Kasih dalam Tindakan
China

Bantuan Gempa Bumi di Sichuan dan Yunnan 

Oleh rekan inisiat di China (Asal bahasa China)

Setelah mengulurkan  bantuan penuh kasih kepada para korban gempa bumi di China bagian barat pada bulan Mei tahun ini (untuk rincian Silakan buka laporan  di Majalah no198), rekan inisiat mengadakan dua upaya bantuan tambahan pada bulan Agustus dan September untuk membawa lebih banyak bantuan kepada warga yang tertimpa gempa bumi dua kali di Sichuan.

Pada tanggal 1 Agustus, gempa berkekuatan 6,1 skala Ritcher mengguncang Sichuan yang terletak di antara Wilayah Otonomi Beichuan Qiang dan Pingwu di Mianyang. Banyak rumah yang rusak dan penduduk yang meninggalkan rumah. Guru kembali mengulurkan kasih dan perhatian-Nya kepada para korban dan memberikan dana bantuan untuk membantu mereka. Rekan inisiat membeli tenda untuk para korban dan siap untuk memperbaiki atap. Bantuan uang tunai disalurkan kepada warga yang putus asa yang membutuhkan. Mendengar bahwa persediaan air di empat kota terganggu, pada tanggal 4 Agustus tim bantuan membeli 2.600 meter pipa air untuk daerah yang memerlukan air.

Pada tanggal 6 dan 7 September, anggota Asosiasi kita yang mengalami banyak kesulitan akhirnya sampai di Desa Pinxi di Kotamadya Shuiguan Pingwu, dimana mereka membagikan pakaian dingin, buku, dan peralatan menulis untuk kaum manula dan anak-anak.

Tanggal 14 September adalah pertengahan Festival Musim Gugur, dan anggota Asosiasi kami membawa kasih serta berkah Guru kepada Sekolah Menengah Mianchi di Wilayah Wenchuan. Setelah memberikan satu setel pakaian hangat kepada 540 siswa, rekan inisiat merayakan festival tradisional, menyanyi, dan menari dengan para siswa dan guru di daerah bencana.

Membawa Bantuan kepada Para Korban Gempa di Wilayah antara Sichuan dan Yunnan

Pada tanggal 30 Agustus, gempa bumi lain sebesar 6,1 menyebabkan korban di  wilayah Renhe di Panzhihua dan Wilayah Otonomi Kehakiman Liangshan Yi Huli di Provinsi Sichuan,  juga Otonomi Kehakiman Chuxiong Yi di Provinsi Yunnan yang rusak parah.

Yunnan

Pada tanggal 1 September, rekan inisiat membeli tenda, seperai kain dari kapas nilon, selimut kapas, dan makanan. Dua hari kemudian, mereka tiba dengan perbekalan di Kecamatan Jiangyi yang terkena paling berat. Pejabat di Pos Komando Bantuan menyambut mereka dengan hangat dan mengatakan dengan sangat gembira, “Sangat bagus karena kalian membawa tenda-tenda besar ini. Kalian datang tepat waktu karena para siswa segera kembali belajar dan tenda-tenda ini dapat dipakai sebagai ruang kelas mereka.

Banyak barang bantuan yang dikirim ke Kantor Pemerintah Wilayah Yongren, dimana Kantor Pencegahan Gempa dengan segera mengatur pemandu untuk membawa tim bantuan ke Desa Dabaoguan di Weidi yang terkena paling berat. Menurut Hakim Wilayah Qi, kasih dan perhatian dari tim bantuan membawa harapan baik kepada para korban. 

Sichuan

Hari berikutnya, rekan inisiat dari Kota Panzhihua dan Provinsi Yunnan pergi untuk menafsir daerah bencana yang lain, dan dibentuk dua tim bantuan. Satu tim dikirim ke Jiangzhu untuk mengantar tenda, selimut, dan handuk mandi yang disediakan oleh rekan inisiat Chengdu untuk dibagikan kepada para korban. Terima kasih atas bantuan dari Kantor Pencegahan Gempa setempat. Tim bantuan kedua kemudian membeli 20 pak kain seperai dari kapas nilon dan mengirimnya ke Dalongtan, dimana para penduduk desa terpaksa pindah.

Pada tanggal 8 September, para inisiat membawa setumpuk seperai kain kapas nilon kepada warga yang terkena dampak paling berat di Wilayah Huili. Kemudian, mereka membeli 15 tenda besar untuk sekolah di Lixi dan 200 selimut kapas untuk warga di Panzhihua.

Semua rekan praktisi yang berpartisipasi dalam upaya bantuan melihat bahwa orang-orang China dan pejabat pemerintah semakin berlapang hati, senang membantu, serta saling percaya satu sama lain. Dalam beberapa jam setelah gempa bumi, para tentara segera menuju daerah bancana untuk memberikan bantuan, memulihkan lalu lintas, dan menyediakan keperluan pokok untuk orang yang selamat. Di setiap kota atau desa yang mereka kunjungi, terlihat para pejabat pemerintah yang memberikan bantuan dan perawatan terbaik. Di semua wilayah yang terkena bencana, ada banyak pekerja sukarelawan dan kelompok dermawan yang bekerja keras untuk membantu para korban. Bahkan pemilik toko dan pengemudi mobil truk menawarkan bantuan kepada rekan inisiat untuk membantu belanja serta membantu mengangkut barang-barang untuk mengurangi penderitaan teman sebangsa mereka. Sangat mengagumkan dapat melihat pengangkatan dan kemajuan di China yang tercermin dari pemerintahan yang berlapang hati dan tidak mementingkan diri sendiri serta penduduk yang welas asih. 
 



 

Pengeluaran oleh Maha Guru Ching Hai dan Asosiasi Internasional-Nya

untuk Upaya Bantuan Gempa Bumi di China

(Mata uang: RMB Ұ)

Keterangan

Jumlah

Tanda Terima

Kebutuhan sehari-hari (kipas angin listrik, tempat tidur, pipa air, pakaian hangat, selimut kapas)

138.430

A

Makanan (beras, mie, minyak, susu bubuk bayi, sayuran, biskuit, air yang dapat diminum)

19.610

B

Tenda, seperai kapas nilon, jas hujan

53.800

C

Alat tulis menulis (buku, pena, buku tulis, kapur, papan tulis putih, komputer)

6.560

D

Transportasi

19.538

E

Bantuan uang tunai

59.145

F

Sewa gudang untuk barang bantuan

540

G

Total

RMB 297.623

(US$ 42.517,57)

 

* Selama operasi bantuan, rekan inisiat membayar transportasi, makanan, dan  biaya

Untuk melihat aktifitas kemanusiaan oleh Maha Guru Ching Hai dan anggota Asosiasi Internasional-Nya, silakan kunjungi  http://www.GodsDirectContact.org.tw/humanitarian (Daftar dapat diurut berdasarkan tahun, negara, dan jenis kegiatan)