Laporan Khusus

Waktu Istimewa
untuk Mengingat Tuhan

 

 

Disusun oleh Grup Berita AS (Asal bahasa Inggris)

Dari tanggal 20 Agustus hingga 10 September, Tahun Emas 5 (2008), sebuah retret Internasional diadakan di tempat yang indah di dekat pesisir Eropa. Sekitar 3.000 murid dari seluruh dunia hadir dalam waktu yang berbeda. Guru menghabiskan waktunya yang berharga bersama dengan setiap kelompok, memberkahi mereka dengan banyak cara, dan membagikan kisah-kisah spiritual yang penuh inspirasi. Beliau juga mengejutkan semua orang dengan serangkaian busana baru Beliau yang ditempel pesan “Jadilah Vegetarian”.

Para inisiat yang tiba di lokasi itu merasakan atmosfer hening yang dalam, bersama dengan atmosfer kedamaian di lokasi itu yang menciptakan perasaan bahagia yang dinanti-nantikan. Fasilitas yang menyenangkan termasuk taman yang menyegarkan dengan pohon-pohon yang besar dan bunga-bunga, semuanya terawat dengan indah. Banyak peserta yang tertarik untuk meditasi di taman selama siang dan malam hari.

Saat menghabiskan waktu bersama dengan kelompok yang berbeda, Guru sering diam-diam memasuki ruang meditasi untuk memberkahi para inisiat, banyak di antara mereka yang tersentuh sampai meneteskan air mata karena Kasih-Nya yang besar. Beliau juga mengambil waktu untuk menceritakan banyak kisah masa lampau seperti tokoh spiritual legendaris Lao Tze beserta tiga raja pertama yang bijaksana di China, dan orang-orang suci lainnya. Beliau menjelaskan bahwa “keahlian pengelasan emas” dan “rahasia hidup abadi” dalam tradisi Tao sebenarnya mengacu pada latihan spiritual.

Melalui kisah-kisah zaman lampau, Guru membagikan kebijaksanaan-Nya yang dapat diterapkan dalam perjalanan kita sendiri. Dalam kisah dari Timur Tengah, Guru menyebutkan ada seorang suci yang sedang pergi menuju Mekkah untuk naik haji dan menemui anjing terluka parah. Tanpa memikirkan dirinya, ia membawa anjing itu dan pergi sangat jauh untuk mengambil air. Melalui peristiwa yang diatur oleh Tuhan, Orang Suci tersebut mengerti bahwa ia tidak “perlu” pergi ke Mekkah lagi, karena ia telah mencapai tujuan yang sesungguhnya dari naik haji melalui welas asih spontan dan kepeduliannya terhadap makhluk lain.

Dalam acuan lain, untuk mengembangkan spiritual kita, Guru berbicara tentang pentingnya memperhatikan orang lain. Beliau menyarankan kita untuk terus berjuang membina kualitas saling menghormati dan tenggang rasa:

Ada beberapa hal yang ingin saya ingatkan kepada kalian. Ke mana saja kalian pergi, saya ingin agar kalian  mewakili saya, misalkan jangan melakukan apa yang tidak akan saya lakukan. Perlakukan semua orang seperti kalian ingin diperlakukan. Jadilah orang yang berperilaku baik, bahkan dalam latihan spiritual, karena seperti itulah seharusnya – itu bukan karena Guru berkata demikian. Kalian  adalah  perwakilan Guru. Kalian harus melakukan apa yang kalian pikir Guru akan melakukannya, dengan cara yang tepat, bahkan di sini atau di mana pun. Hal buruk apapun yang kalian lakukan, kalian tidak akan bisa mendapatkan hasil yang baik darinya. Kalian tidak akan bisa mendapatkan apapun dengan menjadi egois. Kita akan mendapatkan berkah hanya ketika kita tidak mementingkan diri sendiri dan memperhatikan orang lain sebelum kita. Perlakukan semua orang seperti itu, selalu berperilaku baik, dengan disertai perhatian, cinta, dan hormat. Bertingkah lakulah dengan baik, mulia, anggun, dan cantik. Kecantikan tidak selalu datang dari wajah atau tubuh. Kecantikan datang dari dalam. Ada dua macam kecantikan. Kecantikan dari dalam adalah abadi dan selalu mengundang kasih dari semua orang.

Guru mengingatkan semua orang bahwa menjadi seorang praktisi harus melatih diri kita sendiri, dan orang di sekitar kita nanti akan terpengaruh. Beliau mengatakan satu hal, “Saya memperlakukan kalian seperti Raja dan Ratu, jadi kalian harus keluar dan menjadi Raja dan Ratu juga,” karena itu kita harus bangkit dan melayani seperti pejabat kerajaan yang sejati yang selalu memperhatikan kesejahteraan rakyatnya.

Pada waktu membahas tentang berbagai negara dan penduduknya, Guru menjelaskan hubungan langsung antara orang yang hidup di negara tertentu dengan pemimpin di negara itu. Beliau menjelaskan bahwa energi kita yang menarik pemimpin tertentu kepada kita. Jika masyarakat kita berubah maka sikap pemimpin di negara itu juga akan berubah. Guru bahagia melihat semakin banyak pemimpin yang murah hati di seluruh dunia. Swedia, Islandia, dan negara-negara Eropa lainnya disebutkan sebagai contoh negara yang sungguh memperhatikan penduduknya dan berkomitmen dalam efisiensi energi serta mengurangi jejak karbon yang berkelanjutan. Beliau berkata bahwa dunia terus membaik; semua itu ada di sekitar kita, tapi kita harus terus berubah untuk semakin penuh kasih terhadap sesama manusia di masa transisi ini, untuk bergabung ke dalam lingkaran Orang Suci.

Guru juga mengingatkan semua orang untuk memelihara keluarga dan rumah tangga sendiri, Beliau mengatakan bahwa tanpa keharmonisan dalam rumah, kita tidak akan bisa melakukan pekerjaan kita dengan baik. Beliau selanjutnya menyebutkan bahwa kepedulian kita terhadap anak muda dan orang tua mencerminkan kebaikan kita. 

Sepanjang retret, para inisiat merasakan kasih Guru terhadap anak-anak-Nya yang menyebar ke seluruh atmosfer seperti wewangian dari Surga. Beliau dengan manis berkata, “Saya sangat mencintai kalian semua,” dengan nada yang paling lembut ketika berkunjung, dan bahkan dalam satu kesempatan menyanyikan lagu Surgawi untuk murid-muridnya secara spontan, mengingatkan kita bahwa Sumber kenyamanan dan makanan terbaik selalu ada di dalam. Guru juga mengungkapkan meskipun Dirinya ingin agar kita terus tinggal, tapi kita perlu kembali ke dunia dan terus bekerja dengan rajin untuk menyebarkan pesan vegetarian ke mana-mana; setelah itu kita akan dapat menghabiskan lebih banyak waktu bersama-Nya.

Para peserta meninggalkan tempat acara dengan penuh perasaan syukur yang melimpah atas kasih dan berkah Guru. Semoga kita semua pantas bagi karunia Beliau dimana kita berjuang untuk mewakili rasa hormat, kemuliaan, dan kecantikan tertinggi.

Untuk menyaksikan ceramah Guru dalam pertemuan internasional ini di Supreme Master Television, silakan mengunjungi:
http://www.suprememastertv.com/International_Seminar/