Karmapa Ogyen Trinley Dorje Ke-17
Era Vegetarian
♥♥♥♥♥
Karmapa Ogyen Trinley Dorje Ke-17 Menyampaikan Pesan yang Sangat Kuat Mengenai Vegetarisme

Oleh Grup Berita Seoul (Asal dalam bahasa Korea)

Pada tanggal 27 Desember, Tahun Emas 3 (2006), acara tahunan Kagyu Monlam Agung ke-24 diadakan di Bodhgaya, India, tempat di mana Buddha Sakyamuni memperoleh pencerahan. Saat ini merupakan saat dimana para umat Buddha dari seluruh penjuru dunia hadir bersama untuk berdoa, bermeditasi, dan mendiskusikan Dharma selama delapan hari.

Peristiwa itu dipimpin oleh Yang Suci Karmapa Ogyen Trinley Dorje Ke-17, yang menyampaikan pesan mengenai vegetarisme pada tanggal 3 Januari, Tahun Emas 4 (2007). Ia menyerukan kepada semua warga Sekolah Kagyupa untuk berhenti makan daging, Ia mengatakan, “Semua biarawan dari Kamtsang Kagyu, tidak boleh dan tidak seharusnya membuat makanan dari daging dan memasaknya di dapur biarawan. Jika kalian membawa daging dan memasaknya di dapur biarawan, maka itu berarti kalian tidak menganggap saya sebagai guru kalian, kalian bukan anggota Karma Kagyu. Dan tidak ada lagi yang harus dibicarakan mengenai hal itu. Tamat. Hal ini sangat penting.” Dengan mengutip beberapa ayat dari kitab suci Agama Buddha dan ceramah-ceramah para mendiang Lama, seperti Mahayana, Vinaya, Bodhisattvayana, Do Lanka Shepa, Na Nyen Le Depa Do, Mikyo Dorje, dsb., ia menguatkan pandangannya bahwa makan daging adalah hal yang dilarang dalam tradisi Buddha. Ia juga menekankan bahwa menggunakan alkohol dan daging untuk persembahan tidak dapat diterima dan tidak seorang pun boleh terlibat dalam usaha menjual daging. Bagi semua pengikutnya, praktik tersebut harus dihentikan.

Untuk membantu para hadirin berhenti makan daging secara bertahap, Yang Suci Karmapa Ogyen Trinley Dorje Ke-17 meminta mereka untuk mengangkat tangan jika mereka telah berketetapan hati ingin memulainya dengan memakan daging hanya satu kali dalam sehari, memakan daging hanya satu kali dalam seminggu atau satu kali dalam sebulan, berhenti memakan daging pada hari-hari khusus, berhenti memakan daging untuk periode tertentu seperti satu tahun atau tiga tahun, atau mengurangi makan daging secara perlahan, dan kemudian berhenti sama sekali. Karmapa sangat puas melihat tanggapan dari para hadirin.

Selama lima hari diselenggarakannya festival tersebut, Tibetan Volunteers For Animals (TVA - Sukarelawan Tibet untuk Binatang) berhasil menyebarkan pesan mengenai vegetarisme kepada masyarakat umum melalui gambar yang dipertunjukkan dan pembagian CD, video dokumentasi, dan majalah-majalah.

Sangat membesarkan hati saat menyaksikan seorang pemimpin agama secara terbuka menekankan pentingnya menjadi vegetarian yang sebelumnya sangat sulit untuk dilakukan di Tibet.

Untuk mendapatkan pidato lengkap dari Yang Suci Karmapa Ogyen Trinley Dorje Ke-17 pada tanggal 3 Januari 2007, silakan merujuk ke: http://www.kagyumonlam.org/Monlam2007/veg.htm (Inggris) http://www.shabkar.org/download/pdf/Talk_on_Vegetarianism.pdf (Inggris)
http://www.kagyumonlam.org/docs/home.htm (Inggris)

Biarawan Tibet sedang melihat foto-foto yang mempromosikan vegetarisme