Guru Berkata

Diskusi dengan Maha Guru Ching Hai tentang Perubahan Iklim Dunia

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai,
Konferensi Jarak Jauh dengan staf Supreme Master TV,
Los Angeles, Kalifornia, 20 Januari 2008
(Asal bahasa Inggris)

Latihan Rohani Bermanfaat Bagi Dunia

T: Apa menurut Anda latihan rohani dapat membantu menyelamatkan dunia, dan bagaimana caranya?

G: Tentu. Kita sudah banyak menolong, secara tidak kasat mata. Anda melihat semakin banyak berita perdamaian sekarang dan semakin banyak perhatian bagi hewan-hewan sekarang. Walaupun iklim berubah; mereka mempercepatnya. Hanya saja tidak sesuai dengan yang kita inginkan karena tidak seluruh dunia berlatih, hanya kelompok kita dan beberapa kelompok lain.

Banyak menolong, karena saya akan beritahukan sebuah rahasia: Jika tidak ada banyak praktisi, dunia sudah sejak lama kiamat (lenyap). Hanya tidak sesuai yang kita inginkan karena bagaimanapun juga dunia ini masih di bawah pengaruh Maya. Itu karena orang-orang membawanya di dalam batin mereka sendiri. Mereka tidak mau bangun. Setiap hari mereka terlalu kuatir terhadap keberadaan materi dan bukan rohani. Jadi, masih lebih baik daripada tidak ada apa-apa samasekali.

Apakah Pemanasan Global Bisa Dipulihkan?

T: Saya hanya berpikir, apakah dampak yang telah kita lakukan terhadap planet yang berhubungan dengan perubahan iklim bisa dipulihkan? Supaya kita dapat selamat melalui masa ini, apakah kita bisa mengembalikan kerusakan yang telah kita lakukan terhadap Bumi?

G: Hingga batas tertentu. Jika pemerintah dan orang-orang di dunia bertindak cepat, mungkin entah bagaimana kita bisa membalikkannya, ya. Tidak begitu cepat sampai 100%, seperti keadaan dunia sedia kala, tetapi kita bisa melindungi diri kita jika kita bertindak cepat; sehingga dunia tidak bertambah parah. Bagaimanapun juga Bumi akan lebih terlindungi jika kita bertindak sangat cepat; lalu mungkin sejumlah kerusakan akan pulih kembali.

Kita lakukan yang terbaik saja; kita harus melakukan yang terbaik. Kita berharap agar mereka bertindak lebih cepat, demi anak-anak kita. Kita semua sudah setengah baya dan lanjut usia, jadi kita tidak peduli. Tetapi kita juga bisa melakukan sesuatu.

Misalkan, hutan hujan Amazon, karena sudah ada sejak lama – ribuan atau jutaan tahun – itu merupakan paru-paru dunia. Jadi walaupun Anda menanam pohon baru, tidaklah sama; tetapi bagaimanapun juga itu membantu. Semakin besar pohon tersebut dan semakin tua pohon tersebut maka semakin banyak ia menghasilkan oksigen dan menetralisir karbon dioksida. Saya tidak tahu apakah pemerintah diarahkan untuk membangun sesuatu untuk memantul dan mengirimkan panas kembali ke ruang yang begitu besar dan dengan cara yang begitu efektif seperti cara alam melakukannya atau seperti es yang melakukannya.

Alasan Mengapa Perubahan Iklim Terjadi Sekarang

T: Guru, saya ingin bertanya kepada Anda mengapa perubahan iklim terjadi sekarang, pada generasi kita?

G: Karena karma kita telah menumpuk; perlu waktu untuk berakumulasi hingga mencapai puncaknya, seperti Roma tidak dibangun dalam satu hari. Bahkan dalam ajaran seluruh Guru di masa lampau, orang-orang tidak mematuhinya, dan itu sebabnya hal ini terjadi. Ini terjadi dari waktu ke waktu; ini bukan yang pertama kali.

Anda ingat Atlantis dan sebagainya; kejadiaannya sama, dan zaman Noah; itulah sebabnya dia harus membangun perahu dan sebagainya. Jadi bukan yang pertama kali. Dan baru-baru ini di sebuah tempat mereka bahkan menemukan sebuah kota di bawah danau. Inilah yang terjadi.

Dan dari waktu ke waktu kejadiaan seperti itu menimpa dunia karena orang-orang tidak mematuhi semua ajaran Guru. Jadi berbagai Guru turun kembali, lagi dan lagi. Berbagai Guru turun dan memberitahukan orang, “Jadilah vegetarian, bermoral, berbuat baik, bertindak kasih.” Tetapi tidak ada yang mematuhinya, atau tidak banyak yang mematuhinya; dan mereka bahkan menganiaya orang yang patuh, atau Guru tersebut. Oleh sebab itu, memang harus terjadi dari waktu ke waktu, saat karma atau kekuatan penghancur sudah cukup menumpuk.

Tetapi kita memiliki pelindung. Kita memiliki kekuatan; itulah kuncinya. Bagaimanapun, setiap orang akan mati juga pada suatu hari. Masalahnya adalah: Ke mana mereka akan pergi, atau ke mana Anda pergi? Anda di bawah perlindungan Guru. Jika Anda patuh terhadap segala hal yang bermoral, berbuat baik, berbaik hati, dan bertindak kasih, maka Anda akan aman di Surga tingkatan tinggi. Kebanyakan orang tidak sadar akan akibatnya karena mereka telah disesatkan oleh beberapa orang yang disebut sebagai pemimpin agama. Akan tetapi mereka juga akan ditolong oleh kekuatan Guru masa sekarang. Dan mereka juga akan diangkat ke semacam Surga.

Jadi orang yang benar-benar ‘jahat’ harus pergi ke neraka. Begitulah. Tetapi ini bukan masalah mati atau tidak. Masalahnya adalah apakah mereka bisa dibebaskan. Jadi orang-orang di dunia sudah ditolong secara rohani; jiwa mereka dibebaskan, karena bukan kesalahan mereka semua. Semuanya bukan kesalahan mereka sehingga mereka makan daging. Bukan kesalahan mereka sehingga mereka tidak mengerti Alkitab atau ajaran Buddha, karena tidak ada orang yang benar-benar menjelaskan secara terperinci dan benar kepada mereka.

Jadi orang-orang yang sudah diinisiasi, mereka pasti dilindungi, jika mereka patuh tentunya. Jika mereka melanggar, mereka juga harus menanggung akibatnya. Dan orang lain, orang yang tidak melakukan kesalahan apapun, yang hanya mengikuti kebanyakan orang dan benar-benar tidak tahu juga sudah ditolong; jiwa mereka akan ditolong.

T: Hampir semua orang setuju bahwa perubahan iklim sedang terjadi, tetapi sebagian orang masih tidak percaya itu disebabkan oleh manusia.

G: Ya, kebanyakan disebabkan oleh manusia. Semua orang tahu sekarang.

T: Sebagian orang masih berkata bahwa mereka tidak yakin itu disebabkan oleh manusia.

G: Apa lagi? Siapa yang mengakibatkan karbon dioksida dari mobil? Anda pikir makhluk asing yang mengendarai mobil kita dan makhluk asing yang memakan daging?

T: Guru, pertanyaan lain adalah: Jika Guru mempunyai satu pesan bagi dunia, apakah itu?

G: Bahwa saya sangat mencintai mereka. Karena saya tahu bahwa ini bukanlah kesalahan mereka, apapun juga yang mereka lakukan. Ini hanyalah kebodohan yang menyelubungi mereka dan membuat mereka lupa akan Kebenaran. Mereka juga disesatkan oleh keadaan, dan juga oleh orang yang tidak mengerti akan ajaran Guru. Jadi, ini semua yang bisa saya katakan kepada mereka : Saya sangat mencintai mereka. Saya merasa lebih menyesal daripada menyalahkan mereka.

Lakukan yang Terbaik untuk Membantu Orang Menjadi Vegetarian

T: Saya menunjukkan kepada salah satu teman saya tentang selebaran iklim NASA dan dia sangat yakin dengan hal itu, lalu saya berkata: Baiklah, apakah Anda akan menjadi vegetarian? Dan dia berkata: Mungkin dalam beberapa tahun lagi. Jadi terhadap orang seperti ini, bagaimana kita dapat lebih meyakinkan mereka, bagaimana kita dapat membuat mereka segera bertindak?

G: Saya tidak menyakinkan orang. Saya tidak tahu bagaimana caranya. Saya telah melakukan ini selama bertahun-tahun dan tidak banyak orang yang vegetarian. Ini membantu sedikit, tapi tidak sebanyak yang saya inginkan. Walaupun jika saya pergi berkeliling dari pintu ke pintu dan menempelkan selebaran NASA di setiap rumah orang, saya tidak tahu bagaimana untuk meyakinkan mereka karena kebiasaan orang sangat sulit untuk diubah dan juga karena kemunduran psikologi. Kadang Anda mengatakan kepada mereka untuk melakukannya, dan mereka tidak mau, hanya karena mereka ingin menentang apa yang Anda katakan. Ini adalah kemunduran psikologi manusia.

Manusia seperti itu sudah ada sejak zaman dahulu. Ini sangat sulit. Ini tidak hanya tentang menjadi vegetarian, ini tentang banyak hal yang lain. Orang mencintai saya di manapun, tapi saat kita berkata kepada mereka untuk menjadi vegetarian, maka mereka meragukannya. Karena harus dihadapi, ini juga sangat sulit bagi orang untuk mengetahui bagaimana makan vegetarian. Semua ini tidak populer, seperti misalkan seluruh dunia vegetarian dan sudah tren besar. Sehingga pemakan daging tidak tahu bagaimana memasak makanan vegetarian. Untuk orang China dan Vietnam sangat mudah karena kita memasak makanan yang enak dari tahu dan lainnya atau potongan sayur. Tetapi pemakan daging hanya meletakkan seluruh daging sapi di dalam oven, dan itu saja yang mereka ketahui.

Ini sangat sulit, sekalipun mereka mau, mereka tidak tahu bagaimana caranya. Itulah mengapa kita harus mengajarkan mereka bagaimana caranya memasak vegetarian di televisi, tetapi itu juga sulit. Ketika saya di Jerman, saya mengundang tetangga saya setiap minggu untuk vegetarian, tetapi tidak mengubah mereka menjadi vegetarian. Mereka sangat menyukai makanan yang saya masak dan saya memberikan resep dan seterusnya, tetapi tidak membuat mereka menjadi vegetarian.

T: Jadi ketika seseorang memutuskan untuk menjadi vegetarian, apakah itu karena takdir atau nasib, atau yang lain ada yang kembali menjadi tidak vegetarian?

G: Ini karena seseorang mempunyai keinginan yanng kuat dan ingin untuk melakukan sesuatu yang baik yang dia tahu bahwa itu adalah baik. Hanya orang seperti itulah yang akan berubah. Orang yang lemah, walaupun mengetahui itu adalah bagus, dia tidak mau melakukan itu. Tuhan memberikan kebebasan bagi orang yang ingin mengubah dari yang tidak baik menjadi yang baik dan sebaliknya – apapun yang mereka pilih. Itu adalah masalah, keinginan bebas dari manusia dan ego manusia yang meningkat.

Masalahnya, jika kita mempunyai planet, kita mempunyai planet. Jika kita tidak maka kita tidak mempunyai planet. Saya berharap benar-benar bahwa kita masih dapat mempunyai planet, bahwa kita harus melanjutkan kehidupan, dan anak-anak dapat tumbuh dewasa di dalam lingkungan yang baik. Tetapi Anda lihat, ini tidak tergantung dari kelompok kita saja. Ini tidak tergantung dari Surga. Ini tergantung dari manusia yang memutuskan apa yang mereka inginkan dan ke arah mana mereka berputar. Ini tergantung mereka untuk berubah. Dan dengan seluruh kekuatan dari para pemimpin, mereka harus melakukan sesuatu yang lebih cepat dari ini. Jadi, kita harus berdoa untuk yang terbaik. Itu saja, Ok. Jika setengah dari planet ini menjadi vegetarian, itu adalah berita yang sangat baik.

Perubahan iklim tidak berarti hanya panas. Ini berarti perubahan dari iklim di seluruh dunia, itulah mengapa sering terjadi bencana, karena tempat panas berubah menjadi dingin dan tempat dingin menjadi panas. Dan ketika ini menjadi sesuatu yang kacau balau maka akan banyak penderitaan bagi penduduk dunia di kemudian hari, akan ada banyak negara dan kota yang berada di bawah air dan seterusnya. Serta semakin banyak badai, seperti topan, sebelum ini benar-benar berakhir.

Ini akan menjadi penderitaan untuk sesaat, dan banyak orang yang akan menderita dan bahkan mereka tidak tahu mengapa demikian. Jadi kita coba menyadarkan orang-orang seperti politikus dan surat kabar. Tulis saja surat kepada mereka atau kirimkan selebaran kepada mereka, lakukan apapun yang kita bisa untuk menyelamatkan dunia. Masing-masing dari kita harus bertanggung jawab, kita harus melakukan sesuatu yang kita bisa.

T: Data dari laporan iklim NASA menunjukkan bahwa es kutub akan habis pada tahun 2012. Ini bersamaan dengan akhir dari kalender Mayan, apakah ini suatu kebetulan atau yang lain?

G: Barangkali ini bukan kebetulan. Beberapa orang benar-benar melihat sesuatu. Beberapa orang benar-benar melihat sesuatu di masa akan datang, tetapi orang masih tidak dapat berubah. Masalahnya adalah apakah mereka ingin berubah? Apakah mereka cukup kuat untuk berubah? Saya mencoba ke manapun saya pergi, tentu saja, tetapi hal ini tidaklah mudah. Program, selebaran, dan ajaran kita, mereka telah mengubah banyak orang, berjuta-juta orang, tetapi ini tidaklah cukup.

Melarang Daging Sebagai Zat yang Berbahaya

T: Saya ingin bertanya, jika Guru mempunyai pesan untuk para pemimpin dunia, apa yang akan Guru katakan kepada mereka?

G: Saya ingin mengatakan kepada mereka untuk menggunakan kekuasaan mereka untuk mengubah pola makan di planet ini. Dan terapkan segera teknologi baru serta energi berkelanjutan. Pertama jadikanlah diri mereka contoh dengan menjadi vegetarian atau vegan terlebih dahulu. Ubah pola makan mereka, gunakan kekuasan mereka. Gunakan contoh mereka untuk menetapkan diet baru bagi planet ini: diet vegetarian.

Pertama-tama mereka harus menjadi vegetarian dan kemudian mereka dapat menggunakan kekuasaan mereka. Seperti melarang merokok, mereka dapat melakukan hal yang sama untuk melarang makan daging, dengan menyebutkan semua bahaya yang ditimbulkan daging kepada manusia dan planet ini. Mereka dapat melakukan ini, sama seperti larangan merokok. Melarang makan daging sama seperti melarang rokok dan obat-obatan terlarang. Daging juga sejenis zat lain yang membahayakan.

T:  Apakah peradaban lain di alam semesta juga mempunyai masalah yang sama?

G: Mereka juga. Di manapun ada orang dan planet, semua ini dapat terjadi. Sekali teknologi telah berkembang ke ketinggian tertentu, maka efek sampingnya akan mengikuti. Jika sisi spiritual manusia tidak stabil atau berkembang, jika perkembangan teknologi lebih berat daripada perkembangan spiritual, maka mereka akan menghancurkan planet ini.

T: Guru yang terkasih, kami ingin mengambil kesempatan ini untuk berterima kasih atas kesempatan yang indah ini, atas semua kerja keras dan dorongan yang Guru berikan kepada kami, kami ingin berterima kasih. Kami sangat mencintai Guru. Terima kasih.

G: Saya juga mencintai kalian. (Tepuk tangan). Surga mencintai kalian, semua hewan mencintai kalian dan saya juga mencintai kalian.

Pemirsa: Kami mencintai-Mu (Tepuk tangan)

Untuk menyaksikan secara lengkap ulasan Supreme Master Television mengenai diskusi eksklusif, silakan mengunjungi  alamat situs berikut: http://video.Godsdirectcontact.net/magazine/WOW522-523.php