Surat Penghargaan

Kanada Menarik Simpati dengan Permohonan Maaf yang Rendah Hati

 

Surat penghormatan dari Guru

Pemerintahan Kanda telah melakukan tindakan yang terpuji dengan meminta maaf atas peraturan asimilasi yang mereka buat sejak akhir abad 19 sampai dengan tahun 1990, yang menyebabkan terpisahnya sekitar 150.000 anak-anak pribumi dari keluarga mereka ketika mereka dikirim ke sekolah-sekolah Kristen atas biaya negara. Permintaan maaf secara resmi dibuat di parlemen oleh Perdana Menteri Stephen Harper dalam sebuah acara televisi yang disiarkan secara langsung dan serentak yang disaksikan oleh lebih dari 1 juta penduduk Aborigin di Kanada.              

Perdana Menteri Harper mengatakan, “Kami kini mengakui bahwa sungguh suatu kesalahan memisahkan anak-anak dari kekayaan budaya dan tradisi mereka yang menyebabkan kekosongan dalam beberapa kehidupan dan komunitas. Untuk itu kami meminta maaf.”

Dalam sebuah surat penghormatan kepada Perdana Menteri di bulan Agustus 2008, Maha Guru Ching Hai mengekspresikan rasa terima kasih-Nya yang paling hangat atas “ketulusan dan kebijaksanaan pemerintah untuk membantu memulihkan hati yang terluka, menumbuhkan semangat, dan membuka jalan menuju cinta kasih serta keharmonisan dalam komunitas.” Perdana Menteri dengan ramah menyambut baik sikap Guru dan dukungan cinta kasih-Nya dalam sebuah surat balasan.

(Asal bahasa Inggris )

2 September 2008

Maha Guru Ching Hai yang Terhormat:

Terimalah ungkapan terima kasih saya yang tulus atas surat, buku-buku, DVD, dan CD yang telah dikirimkan kepada saya dalam rangka pengakuan permintaan maaf dari pemerintah kami kepada mereka yang bertahan di asrama-asrama sekolah. Saya memastikan bahwa Asosiasi Anda yang penuh tenggang rasa akan terus mengingatkan saya akan kesempatan yang sangat bersejarah ini.

Ketika tiada kata-kata maaf yang dapat menghapus lembaran kelam tersebut dari sejarah Kanada, kami yakin bahwa pemerintah kami telah menunjukkan komitmen yang tulus dalam melakukan rekonsiliasasi dengan penduduk Aborigin di seluruh wilayah negara.

Sekali lagi, terima kasih atas pemberian, berkat, dan harapan-harapan Anda yang baik.

Dengan Tulus,

The Rt. Hon. Stephen Harper, P.C., M.P.

Perdana Menteri Kanada