E r a  V e g e t a r i a n

Menciptakan Surga Vegetarian untuk Semua  

 

“Kita harus membantu seluruh dunia, tidak hanya satu bangsa. Ini adalah visi masa depan kita, dan kita harus melakukannya dalam kapasitas kita masing-masing. Jadi, kalian semua harus bersiap. Kapan pun saya panggil, Anda harus datang dan mempersiapkan diri, baik secara rohani maupun fisik. Anda harus bisa menahan segala sesuatu yang orang lain  tidak bisa tahan, melakukan segala sesuatu hal yang orang lain tidak ingin lakukan, dan bekerja di setiap bidang yang membawa manfaat bagi umat manusia. Anda harus menerima segala celaan dan pujian sebagai hal yang sama... Kita harus melakukan segalanya. Kita dapat mencoba segalanya. Kita harus memiliki keyakinan, dan kita dapat melakukannya.
                       --Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai

Oleh saudari Cynthia, Perth, Australia (Asal bahasa China)

Bayangkan dua orang yang tidak mengetahui apapun tentang cara menjalankan rumah makan, pindah ke suatu tempat yang asing bagi mereka berdua, dengan tujuan untuk membuka satu kedai makanan yang memperkenalkan konsep yang sama sekali baru dari paham vegetarian kepada penduduk setempat. Anda akan mendapat sekilas pandangan tentang bagaimana kehidupan yang telah saudari inisiat dan saya alami selama dua belas bulan terakhir.

Setahun yang lalu, ketika rekan inisiat di seluruh dunia dengan tulus membagikan pesan Cara Hidup Alternatif untuk menciptakan suatu Perkampungan Global Vegetarian yang berbelas kasih, seorang saudari inisiat yang baru saja pindah dari Singapura ke Australia dan saya, seorang pendatang baru di negara ini, memutuskan untuk membuka sebuah rumah makan vegetarian di Kota Perth. Kami dengan segera menghadapi berbagai macam kesulitan seperti membeli peralatan dan makanan, harga sewa yang tinggi, dan kekurangan tenaga kerja lokal. Tetapi, Guru sering kali mengingatkan kita, sepanjang kita mempunyai kepercayaan terhadap Daya Kuasa Tuhan, kita dapat melakukan apapun. Jadi, meskipun para pekerja kami tidak memiliki latar belakang  profesional, tetapi kelezatan hidangan yang inovatif yang kami persiapkan  dan sediakan dengan kasih telah menggerakan banyak pelanggan untuk beralih menjadi vegetarian. Bahkan beberapa kepala tukang masak dengan pengalaman puluhan tahun memuji hidangan kami setelah menikmati hidangan kami. Dengan tersebarnya komentar-komentar yang baik, reputasi rumah makan kami pun tumbuh, dan banyak orang yang datang dari jauh hanya untuk menikmati salah satu hidangan vegetarian kami.

Kami juga menyiapkan satu ruangan di rumah makan sebagai ruang baca dimana resep vegetarian dan buku Guru dipajang, hal ini untuk memberi peluang bagi pengunjung untuk dapat berkenalan dengan ajaran Guru. Dengan cara ini, sebagian orang sudah mempelajari Metode Kemudahan sedangkan yang lainnya sudah menerima inisiasi dan bergabung dengan  keluarga Quan Yin. Selama masa ini, kami telah menyaksikan banyak mukjizat dari Tuhan. Sebagai contoh, ketika beberapa makanan dari Formosa tiba di rumah makan kami, kami menemukan beberapa salinan dari Majalah Berita Guru berbahasa Aulac di dalam parsel. Secara kebetulan, salah satu pelanggan berkebangsaan Au Lac ingin membaca terbitan Guru di dalam  bahasanya. Dia membawa pulang majalah tersebut ke rumah dengan senang hati dan bersyukur seperti  seolah-olah dia telah menemukan  harta-karun! Dia dan suaminya sejak itu telah belajar Metode Kemudahan.

Demikian juga pada bulan April tahun ini, rumah makan kami mulai menawarkan hidangan vegetarian tambahan secara gratis untuk meningkatkan kesadaran publik tentang pentingnya gaya hidup vegetarian untuk memecahkan masalah pemanasan global, serta untuk mendorong lebih banyak orang untuk menjadi vegetarian. Sekarang sudah hampir satu bulan berlalu dan tanggapan dari masyarakat telah melebihi harapan kami. Tidak hanya pelanggan kami yang meningkat beberapa kali lipat jumlahnya, mereka semua juga tersentuh dan ingin mengetahui mengapa kami melakukan hal seperti ini. Dengan demikian, pesan tentang pemanasan global dan paham vegetarian telah menyebar dengan cepat. Beberapa pelanggan bahkan meminta bahan  informatif untuk berbagi pesan dengan kelurga dan sahabat mereka, dan yang lain meminta DVD SOS untuk diperlihatkan di universitas dan toko mereka.

Kami sangat terdorong setelah melihat bahwa selesai menikmati hidangannya, kebanyakan dari para pelanggan kami dengan murah hati turut berperan untuk mendukung aktivitas kami. Banyak juga yang telah menawarkan diri sebagai sukarelawan, termasuk seorang wanita Jepang dan ibu mertuanya yang berusia tujuh puluh tahun lebih. Setelah diterima untuk bergabung sebagai pekerja sukarelawan di rumah makan kami, mereka berdua berulang-kali mengucapkan rasa terima kasihnya. Pelanggan vegan lain yang merupakan kepala tukang masak yang berpengalaman menawarkan kepada kami untuk memulai kelas memasak, dan pelanggan lain menyumbangkan beras. Juga, seorang pelanggan yang juga menjalankan usaha kedai makan untuk makan siang menawarkan sayur-mayur dan buah-buahan, dan yang lain juga telah membawakan hasil tanaman rumah mereka sendiri. Jadi dengan demikian, setiap orang telah memberikan dukungan dengan jalan dan cara yang berbeda dalam usaha untuk menyelamatkan planet kita. Banyak orang yang telah membantu di rumah makan kami berkata bahwa pekerjaan ini merupakan suatu hal yang paling penuh arti yang mereka pernah lakukan di dalam  hidup mereka, dan mereka merasa sangat terpenuhi dan bahagia.

Seorang pemilik dari beberapa rumah makan vegetarian yang besar di Australia dan Formosa awalnya mencoba untuk membujuk kami untuk membatalkan rencana kami untuk memberikan hidangan vegetarian tambahan secara gratis. Namun, setelah ia memahami motivasi kami yang murni dan iman yang teguh, ia sangat tersentuh dan berjanji untuk memberikan dukungan penuhnya kepada usaha kami. Di samping menyediakan makanan yang bermutu tinggi kepada kami dengan harga yang murah, ia juga meminta karyawannya menjadi sukarelawan di rumah makan kami. Lebih dari itu, banyak media lokal sudah mulai memuat berita tentang rumah makan kami dan krisis pemanasan global. Sebagai contoh, suatu stasiun radio lokal telah menggunakan semboyan “Makan Gratis dan Selamatkan Dunia” untuk mengiklankan rumah makan kami dengan gratis. Dari tindakan ini, sangat  jelas bagi kami bahwa ketika sesuatu dilakukan atas dasar motivasi demi keuntungan semua mahluk, maka setiap orang suci di alam semesta akan mendukung usaha ini.

Banyak orang yang bekerja di dekat rumah makan kami telah berkunjung setiap hari untuk menikmati hidangan, dan kita sudah menjadi dekat seperti keluarga. Tempat kami sudah seperti “dapur umum” seperti yang Guru katakan (lihat catatan di bawah). Siapa pun, apakah dia telah membantu sesuatu atau tidak, diterima untuk datang dan menikmati hidangan gratis dan lezat yang disediakan oleh rumah makan kami. Kebanyakan pelanggan mempunyai perasaan untuk berbagi. Mereka hanya mengambil hidangan dengan jumlah yang sesuai, dengan cepat menikmati hidangan mereka, lalu memberikan tempat duduknya untuk pelanggan lain yang telah menunggu. Setelah beberapa kali menikmati hidangan di sini, sebagian orang dapat dengan jelas merasakan kasih Guru yang tak terukur dan menjadi lebih berbelas kasih dan mulia di dalam pikiran dan tingkah laku mereka. Bahkan, seorang pelanggan yang sering datang tidak dapat berhenti memuji-muji rumah makan kami, dengan berkata, “Ini adalah tempat terbaik di Kota Perth!”

Kami dengan sepenuh hati berterima kasih kepada Guru atas bimbingan dan berkat-Nya yang telah membantu kami mewujudkan suatu tujuan yang kelihatannya mustahil; yaitu, meraih hasil yang mengejutkan dan menyenangkan dalam jangka waktu yang singkat kurang lebih satu bulan.

Catatan: Guru pernah berkata: “Di beberapa tempat yang masyarakatnya lebih maju di alam semesta, kita tidak harus bekerja untuk hidup. Di mana-mana mereka mempunyai seperti dapur umum, tempat penyimpanan umum. Setiap orang dapat menukar tenaga kerja, pekerjaan, dan keahlian mereka untuk beberapa barang yang mereka perlukan, dan bahkan jika mereka tidak mempunyai apapun untuk ditukar, mereka juga dapat memiliki sesuatu. Setiap orang hanya menyumbangkan keahlian atau kemampuannya kepada masyarakat, bukan untuk uang, tetapi untuk kesenangan dalam melakukannya, karena menghormati sifat saling membantu.” (Dikutip Dari Sistem Kerja yang Berbeda di Alam Semesta, disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai dalam bahasa Inggris di Center Youngdong, Korea, 9 Mei 1998, Majalah Berita No. 93, DVD#620)