusiaan secara keseluruhan. Namun selalu saja ada kepentingan beberapa kelompok orang atau negara-negara dengan kepentingan ekonominya. Kita dapat berbicara mengenai kepentingan geopolitik, tetapi siapa yang membela kemanusiaan secara keseluruhan? Siapa yang membela bumi ini? Tak ada seorangpun!

Maka saya pikir kita harus berperilaku sebagai penduduk bumi ini. Jika tidak, semua mekanisme yang ada akan menyebabkan kehancuran. Kita dapat meramalkan bahwa dalam waktu tidak lama lagi iklim akan sangat rusak sehingga tidak dapat diperbaiki lagi, dan akan sampai titik tidak bisa diperbaiki lagi. Pada saat tersebut manusia memang belum berakhir, namun penderitaan akan mulai terjadi dengan cuaca yang lebih ekstrim, dengan banyak bencana alam, dan kondisi yang semakin tidak layak untuk didiami manusia. Dan bayangkan apa yang dipikirkan orang yang hidup di tiga puluh atau empat puluh tahun dari sekarang, terhadap generasi yang seharusnya dapat mencegah hal tersebut, namun tidak melakukannya. Apa yang akan mereka pikirkan terhadap kita jika kita tidak melakukan atau mengubah pola perilaku politik kita, dari perusahaan besar, terkadang dari media besar dan sebagainya; bahwa kita membiarkan hal tersebut berjalan terus, hanya karena kepentingan, keuntungan, keserakahan, sikap mementingkan diri sendiri, persaingan antar manusia, individu, atau bangsa.

I: Berbicara mengenai iklim, beberapa guru spiritual mengatakan bahwa polusi ini lebih disebabkan oleh pikiran kita, tidak hanya dari teknologi yang kita gunakan. Apa pendapat Anda mengenai hal ini?

JD: Saya mengatakan bahwa kesadaran kita tidak cukup kuat untuk perkembangan teknologi. Teknologi bumi telah berkembang jauh, namun kesadaran manusia tetap rendah dan tidak cukup tinggi dengan perkembangan ini, kita mungkin sedang menghancurkan kemanusiaan. Jadi kita harus berpikir jernih, bahwa kita memerlukan kesadaran tinggi untuk meyakinkan bahwa perkembangan yang ada tidak akan menghancurkan diri kita sendiri. Dalam sejarah manusia, makhluk hidup tidak pernah berada dalam situaasi dimana mereka dapat menghancurkan seluruh planet atau kemanusiaan itu sendiri. Akan tetapi sekarang, dengan perang, dengan serangan teror besar-besaran atau hanya dengan perubahan iklim, kita seolah tidak melakukan apapun untuk menghentikannya. Jadi, kita memerlukan sejenis kesadaran yang berbeda, kita memerlukan lebih banyak spiritualitas.

I: Apa pendapat Anda dalam hal ini. Sekarang kita memiliki banyak politikus sebagai pemimpin masyarakat, apakah kita juga memerlukan pemimpin spiritual, atau apakah lebih baik kedua hal tersebut digabungkan dalam satu orang?

JD: Tentu saja akan lebih baik jika politisi dapat memiliki spiritual atau memiliki kesadaran yang cukup tinggi. Namun sulit, karena pola politik susah bergerak ke arah itu. Jika seorang individu memulai, maka ia akan menghadapi banyak masalah, dan tidak mudah baginya untuk mengubah hal ini. Jadi saya berpikir bahwa kita memerlukan dukungan yang lebih luas dari banyak orang di seluruh dunia. Akan lebih positif jika para pemimpin spiritual dan juga pemimpin religius untuk bergabung dalam usaha meningkatkan keadaan dunia. Sekarang kita berharap agar setiap orang dapat bergabung dalam usaha ini - semua pemimpin religius di dunia dan para pemimpin spiritual untuk meningkatkan kesadaran manusia. Kemudian para politikus harus merespons ke masyarakat.

Pendidikan Harus Menyumbang pada Perkembangan Kesadaran Spiritual dan Bentuk Kesadaran yang lebih Tinggi

I: Kita semua tahu bahwa anak-anak kita akan menghadapai perjuangan di planet ini. Anda mempunyai saran bagaimana mendidik mereka atau mempersiapkan mereka untuk melakukan pekerjaan mereka?

JD: Pendidikan sangat penting. Saya pikir pendidikan harus berkontribusi dalam pembentukan kesadaran anak-anak. Ini jauh lebih penting untuk mereka daripada memperoleh berbagai macam pengetahuan. Mereka harus mengembangkan kesadaran dalam diri mereka, suatu kesadaran atau perasaan bahwa makhluk hidup saling tergantung, dimana orang harus saling menjaga, bahwa kita tidak dapat hidup tanpa hubungan dan solidaritas dengan orang lain, makhluk hidup lain, binatang, alam, dan sebagainya. Dan tentunya mereka harus diajarkan bagaimana mengalahkan kepentingan diri, tidak diajarkan bagaimana melakukan bagi diri sendiri bagaimana untuk sukses, bagaimana mendapatkan karir atau bagaimana mendapatkan uang sebanyak mungkin. Ini adalah pola lama yang berlawanan dengan pola kemanusiaan. Jadi metode baru harus diajarkan. Namun hal ini tidak mudah karena kita memerlukan guru dan orang tua dengan tingkat kesadaran tinggi. Selain itu kita juga tidak mempunyai banyak waktu untuk menyerahkan tugas ini kepada anak-anak kita. Kita harus mengajar mereka dengan benar, dan dalam waktu yang sama kita harus melakukan pekerjaan kita; kita harus meningkatkan kesadaran masyarakat terlebih dahulu, dan kemudian bersama-sama melakukan tindakan untuk menghentikan pengrusakan iklim, planet, dan tindakan tersebut akan lebih bermanfaat dibandingkan dengan undang-undang untuk menghentikan perang dan konflik yang berulang sepanjang waktu karena keserakahan, keinginan mendominsasi orang lain, dan sebagainya.

I: Mungkin ini pertama kali dalam sejarah bahwa semua pengetahuan dan kebijakan mengenai hidup dapat diberikan kepada setiap orang. Kita memiliki internet, dan banyak Guru spiritual, pengajar, dosen, dan sebagainya. Namun masih banyak orang yang menderita. Apa permasalahannya sehingga hal tersebut tidak terjadi?

JD: Kita sekarang sedang menghadapi situasi seperti sekarang. Di satu sisi, kita memiliki kemungkinan untuk menggunakan semua pengetahuan dan pengalaman kemanusiaan dan menyebarkan teknologi baru ini, menggunakan Internet dan media. Pada sisi lain, peralatan yang sama dapat menyebarkan kesadaran lain seperti materialisme, kepentingan diri sendiri, hanya untuk menyediakan kehidupan nyaman untuk setiap orang - terutama kita berbicara mengenai penduduk di negara berkembang - tanpa memikirkan masalah-masalah di dunia ini atau mengenai kesulitan orang lain. Mereka hanya berkonsentrasi pada diri mereka melalui TV saat mereka tidak bekerja atau berbelanja. Jadi, arus kesadaran berasal dari cara hidup yang dikembangkan.

Jadi kita harus mendapatkan satu cara menggunakan teknologi modern, terutama Internet dan juga media lain untuk menyebarkan kesadaran lebih tinggi, menyebarkan kesadaran spiritual dan menyadarkan orang. Namun benar bahwa sering kali sangat sulit untuk menyadarkan seseorang yang sudah nyaman hidupnya dan yang hanya berpikir tentang dirinya, tidak terhadap orang lain dan tidak terhadap masa depan dunia.

Maka suatu kejutan sangat diperlukan. Saya pikir kita telah memiliki berbagai jenis kejutan; kita tahu sekarang kita memiliki banyak sekali bencana alam, dan mungkin yang lebih serius akan datang, dan akan menjadi sulit untuk dilupakan. Sebagai contoh, bencana alam yang terjadi di New Orleans, dimana orang berusaha untuk melupakannya dengan cepat. Media bahkan juga telah melupakannya, semua orang berusaha melupakannya dan tidak lagi berpikir mengenai hal tersebut. Jadi, bencana alam lain, mungkin akan lebih besar dari ini mungkin akan terjadi. Sesuatu dalam masyarakat kita harus berubah. Sayangnya hal ini tidak cukup. Namun saya yakin bahwa kejutan yang lebih besar sedang berjalan; dan mungkin kejutan-kejutan besar tersebut akan membantu menyadarkan kesadaran manusia, bersama dengan usaha-usaha kita, sehingga semua dari kita sadar akan keadaan dunia, bahwa masa depan berada dalam keadaan bahaya.

Pola yang Perlu Diubah untuk Meningkatkan Kesadaran

I

I: Anda menyebutkan bahwa beberapa pola perlu diubah untuk meningkatkan kesadaran. Apakah menurut Anda sebuah langkah yang sangat besar dapat membuat lebih banyak orang menjadi vegetarian? Apakah itu memiliki pengaruh yang kuat?

JD: Ini sebuah pertanyaan penting. Saya berpendapat bahwa sekarang kita dapat menghasilkan makanan vegetarian yang cukup untuk memberi makan setiap orang di dunia. Kita tidak perlu membunuh binatang. Ini hanya kesadaran manusia yang rendah yang menjalankan pilihan ini tanpa berpikir panjang. Kita dapat memberitahu seseorang di restauran, ”Jika Anda memesan sepotong bistik, maka mereka harus membunuh seekor sapi untuk Anda. Dan mereka kemudian mengambil sebagian dari sapi itu untuk diambil dagingnya, dan membuat sapi itu menderita. Anda harus berpikir dan peduli terhadap asal dari sepotong bistik. Tetapi ini tidak berarti Anda dapat dengan bebas memakan ini. Anda memiliki bermacam-macam jenis makanan vegetarian yang baik.” Banyak orang yang makan secara asal. Orang-orang berpikir bahwa hal ini dilakukan setiap orang maka mereka terus melanjutkannya tanpa berpikir. Jadi kita harus meningkatkan kesadaran tentang hal ini juga.

I: Mereka mulai melihat hewan sebagai makhluk hidup juga

JD: Benar, hewan adalah makhluk yang dapat merasakan sakit dan bahagia seperti kita. Mereka memiliki kesadaran dan mereka sadar dengan apa yang terjadi. Hewan mengetahui saat kita ingin membunuh mereka. Mereka menderita, mereka takut, mereka merasakan; dan kemudian orang-orang memakan semua hewan-hewan ini. Di masa depan, umat manusia kelak akan memperlakukan hewan dengan cara yang lebih beradab, lebih baik dari sekarang, dan hidup selaras dengan alam.

I: Apakah Anda berpendapat bahwa energi positif sangat penting bagi orang untuk lebih mengerti, boleh dikatakan bagaimana hal itu dapat menolong mereka?

JD: Energi positif penting sekali, dan kita sangat membutuhkannya karena ada begitu banyak energi negatif di dunia ini. Kita menciptakan energi negatif dengan emosi, pikiran, dan perbuatan negatif kita. Semua hal ini untuk pertahanan, material, dan kekuasaan sehingga menciptakan banyak energi negatif. Di sisi yang lain, tidak cukup energi positif untuk menyeimbangkan energi negatif. Sehingga kita harus menciptakan energi positif. Saya berpendapat bahwa kita mulai menciptakan energi positif ketika kita mengalahkan kepentingan sendiri, ketika kita menjadi sadar atas orang lain, ketika kita berwelas asih, ketika kita merasakan penderitaan orang lain. Pada titik ini, kita mulai untuk menciptakan energi positif dalam pikiran, perasaan, dan dengan melakukan hal-hal yang positif seperti membantu orang dan hewan. Jadi kita sangat membutuhkan energi ini.

Meningkatkan kesadaran berarti menciptakan banyak energi positif untuk semua orang di manapun berada. Hal ini berarti melakukan segalanya dengan positif untuk menciptakan pengaruh-pengaruh positif itu. Dan media maupun program seperti ini sangat penting. Kita memiliki cerita untuk membuat semua orang sadar, tetapi secara umum kita tidak cukup menggunakannya. Jadi kita harus menyebarkan lebih banyak energi positif di manapun di dunia ini. Saya pikir bahwa pada dasarnya semua agama ingin membuat umat manusia lebih baik, melakukan hal-hal yang baik untuk mengembangkan nilai-nilai kejujuran, pengertian, dan menolong orang lain. Jadi marilah kita memusatkan pada hal ini dan mencoba untuk mengumpulkan semua konsep yang berbeda, untuk meningkatkan kesadaran umat manusia.

I: Apakah ada perbedaan antara spiritualitas dengan agama?

JD: Agama adalah salah satu cara untuk mengembangkan spiritualitas. Itu bukanlah satu-satunya, tetapi merupakan cara yang penting.

I: Di Slovenia, mereka mempunyai hukum tentang agama dan pemimpin agama. Apakah Anda berpikir bahwa kita harus membuat orang lebih sadar atau menjadi lebih bertanggung jawab untuk kehidupan yang kita jalani?

JD: Hukum tidak akan mencapai ini. Jika kita berbicara tentang agama, maka setiap agama sangat baik jika dijalankan dengan tulus dan mendalam. Setiap doa baik, karena setiap doa menciptakan energi positif. Orang-orang mencoba untuk lebih dekat dengan kesadaran semesta yang lebih tinggi melalui agama dan doa. Jadi sangat penting untuk menjalani agama dengan tulus. Jadi agama dapat menolong individu menjadi religius dan agama juga dapat menolong orang lain. Jadi menurut saya, ketulusanlah yang paling penting; tetapi kita tidak dapat mencapainya melalui hukum.

I: Apakah Anda mendukung pengobatan pelengkap?

JD: Pengobatan pelengkap sangat penting. Saya pikir bahwa salah satu masalah yang ada di masyarakat sekarang adalah terlalu tergantung pada obat resmi yang berdasarkan pada produk farmasi. Masyarakat terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan seperti ini yang biasanya mengandung produk kimia. Dan masyarakat bergantung pada dokter, mereka tidak mengetahui masalah mendasar dalam kesehatan dan gaya hidup mereka; mereka tidak tahu. Jadi saya pikir sangatlah penting bagi kita untuk memperhatikan kesehatan serta mengembangkan diri kita sendiri. Hal ini sangat penting; ini adalah kesadaran batin atau suara batin, intuisi yang dapat menolong seorang manusia dalam berbagai situasi untuk melakukan yang terbaik dan juga hidup dengan cara terbaik yang mungkin dilakukan untuk menghindari penyakit.

Dan kita harus hidup lebih dekat dengan alam. Hidup kita sudah tidak alami lagi. Kita telah kehilangan hubungan kita dengan alam; sehingga kita harus menemukannya di manapun memungkinkan. Jika kita berurusan dengan penyakit, maka marilah kita pergi ke taman sesering mungkin, atau pergi ke alam bebas. Alam bebas dengan cara yang misterius dapat mengurangi semua hal-hal negatif yang kita akumulasikan dalam kehidupan kita yang sibuk dan tidak sehat serta dapat meringankan begitu banyak penyakit di masyarakat masa kini, seperti kanker atau AIDS. Saya pikir suatu penyembuhan untuk penyakit apapun dapat ditemukan di alam, bukan di dalam apotek, kimia, atau produk-produk farmasi. Tetapi untuk cara ini kita harus mengembangkan suatu cara hidup yang berbeda, dan tetap berhubungan dengan alam.

Pemikiran tentang Kehidupan dan Kesadaran

I: Akan merupakan suatu hal yang baik jika anak-anak memiliki kesempatan untuk menerima pendidikan seperti itu. Sebaliknya, mata pelajaran di sekolah berisi tentang banyak hal kecuali tentang kehidupan, cinta kasih, dan bagaimana pikiran kita bekerja, karena itulah hal terpenting dalam kehidupan kita, dan kita harus menjalaninya.

JD: Itu benar. Sangat sulit bagi banyak orang untuk hidup dan belajar melalui kehidupan. Itulah mengapa saya memutuskan untuk mengarang dan menulis buku, “Pemikiran tentang Kehidupan dan Kesadaran” (Thoughts on Life and Consciousness). Saya mencoba untuk memindahkan pengalaman dan pengetahuan saya tentang kehidupan dan kesadaran saya kepada orang lain. Dan banyak orang yang berkata bahwa buku itu telah mengubah kehidupan mereka, mengubah pola hidup mereka, dan menemukan cara-cara yang tidak mereka temukan sebelumnya. Jadi saya pikir setiap orang harus melakukan apa yang dapat ia lakukan, dan juga menolong orang lain belajar bagaimana menjalani hidup.

Buku “Pemikiran tentang Kehidupan dan Kesadaran” (Misli o življenju in zavedanju), ditulis oleh Dr. Janez Drnovsek, Presiden Republik Slovenia

I: Kami sangat berterima kasih kepada Anda atas waktu yang diberikan kepada kami serta kebijaksanaan dan ide-ide Anda yang penuh inspirasi. Kami berharap dapat mendukung pekerjaan Anda. Dan kami berterima kasih atas nama semua penduduk Slovenia yang mendukung Anda. Kami berpikir bahwa sangatlah penting dan baik jika kita memiliki seorang presiden yang begitu spiritual dan yang berjalan di jalur pengembangan kesadaran.