Lintasan Peristiwa

Formosa

Loving Hut—Sebuah Tindakan Nyata tentang Kasih dan Spiritualitas

Laporan disusun oleh Grup Berita Formosa (Asal bahasa China)

[Formosa] Karena pola makan vegetarian merupakan solusi yang paling efektif untuk mengatasi pemanasan global, di bawah bimbingan Maha Guru Ching Hai, para anggota Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai  baru-baru ini membuka jaringan restoran vegetarian Loving Hut  di berbagai belahan dunia seperti di Amerika Serikat, Jepang, Indonesia, Au Lac, dan Formosa. Tempat-tempat ini mampu menyediakan makanan yang berkualitas dan lezat kepada publik serta memberikan pengaruh positif terhadap industri makanan dan minuman.

Penghargaan juara untuk Kepala Tukang Masak, Tuan Cai Rui-yao (tengah), dan rekan-rekan inisiat lainnya yang bekerja di restoran Loving Hut Yongfu di Changhua

Sembilan restoran yang telah di buka di negara Formosa yaitu di Taipei, Taoyuan, Nantou, Changhua, Tainan, dan Kaohsiung. Loving Hut Huaning di Taipei adalah restoran pertama yang melakukan uji coba pada bulan April tahun ini. Restoran berjalan dengan sukses dan dalam tempo satu bulan setelah dibuka, omsetnya meningkat 2,5 kali lipat. Tukang masak kedai Yongfu di Changhua, Tuan Cai Rui-yao mewakili jaringan Loving Hut internasional dalam Kontes Masak Internasional yang diselenggarakan pada Pameran Makanan Taipei pada tanggal 16 Juli. Dalam kontes itu ia memenangkan juara pertama untuk kategori makanan vegetarian perseorangan dan memenuhi syarat untuk mewakili Formosa dalam kontes-kontes internasional berikutnya. Wen Kuo-min, Wali Kota Changhua juga mengunjungi Loving Hut. Dalam kesempatan itu ia memberikan anjuran yang sangat luar biasa kepada publik agar semua orang segera menjadi vegetarian, disamping untuk menjaga kesehatan, yang lebih penting adalah untuk mengatasi pemanasan global dan menyelamatkan Bumi!

Suasana seluruh restoran Loving Hut sangat santai dan penuh dengan keramahan yang   dilengkapi pula dengan beberapa televisi LCD untuk menyiarkan acara-acara Supreme Master Television. Di setiap restoran dipenuhi oleh berkah dan para anggota staf senantiasa melayani setiap pelanggan dengan sepenuh hati. Sedangkan para tamu tampak sangat bergembira dengan berkah yang melimpah dari Tuhan serta suasana spiritual yang mengangkat. Mereka menikmati dengan gembira setiap makanan yang disuguhkan dengan penuh kasih.

Pembukaan restoran Loving Hut yang memiliki jaringan internasional merupakan tindakan nyata tentang kasih dan spiritualitas. Yang masih segar dalam ingatan kita adalah berkah Tahun Baru dari Guru pada bulan Februari tahun ini yaitu:  "..Semoga Surga melimpahkan kasih dan kearifan kepada semua orang di dunia ini sehingga setiap orang akan melangkah ke jalur yang tepat dan membuat pilihan yang tepat untuk mempertahankan semua keindahan, kebajikan, kasih, dan keharmonisan...serta bertekad menerapkan gaya hidup mulia dan memiliki cita-cita yang mulia, membawa Surga ke Dunia, dan menciptakan perdamaian abadi terhadap semua makhluk hidup." Kami berdoa semoga dengan berkat Guru penduduk dunia membuat pilihan benar yang menuju kehidupan yang lebih berharga dan penuh kasih dengan menerapkan gaya hidup vegetarian yang dapat mengatasi krisis global, menciptakan kedamaian, dan masa depan yang lebih indah bagi semua makhluk hidup.  

Keterangan lebih lanjut tentang Loving Hut yang baru dibuka, silakan mengunjugi: http://www.lovinghut.co.id/

 

 

Kampanye “Tanpa Daging Tanpa Panas" yang Menjangkau Masyarakat 

Oleh Grup Berita Taipei (Asal bahasa China)
Seorang rekan inisiat menerima Surat Penghargaan atas nama Asosiasi kita atas peranannya terhadap publik
Para rekan inisiat berpose bersama dengan Nyonya Chu, istri dari Wakil Presiden Siew (ketiga dari kanan), dan Nyonya Lin, istri dari Hakim Wilayah Taipei Chou (kedua dari kanan)
Teng Shih-hsiung, pengawas dari Gereja Kardinal Tien, Cabang Yongho (kedua dari kanan), dan Wakil Uskup Jin (pertama dari kanan) menerima bahan-bahan informasi tentang Tanpa Daging Tanpa Panas dari rekan-rekan inisiat

[Taipei] Pada tanggal 21 Juni, Tahun Emas 5 (2008), Center Taipei turut serta dalam  pekan raya dan pameran produk-produk lokal yang diselenggarakan oleh Panti Asuhan untuk Orang Cacat Ai Wei  dalam rangka merayakan ulang tahunnya yang ke-9. Kami memutar video singkat tentang vegetarisme yang dapat menyelamatkan Bumi serta menjual berbagai jenis makanan vegetarian yang lezat. Tamu-tamu istimewa ikut menyemarakkan suasana pekan raya, di antaranya Nyonya Chu Shu-hsien, istri dari Wakil Presiden Vincent Siew dan Nyonya Lim Shan-shan, istri dari Hakim Wilayah Taipei Cho Hsi-wei yang memberikan pujian serta hadiah kepada kelompok relawan yang mengabdi dan mendukung Panti Asuhan Ai Wei. Surat Penghargaan diberikan kepada seorang perwakilan Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai sebagai pengakuan atas usaha-usaha kita terhadap kepentingan publik. Asosiasi kita menyumbang ke Panti Asuhan sebesar  NT$15.270 (US$500) dari hasil penjualan makanan vegetarian.

Tuan Yang Nian-fa, kepala distrik di Wilayah Wanhua Taipei menyetujui bahwa penyelamatan Bumi adalah misi untuk semua warga. Atas undangannya, pada tanggal 5 Juli kami mengadakan seminar pelestarian lingkungan Tanpa Daging Tanpa Panas untuk memperagakan kepada penduduk cara memasak hamburger vegetarian yang manis dan asam. Menyadari akan adanya krisis pemanasan global, banyak orang yang berhasrat untuk melaksanakan kewajibannya sebagai penduduk Bumi dengan mengurangi konsumsi daging dan lebih banyak mengonsumsi sayuran di masa-masa yang akan datang.

Pada tanggal 6 Juli, kita diundang oleh Asosiasi Hewan dan Pelestarian Lingkungan ROC untuk berpartisipasi dalam pekan raya “Tanpa Daging, Rendah Karbon, Tanpa Panas" yang diselenggarakan di sebuah alun-alun di depan Gedung Monumen Nasional Sun Yat-sen. Presidennya, Nn. Liu Xiang-lan dan rekan inisiat membawa plakat Tanpa Daging Tanpa Panas dan menyerukan kepada publik untuk menyelamatkan Bumi dengan menjalankan pola makan vegetarian untuk mengurangi jejak karbon mereka. Kita berbicara mengenai krisis yang dapat mengakibatkan kenaikan temperatur hingga 6 derajat. Acara ini mendapat sambutan yang luar biasa dari para hadirin.

Para Pelajar Siap Mengatakan Tidak terhadap Daging

Karena  Tanpa Daging Tanpa Panas adalah sebuah agenda nasional yang sangat penting dan mendesak, Center Taipei membentuk sebuah Kelompok Tanpa Daging Tanpa Panas yang terdiri dari rekan-rekan inisiat yang akan bertugas memberikan pencerahan di daerah sekitar Taipei. Pada bulan Mei dan Juni, kelompok ini mengadakan aktifitas di tiga sekolah menengah atas dan dua sekolah menengah pertama, sembilan sekolah dasar dan lima sekolah taman kanak-kanak. Di Linkou, semua pelajar Sekolah Menengah Pertama Chonglin yang berjumlah 2.000 orang lebih ikut serta dalam kegiatan tersebut yang diikuti oleh seminar tentang pengurangan karbon dalam upaya untuk menyelamatkan Bumi serta peragaan makanan vegetarian dengan gaya dan selera Eropa kepada para guru dan orang tua. Jamuan makan siang vegetarian juga diadakan di Sekolah Dasar Hulu yang menyebabkan semakin banyak sekolah yang mengundang kita mengadakan sesi Tanpa Daging Tanpa Panas saat memasuki musim gugur. Mereka juga meminta ahli makanan menyiapkan menu makan siang yang bergizi sambil berencana menganjurkan makanan vegetarian sekali dalam sehari selama tahun ajaran baru.

Pada Sekolah Menengah Atas National Overseas Chinese Experimental, para pelajar menggunakan rok pendek mempromosikan konsep ini pada kegiatan-kegiatan yang ada di kampus. Mereka menambahkan satu link video SOS Perubahan Iklim  pada Internet blog mereka, memberikan poster SOS di gereja-gereja dan tempat-tempat perkumpulan, serta mengundang kelompok Tanpa Daging Tanpa Panas kita untuk mengadakan aktifitas di sekolah mereka. Para guru mengajukan permohonan untuk penyediaan “makanan vegetarian  sekali seminggu" yang telah mendapatkan dukungan dari hampir sekitar 80% pelajar mereka yang berjumlah 1.800 orang. Kepala sekolah dalam rapat sekolah memutuskan bahwa mulai musim gugur sekolah akan menyediakan makanan vegetarian sekali seminggu sebagai pengganti sekali sebulan. Ia beranggapan bahwa setiap warga berkewajiban menjadi vegetarian dan menyelamatkan Bumi. Sekolah  menyetujui bahwa para pelajar bisa menggunakan waktu delapan jam per semester yang dijadwalkan pada materi pelayanan komunitas untuk kelompok Tanpa Daging Tanpa Panas kita guna belajar tentang penyelamatan Bumi dengan mengikuti pola makan vegetarian. Foto-foto kegiatan kelompok di sekolah telah dipasang di situs web sekolah. Semoga  setiap orang mau menjalankan pola makan vegetarian dalam upaya kita untuk menyelamatkan Bumi! 

Para Pejabat Pemerintah Bervegetarian untuk Menyelamatkan Bumi

Pada tanggal 17 Juli, Pengawas Yuan ( perwakilan pengawas yang memonitor pemerintah) menyambut baik kampanye “Jadilah Vegetarian untuk Menyelamatkan Bumi", sementara para pejabat dan staf pemerintah lainnya menikmati penjelasan “Tanpa Daging Tanpa Panas, Sehat dan Trendy dengan Vegetarian" yang didesain khusus untuk meyakinkan mereka bahwa pola makan vegetarian adalah solusi yang paling efektif dan dapat langsung mengatasi pemanasan global. Sekitar 300 orang menikmati makan siang vegetarian yang mengagumkan yang terdiri dari berbagai macam hidangan dan terkesan mewah. Tu Shan-liang,  sekretaris jenderal Control Yuan mengatakan, "Kesehatan yang baik diperoleh dari makanan yang baik pula. Hari ini kita mendapatkan pelajaran mengenai hubungan vegetarian dengan penghematan energi dan pengurangan karbon. Kita berharap bahwa melalui pesan-pesan yang positif ini, kita akan memperbaiki gaya hidup kita. Atas kegiatan yang luar biasa ini, kami mengucapkan terima kasih kepada Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai." 

 

Seminar Kesehatan untuk Para Ibu

Oleh Grup Berita Taoyuan (Asal bahasa China)  

[Taoyuan] Para ibu biasanya menjadi orang yang bertanggung jawab untuk memasak dan menjaga kesehatan keluarga. Dengan pemikiran ini, rekan inisiat Taoyuan menyelenggarakan kegiatan dan seminar tentang pemanasan global, paham vegetarian, dan kesehatan pada tanggal 5 Juli untuk memperkenalkan pola makan vegetarian kepada para ibu di lingkungan tersebut. Saudara inisiat Dr. Xu Shang-wen, seorang dokter dari Departemen Nephrology Rumah Sakit Min Sheng diundang sebagai pembicara utama. Ia mengutip teori-teori dari Dr. T. Colin Campbell, penulis dari “The China Study/Penelitian di China" dan Dr. Caldwell B. Esselystyn Jr. yang dikenal dunia karena mendukung fakta bahwa hanya pola makan vegetarian yang dapat mencegah penyakit jantung.  

Saudari inisiat Lu, seorang ahli dalam kampanye pola makan vegetarian memperkenalkan buklet yang dirancang dengan baik olehnya, buku Memasak dengan Mudah untuk Para Ibu: Sepuluh hidangan Vegetarian yang sederhana. Buklet ini mengajar seorang pemula untuk memasak hidangan vegetarian hanya dalam waktu sepuluh menit. Dengan bantuan buklet ini, para ibu dapat dengan mudah mempersiapkan banyak makanan vegetarian yang lezat. 

Saudari Yan, seorang pecinta lingkungan berbagi pengalamannya saat melindungi lingkungan dan mempromosikan pola makan vegetarian. sebagai kepala dari bagian kebersihan di sekolahnya ia mengetahui bahwa departemen pendidikan wilayah Yilan sedang merencanakan untuk mengadakan seminar tentang perlindungan lingkungan, dia mendatangi Kantor Perlindungan Lingkungan wilayah tersebut dan diundang sebagai pembicara inti dalam perlindungan ekologi. Dia menjelaskan kepada lebih dari seratus guru dari berbagai sekolah yang berbeda tentang alasan mengapa pola makan daging merugikan kesehatan manusia dan menjadi beban yang sangat besar untuk lingkungan. Dia juga membahas bagaimana kita dapat mendukung program daur-ulang dan pola makan vegetarian di dalam berbagai komunitas dan sekolah juga dalam kehidupan kita sehari-hari. Melalui komunikasi dan penjelasan yang langsung, kita berharap agar para peserta dapat menghentikan makan daging dan menjadi seorang vegetarian yang sehat dan bahagia. Dengan penuh harapan kegiatan ini akan mendorong mereka untuk mengimbau pemerintah untuk bervegetarian dan menyelamatkan Bumi.