Berita Positif untuk Dunia yang Lebih Baik
Sebuah Solusi yang Kreatif bagi Afrika

 
Oleh Grup Berita AS (Asal bahasa Inggris)

Bagi jutaan masyarakat Afrika di pedesaan, krisis air adalah hal yang sangat serius. Kekurangan air telah membuat anak-anak menderita, dengan tingkat kematian anak-anak yang disebabkan oleh air tak bersih sebanyak lima kali dari AIDS.

 

Untuk menyediakan air minum yang aman dan bersih, pengusaha Afrika Selatan, Trevor Field, menemukan sistem penyediaan air yang disebut PlayPump (PompaBermain). PlayPump adalah sebuah komedi putar yang ditempelkan pada sebuah pompa air, sebuah tangki penampung air dan sebuah keran. Ketika anak-anak bermain dan memutar komedi putar, mereka bisa memompa dari sebuah sumur sampai 370 galon air dalam satu jam. Selain itu, masyarakat tidak perlu mengeluarkan biaya apapun karena keempat sisi dari dua tangki penampung itu disewakan untuk iklan komersil, sehingga menutupi semua biaya perawatan, sedangkan yang dua lainnya untuk pesan-pesan kesehatan dan pendidikan. Sasaran Field adalah memasang 4.000 PlayPump di 10 negara yang berlainan untuk menyediakan air mimum yang bersih bagi 10 juta penduduk Afrika.

 

Di bulan November 2006, ketika beberapa pelajar Amerika di Connecticut, Kalifornia dan Iowa belajar mengenai rancangan PlayPump, mereka mendapat ilham untuk membantu menjual air botol di depan studio yoga dan toko-toko penjual bahan makanan. Para guru juga turut serta sebagai pengirim air setiap harinya, dan perusahaan-perusahaan setempat membelinya dalam jumlah besar. Hanya dalam waktu enam bulan, para murid mengumpulkan US$14.000, jumlah yang diperlukan untuk memasang sebuah PlayPump bagi Sekolah Dasar Masana di Afrika Selatan.

Ketika PlayPump diserahkan, murid-murid di Afrika Selatan sangat bahagia! Mereka menunjukkan penghargaannya dengan menyanyikan sebuah lagu ucapan terima kasih bagi murid-murid Amerika.

Sumber:
http://www.msnbc.msn.com/id/21134540/vp/22380927#22380927
http://dailynightly.msnbc.msn.com/archive/2007/12/23/532345.aspx