Perkembangan Positif di Planet Bumi
Berita Hijau

Diambil dari Supreme Master Television

Kendaraan Udara

Kendaraan pertama di dunia yang digerakkan oleh kompresor udara direncanakan muncul di jalan di India tahun depan. Tata Motors, pembuat mobil terbesar di India, akan menggunakan teknologi pioner yang dikembangkan oleh insinyur Formula Satu terdahulu, Guy Negre. Kompresor udara mendorong piston mesin. Minyak fosil hanya digunakan untuk menghidupkan kompresor udara mobil, sehingga menghasilkan emisi karbon yang sangat rendah. Pengisian kembali sangat mudah: Bisa dengan menghubungkan mobil ke sumber listrik atau “mengisi ulang” untuk sekitar USD 2 di pompa bensin yang dilengkapi dengan mesin kompresor udara. Kendaraan yang ramah lingkungan ini bisa menghasilkan kecepatan hingga 110 km per jam (68 mph) dan rencananya akan diproduksi di Afrika Selatan, Jerman, dan Israel. (Episode # 285)

 

Airbus Menjadi Lebih Ramah Lingkungan

Pada Pertunjukan Dirgantara Internasional Paris tahun ini, perwakilan Airbus mengatakan bahwa pesawat terbesar dan terbaru dari perusahaan ini akan menjadi pesawat yang paling hemat energi. Airbus A380 merupakan pesawat jet superjumbo yang dirancang untuk membawa 550 penumpang. Sebagai tanggapan atas tingginya kepedulian global tentang emisi karbon, para pengusaha industri pesawat udara telah melangkah lebih lanjut. Perusahaan Airbus mengatakan bahwa A380 hampir memenuhi separuh target CO2 standar emisi untuk tahun 2008 yang ditentukan oleh Uni Eropa (Episode #282)

 

Panel Surya untuk Panel Peredam Suara

Pemasangan panel surya sebagai peredam suara sedang dipasang di jalan tol Tullamarine di Melbourne dan merupakan proyek yang pertama di Australia. Daya yang dihasilkan akan menyediakan hingga 10% kebutuhan listrik di sejumlah besar lampu jalanan. Sungguh gagasan yang cemerlang! (Episode # 279)

 
Alternatif Berpotensi untuk Bahan Bakar Fosil

Habitat asli Jatropha yang merupakan suatu tanaman liar yang bernilai tinggi berada di Karibian, tetapi para pedagang Portugis membawanya ke Afrika dan Asia ratusan tahun yang lalu. Sekarang, Jatropha sedang dikaji sebagai alternatif berpotensi untuk bahan bakar fosil. Biji Jatropha Curcas bisa dipergunakan untuk bahan bakar biodiesel. Jatropha tumbuh sepanjang masa dan panen empat kali lebih banyak dari bahan bakar minyak kacang kedelai, serta lebih banyak sepuluh kali dari jagung. Satu hektar tanaman menghasilkan enam setengah barel minyak yang siap untuk diproses. Kenyataan ini dimanfaatkan oleh perusahaan British, D1 Oils yang menguasai 385.000 hektar Jatropha mulai dari Swazilandia sampai Indonesia. D1 Oils berencana untuk menggandakan kepemilikannya pada akhir tahun 2008, dan masih banyak perusahaan minyak lainnya yang memiliki rencana yang sama. Sesuai dengan suatu kajian yang dilakukan di Amerika Serikat, biodiesel mengurangi emisi karbondioksida bersih hingga 78% dibandingkan dengan bahan bakar standar diesel. (Episode #273)

 

Intersolar 2007

Sekitar 500 peserta energi surya akan bertemu di Jerman tahun ini untuk acara Intersolar 2007. Konvensi tiga hari tersebut merupakan pameran perdagangan internasional terbesar Eropa untuk teknologi solar. Pameran ini menampilkan fotovoltase, teknologi termal, dan arsitektur surya. Pengunjung datang dari 90 negara yang berbeda. Sebagai negara yang terkemuka dalam generasi pusat pembangkit tata surya, Jerman saat ini menghasilkan 55% energi solar dunia dan terus mengembangkan sumber energi pembaharuannya. (Episode #282)

 

Contoh Pulau Hijau

Pulau Samsoe, lepas pantai Denmark timur, telah menjadi contoh pencegahan atas pemanasan global. Sejak tahun 2000, penduduk pulau tersebut telah membangkitkan 100% kebutuhan listrik mereka hanya dari 11 kincir angin. Panel surya, ilalang, dan biomassa dapat menyediakan 70% sumber energi bagi sekitar 4.200 orang yang tinggal di pulau tersebut. Soeren Hermansen, kepala proyek ketahanan energi di pulau tersebut menyatakan, “Apa yang unik bukanlah pada instalasi kincir atau panel surya. Kenyataannya, bukan hanya perusahan listrik atau perusahaan multinasional besar yang mendukung proyek tersebut, melainkan suatu komunitas yang melibatkan penduduk biasa.” Sekarang, Samsoe berharap untuk mengambil langkah lebih lanjut: ia berharap agar seluruh kendaraan di pulau ini menggunakan minyak biji rami atau hidrogen yang dibangkitkan dengan kekuatan angin. (Episode #276)

 

Usaha Penghijauan Kota New York

 

Dalam rangka menyampaikan tentang emisi CO2 di Kota New York, Walikota Bloomberg mengumumkan pilot proyek penggunaan daya surya di Kota New York. Dengan menggunakan panel surya yang dipasang di gedung  walikota, proyek baru ini akan mengurangi emisi karbon yang diperkirakan mencapai 320 ton per tahun. Rencana lain untuk mengurangi emisi karbon termasuk proposal multi-tahunan untuk menggantikan taksi di seluruh kota dengan kendaraan hybrid, dan penggantian pemanas gedung walikota dengan campuran biodiesel pada musim panas berikutnya.