Penghargaan Kepahlawanan Cemerlang Dunia
 
 

Anjing yang Bernama “Hero”

 

Oleh Grup Berita Georgia, Amerika Serikat (Asal dalam bahasa Inggris)

Hero, begitulah ia dinamakan. Ia telah menjadi dikenal karena usahanya saat membebaskan dirinya dari rantai majikannya dan menggonggong ke sekitar tetangga. Terakhir kali Hero membebaskan diri, ia tertarik oleh suara tabrakan mobil. Shannon Lorio kehilangan kendali mobilnya ketika melaju di tikungan. Mobilnya terbalik dan masuk jurang di kawasan hutan yang terpencil. Shannon terpelanting keluar dari jendela belakang dan kebingungan, penuh luka, dan berbaring di atas bagasi mobilnya. “Saya mengeluarkan darah dari muka dan hidung,” katanya. “Tiba-tiba, saya merasa ada yang muncul – sosok yang besar. Ia menginjakkan kakinya ke saya. Saya terlalu banyak menonton film horor tentang manusia serigala dan vampir. Saya pikir ia akan memakan saya.”

Shanon mengatakan bahwa anjing itu malah menjilati mukanya dan anjing berumur 2 tahun seberat 70 pound ini menarik tubuhnya yang seberat 136 pound dari mobil. Shannon ditarik sejauh 50 yard oleh Hero, sebagaimana dia memanggilnya sekarang, hingga ke ujung jalan dimana dia bisa dilihat oleh pengendara yang lewat. “Anjing itu akan selalu memiliki tempat khusus di hati saya,” kata Shannon.

Hero, yang awalnya tinggal di Thomasville – Thomas County Humane Society di Thomasville, Georgia, telah menerima lebih dari 50 permintaan untuk adopsi. Saat ini, Hero dipelihara oleh Heidy Drawdy dan suaminya yang dua-duanya adalah pelatih satwa. “Hero amat pintar dan hanya memiliki rasa takut yang sedikit,” kata Heidy. Hero dilatih menjadi anjing pelacak bantuan bencana.

Humane Society menyokong upacara pengguntingan pita sebagai upacara peresmian di Taman Anjing Thomasville, Thomason. Banyak orang membawa serta anjing mereka ke festival tersebut dan menikmati makanan, serta bersantai di lingkungan yang nyaman dan menyenangkan. Taman anjing tersebut merupakan bagian dari taman yang ada sekarang dimana para pemilik anjing dapat berjalan dengan anjing mereka di kawasan berpagar dengan aman. 

Media setempat hadir untuk merekam peristiwa khusus ini. Upacara peresmian dilakukan oleh ketua Thomas County Humane Society, Thomasville. Dalam acara juga hadir departemen pemadam kebakaran setempat yang membawa serta anjing-anjing pelacak mereka. Anak-anak dalam berbagai usia sangat menikmati sore yang santai dengan bermain bersama anjing mereka yang berasal dari berbagai jenis.

Hero dipakaikan jaket yang indah dengan sulaman kata-kata “Dari Maha Guru Ching Hai dengan Kasih.” Setelah menguraikan bagaimana Hero menyelamatkan Shannon Lorio dari kecelakaan mobilnya dan membantunya ke tempat yang aman, Hero diberi Penghargaan Pahlawan Cemerlang Dunia oleh wakil dari Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai. Kata-kata di piagam tersebut dibacakan dengan nyaring. Heidy menerima penghargaan atas nama Hero dan menerima hadiah USD 200 untuk Hero. Hero dengan mengenakan jaket barunya menikmati tambahan makanan berupa Tulang Hijau.